Bolehkah Ibu Hamil Memeriksakan Gigi ke Dokter Gigi?

dokter gigi bandung gingivitis ibu hamil

Bolehkah Ibu Hamil Memeriksakan Gigi ke Dokter Gigi?

Global Estetik – Kehamilan merupakan salah satu anugerah yang diharapkan oleh pasangan yang sudah menikah. Ketika seorang wanita sedang hamil maka akan terjadi banyak perubahan pada tubuhnya baik perubahan di dalam tubuh maupun secara fisik. Untuk perubahan di dalam tubuh ternyata berdampak pada perubahan hormonal yang juga berpengaruh pada rongga mulut dan mengakibatkan munculnya berbagai keluhan maulia dari radang gusi hingga periodontitis. Namun fakta mengenai kesehatan rongga mulut dan gigi pada ibu hamil justru bertentangan dengan mitos yang berkembang di masayarakat. Hal tersebut bisa terbukti dengan munculnya mitos bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan berobat ke dokter gigi karena bisa membahayakan janin.

Pemeriksaan gigi ibu hamil-Global Estetik
Pemeriksaan gigi ibu hamil-Global Estetik

Perlu anda ketahui bahwa sebeltulnya berbagai tindakan medis kepada ibu hamil memang harus sangat diperhatikan. Tetapi untuk pemeriksaan kesehatan gigi dan rongga mulut juga sangat perlu diperhatikan. Meskipun seorang ibu hamil tidak mengalami keluhan pada gigi maupun rongga mulut namun sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke dokter gigi selama kehamilan. Hal tersebut dikarenakan jika terdapata masalah pada gigi atau rongga mulut maka bisa berdampak pada kelahiran bayi yang premature dan bayi yang lahir dengan kondisi berat badan yang kurang normal. Dengan demikian pemeriksaan kesehatan gigi serta rongga mulut sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil demi kesehatan dirinya dan janin di dalam kandungan.

Melalui penjelasan tersebut bagi para ibu hamil sebaiknya tak perlu khawatir lagi jika ingin periksa atau berobat ke dokter gigi. Sebab dokter tersebut juga akan mempertimbangkan kehamilan anda sebelum melakukan tindakan perawatan yang dibutuhkan. Pastinya perlu anda ketahui bahwa dokter juga akan menunda perawatan gigi anda jika memang sifatnya tidak mendesak hingga masa kelahiran tiba. Untuk itulah ibu hamil juga perlu menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut dengan rutin menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang aman serta biasakan untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter.

Demikianlah penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil memeriksakan gigi ke dokter gigi yang bisa menambah wawasan anda. Bagi para ibu hamil sebaiknya tak perlu takut untuk mengunjungi dokter gigi. Karena dengan rutin memeriksakan gigi selama hamil justru akan membuat janin terhindar dari berbagai gangguan kesehatan sehingga bisa lahir dengan sehat.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat