Biaya Tambal Gigi Permanen Bogor

 

 

Biaya tambal gigi permanen Bogor dental center – Tambal gigi merupakan salah satu prosedur kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada gigi. Kerusakan pada gigi biasanya meliputi beberapa kondisi, seperti gigi berlubang, gigi patah, gigi retak, gigi goyang, dan lain sebagainya. Kerusakan-kerusakan ini memungkinkan terjadi di bagian gigi mana saja, baik gigi depan maupun belakang. Apabila kondisi gigi masih bisa dipertahankan, dokter gigi biasanya memberikan tindakan dan penanganan dengan menambal gigi. Namun, jika kerusakan pada gigi terlalu parah sampai mengenai akar gigi, biasanya dokter gigi akan langsung mencabut gigi sebagai bentuk penanganan.

 

biaya tambal gigi permanen bogor

biaya tambal gigi permanen bogor

 

Jenis tambal gigi

Biaya tambal gigi permanen Bogor – Berdasarkan lama waktu bertahannya, tambal gigi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tambal gigi sementara dan tambal gigi permanen. Berikut adalah penjelasan keduanya:

  1. Tambal gigi sementara

Tambal gigi sementara merupakan cara penambalan gigi yang bersifat sebentar. Jangka waktu sebentar ini bergantung pada tingkat kerusakan gigi, rusak biasa, parah, atau sangat parah. Tambalan gigi sementara biasanya diberikan pada kondisi tambalan darurat, perawatan awal selubung gigi, penutup setelah perawatan saluran akar, serta menenangkan saraf sensitif. Beberapa kelebihan yang dimiliki tambalan gigi sementara di antaranya:

a. Dapat merawat gigi sebelum ditambal secara permanen

Tambalan gigi sementara dapat membantu memudahkan dokter memusnahkan bakteri pada gigi berlubang. Perawatan ini berfungsi membantu perawatan saluran akar dimana gigi bisa dicegah untuk tidak dicabut. Biasanya, pada kondisi gigi terlalu parah dan memerlukan tambalan gigi permanen, sebelum dilakukan tambalan gigi permanen pasien akan diberi tindakan tambalan sementara terlebih dahulu agar gigi dapat beradaptasi dan steril.

b. Mencegah masuknya bakteri

Selama masa perawatan, biasanya bakteri mencoba muncul dan menyebabkan infeksi. Pada tambal gigi sementara, aktivitas bakteri akan dicegah karena kondisi lubang pada gigi telah tertutup dengan baik.

c. Mengurangi rasa nyeri

Di dalam gigi yang berlubang terdapat jaringan saraf yang menimbulkan rasa nyeri. Adanya tambalan gigi sementara berfungsi mengurangi rasa nyeri tersebut.

Sementara itu, tambalan gigi sementara memiliki kekurangan, diantaranya:

a. Tambalan mudah retak

Apabila gigi sudah ditambal sementara, lebih baik segera menambal gigi dengan tambalan permanen. Beberapa kondisi, tembahal gigi sementara berfungsi untuk memudahkan dokter untuk mencabut gigi yang rusak. Tambalan sementara mudah larut dan dilunakkan oleh cairan oral dan aktivitas mengunyah. Hal itu membuat tambalan mudah retak, rontok, bahkan hilang.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Materi Penambal Gigi dari Emas

b. Efek tambal gigi terkadang menyakitkan

Tambalan gigi sementara dapat memproses perawatan saluran akar. Hal ini dapat terjadi ketika rongga gigi terinfeksi hingga ke pulpa dan saraf gigi sehingga menimbulkan rasa sakit.

c. Penambalan dilakukan lebih dari sekali

Bahan tambalan yang mudah aus menyebabkan tambalan harus sering diganti atau diperbaiki. Dengan demikian, penambalan sementara tidak bisa hanya dilakukan sekali apabila tidak dilanjutkan dengan tambalan permanen yang memiliki struktur tambalan lebih kuat.

  1. Tambalan gigi permanen

Tambalan gigi permanen dimaksudkan untuk tambalan dalam jangka waktu panjang yaitu selama bertahun-tahun. Lamanya usia gigi bergantung pada perawatan yang dilakukan pasien. Semakin baik perawatan yang dilakukan semakin lama juga usia tambalan. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki tambalan gigi permanen, yaitu:

a. Tahan lama

Ketahanan tambalan permanen cukup lama bahkan bisa seumur hidup. Hal itu dapat terjadi apabila tambalan gigi dirawat dengan baik. Semakin maksimal perawatan pada gigi semakin lama usia tambalan.

b. Memiliki berbagai jenis bahan tambalan

Tambalan gigi permanen lebih memiliki jenis bahan yang variatif. Adapun jenisnya seperti amalgam, komposit resin, emas kuning, emas logam, porselen, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tambalan gigi permanen tetap memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

a. Tidak bisa langsung dilakukan ketika gigi berlubang parah

Apabila kondisi gigi berlubang parah, tambal gigi permanen belum bisa dilakukan. Gigi berlubang harus mendapatkan penanganan tambal sementara terlebih dahulu.

b. Biaya lebih mahal

Biaya yang diperlukan untuk menambal gigi secara permanen sudah dipastikan lebih mahal. Jenis tambalan gigi yang beraneka ragam membuat biaya tambal gigi permanen lebih mahal dibandingkan tambal gigi sementara.

c. Tambalan gigi permanen juga bisa lepas

Meskipun kokoh dan tahan lama, tambalan gigi permanen juga bisa lepas. Tambalan gigi permanen lepas dimungkinkan oleh posisi tambal gigi yang bergeser. Apabila kerusakan terjadi pada bagian gigi yang berfungsi untuk mengunyah, tambalan akan terus menerus mendapatkan tekanan sehingga memungkinkan akan goyah. Selain itu, apabila lokasi tambalan berada di dekat pipi atau bibir juga menyebabkan tambalan gigi tidak maksimal. Sebab daerah tersebut mengandung banyak air liur yang menyulitkan perekatan tambalan.

 

biaya tambal gigi permanen di bogor

biaya tambal gigi permanen di bogor

 

Menambal gigi permanen

Biaya tambal gigi permanen Bogor – Bergantung pada kedalaman lubang gigi, tambal gigi permanen bisa dilakukan secara langsung bisa juga bertahap. Apabila gigi berlubang cukup dalam hingga mencapai akar gigi, maka sebelum ditambal permanen dokter akan terlebih dahulu melakukan perawatan saluran akar yaitu dengan menambal sementara gigi. Dokter gigi akan menambal secara permanen apabila akar gigi sudah mati dan bersih dari sisa jaringan radang. Untuk jeda waktu antara tambal gigi sementara dan permanen biasanya membutuhkan waktu sekitar satu Minggu atau lebih tergantung dengan kondisi gigi pasien.

Baca Juga :  [1] Paket Informasi Lengkat tentang Invisalign - Pertemuan Awal Hingga Hasil Akhir

Prosedur yang dilakukan dalam menambal gigi permanen hampir sama dengan prosedur yang dilakukan saat menambal gigi sementara, yaitu diawali dengan pemeriksaan dan pembersihan area sekitar gigi agar steril, pemberian anestesi lokal, pengikisan gigi, pengisian bahan tambalan gigi, serta penggosokan gigi agar disesuaikan dengan anatomi gigi di sekitarnya.

Biaya tambal gigi permanen

Rentang biaya tambal gigi permanen memang termasuk cukup besar. Pada kondisi lubang yang paling ringan, dokter gigi biasanya menggunakan bahan tambal yang lebih terjangkau. Biaya tambal gigi berkisar sekitar Rp150.000-Rp300.000 untuk satu gigi. Kasus gigi berlubang yang tingkat kerusakannya sedang, biaya tambal gigi yang perlu dikeluarkan berkisar antara Rp400.000-Rp600.000 per gigi. Sementara pada kondisi terparah, tambalan biasanya menggunakan bahan yang harganya lebih tinggi, karena lebih kuat untuk menahan beban kunyah. Pada kasus gigi berlubang dengan kondisi parah, biaya tambal gigi bisa mencapai Rp700.000-Rp1.000.000 untuk satu gigi. Namun harga tersebut tidak dapat dijadikan ukuran tetap, ada fasilitas kesehatan yang mematok harga lebih murah atau lebih mahal dari rentang tersebut.

Selain tingkat keparahan lubang, perbedaan biaya tambal gigi permanen juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

  1. Bahan tambalan gigi yang digunakan untuk menambal.
  2. Lokasi fasilitas kesehatan yang didatangi. Fasilitas kesehatan yang berlokasi di area-area strategis, biasanya akan memiliki biaya tambal gigi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan fasilitas kesehatan yang berada di pinggiran kota.
  3. Ada atau tidaknya prosedur pemeriksaan penunjang yang perlu dilakukan, seperti rontgen dan lain-lain.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

    Penulis oleh Drg. Arnof