Bisakah Minuman Bersoda Menyisakan Noda Pada Gigi?

Bisakah Minuman Bersoda Menyisakan Noda Pada Gigi?

Global Estetik – Minum soda tidak baik untuk gigi Anda, karena gula dan asam dalam soda berkontribusi untuk merusak gigi. Soda berwarna gelap juga menyebabkan noda pada gigi. Namun, perawatan gigi yang baik dan pemutihan gigi dapat menghilangkan beberapa noda yang disebabkan oleh soda dan makanan serta minuman lainnya.

Pemahaman dasar

Perlu Anda ketahui, bahwa senyawa gelap dalam soda berwarna gelap dapat menyebabkan pewarnaan permukaan pada gigi Anda. Seiring waktu, email gigi Anda menyerap senyawa ini, menyebabkan perubahan warna coklat atau kuning. Namun, soda bukan satu-satunya minuman yang mengubah warna gigi Anda. Minuman lainnya seperti teh, kopi dan anggur merah juga mengandung senyawa gelap yang bisa menodai email gigi. Anda mungkin juga mengalami perubahan warna gigi dari merokok, obat-obatan tertentu, cedera atau usia. Berbeda dengan soda bening yang tidak secara langsung menodai gigi.

Minuman Bersoda Menyisakan Noda Pada Gigi- Global Estetik Dental Care
Minuman Bersoda Menyisakan Noda Pada Gigi- Global Estetik Dental Care
Pertimbangan

Soda tidak hanya menodai gigi Anda, Asam dalam minuman ringan juga dapat menyebabkan enamel gigi hilang seiring waktu, menyebabkan erosi pada gigi. soda bening dan soda diet juga mengandung asam-asam ini, menurut WomensHealth.gov. Erosi gigi juga dapat membuat gigi Anda lebih rentan terhadap pewarnaan dan perubahan warna. Soda yang mengandung gula juga merusak gigi Anda dengan membantu bakteri di mulut Anda menghasilkan lebih banyak asam, meningkatkan risiko gigi berlubang dan masalah lainnya.

Mencegah Diskolorisasi

Jika Anda tidak dapat melakukan pantangan pada soda berwarna gelap, Anda masih dapat mengurangi perubahan warna dengan minum melalui sedotan, yang membantu mencegah soda melakukan kontak dengan bagian luar gigi Anda. Selain itu, minum air setelah minum soda juga dapat membantu mencegah noda di permukaan, menurut Consumer Reports Health.

Opsi Pemutihan Gigi

Jika Anda tidak puas dengan perubahan warna atau noda pada gigi Anda, bicaralah dengan dokter gigi Anda tentang opsi pemutihan gigi. Anda dapat memutihkan gigi Anda melalui perawatan pemutihan yang dilakukan oleh dokter gigi Anda atau strip pemutih yang digunakan di rumah. Pasta gigi pemutih juga menghilangkan noda di permukaan, tetapi tidak akan mengubah warna enamel yang berubah warna. Jangan gunakan pasta gigi pemutih jika Anda memiliki gigi sensitif, karena sifat abrasive yang keras dapat menyebabkan rasa sakit gigi atau gusi. Hindari soda, pewarna makanan dan minuman lain saat memutihkan gigi Anda, karena gigi Anda lebih rentan terhadap perubahan warna saat memutihkan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat