Biaya Scaling Gigi Jakarta Utara

 

 

Biaya scaling gigi di Jakarta Utara – Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan anggota tubuh yang lain. Masa yang paling tepat untuk menanamkan dan membentuk perilaku dan nilai nilai positif perlu dilakukan sejak dini, seperti salah satunya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Banyak orang lalai dan kurang dalam hal menyadari kondisi kebersihan dan juga menjaga kebersihan gigi dan rongga. Akibatnya gigi menjadi kotor dan tidak sehat. Masalah awal yang sering timbul akibat kelalaian ini adalah banyak terdapat karang gigi.

 

biaya scaling gigi jakarta utara

biaya scaling gigi jakarta utara

 

Biaya scaling gigi di Jakarta – Plak gigi merupakan penyebab utama terjadinya penyakit gigi maupun penyakit gusi seperti karies gigi, gingivitis, dan penyakit periodontal upaya yang dilakukan dengan cara membersihkan plak secara mekanis yaitu menggosok gigi. Lapisan plak sebagian besar terdiri dari kuman. Pada gigi lapisan plak dapat menyebabkan gigi berlubang atau karies, sedangkan pada gusi lapisan plak dapat menyebabkan radang gusi, inflamasi pada gusi atau gingivitis. Terjadinya inflamasi awal adalah adanya warna kemerahan, mengkilat dan sedikit pembengkakan pada gusi. Inflamasi yang terjadi ini akan semakin parah dan gusi akan mudah berdarah saat menggosok gigi, bahkan bisa terjadi perdarahan spontan.

Harga scaling gigi di Jakarta Utara – Sayangnya, biaya membersihkan karang gigi dan tambal gigi di dokter gigi tidaklah murah. Biasanya biaya untuk sekali melakukan scaling gigi, berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp.500.000. Perbedaan biaya untuk membersihkan karang gigi ini muncul kondisi karang gigi, tingkat kesulitan dan sesuai lokasi dilakukannya scaling gigi, entah itu di puskesmas, klinik, dokter gigi, atau rumah sakit.

 

Manfaat Scaling Gigi

Biaya scaling gigi di dokter gigi Jakarta Utara Scaling – Pembersihan karang gigi sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 6 bulan sekali untuk mencegah kerusakan serius akibat karang gigi. Berikut ini merupakan beberapa manfaat scaling gigi yang perlu Anda ketahui.

  • Menghilangkan bakteri yang mengekskresikan asam dan enzim yang berlebihan dimulut

mengkonsumsi makanan dan minuman manis yang tinggi gula dapat menyebabkan plak, kemudian bakteri yang ada pada plak akan menghasilkan lebih banyak asam.  Asam akan membuat plak  pada gigi menempel lebih rapat dan sulit dibersihkan. Ini perlahan merusak dan mengikis email gigi, menyebabkan kerusakan gigi.

  • Mencegah terjadinya periodontitis.

Penyebab periodontitis adalah radang gusi yang tidak diobati. Gingivitis terjadi ketika bakteri  karang gigi mengiritasi ruang antara gigi dan gusi. Periodontitis adalah infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Jika periodontitis tidak segera diobati, dapat menyebabkan kehilangan gigi  dan gusi berdarah.

  • Mengurangi resiko pendarahan yang disebabkan oleh terjadinya pembengkakan pada jaringan dimulut

Dengan menghilangkan karang gigi melalui scaling, bakteri secara otomatis  kehilangan tempat  berkembang biak dan mengiritasi gusi. Ini akan meminimalkan munculnya pembengkakan jaringan yang sering  menyebabkan pendarahan. Perlu diketahui bahwa  gusi berdarah dan jaringan lunak merupakan salah satu penyebab  bau mulut yang tidak sedap.

Pada kondisi lanjut, pendarahan gusi dapat menyebabkan gigi yang goyang dan pengikisan gigi yang kemudian pada akhirnya akan menyebabkan gigi berlubang. Jika sudah demikian, Anda harus mengetahui pengobatan yang tepat dengan mengukur tingkat keparahannya

 

Plak dan  karang gigi bisa muncul pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya, penderita plak gigi tidak akan menyadarinya sampai kemunculannya mulai menimbulkan kekhawatiran. Plak  pada gigi biasanya tidak  menimbulkan gejala, tidak menimbulkan rasa sakit, dan tidak langsung berubah warna. Oleh karena itu, Anda harus rutin mengunjungi dokter gigi minimal 2 kali dalam setahun untuk memantau kesehatan  mulut Anda.

Meskipun plak dapat mempengaruhi siapa saja, kenyataannya adalah bahwa beberapa orang  lebih rentan terhadapnya, jadi sebaiknya Anda mencukur gigi Anda, antara lain:

  • Perokok aktif
  • Memakan makanan dengan kadar gula yang tinggi, seperti cokelat
  • Sering minum soda dan kopi
  • Tidak rutin menyikat gigi dengan frekuensi dan cara yang benar

Bila anda mengalami periodontitis kronis, namun tetap ingin melakukan scaling gigi, Anda tidak perlu khawatir! anda masih bisa melakukan scaling gigi, lho! Namun, untuk mengetahui apakah scaling diperbolehkan, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi terpercaya Anda.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum  scaling gigi

Harga scaling gigi Jakarta Utara – Jika anda tertarik ingin melakukan scaling gigi, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah konsultasikan ke dokter gigi. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, sepert mengetahui dari riwayat kesehatan anda secara menyeluruh hingga kondisi kesehatan gigi dan rongga mulut anda. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memulai penskalaan, termasuk:

  • Beritahukan jika anda memiliki alergi terhadap obat bius atau obat-obatan tertentu pada dokter gigi
  • Apabila anda mengonsumsi obat-obatan atau suplemen, beritahukan juga kepada dokter yang akan menangani Anda. Biasanya, dokter akan meminta anda untuk berhenti meminum obat-obatan sebelum melakukan scaling gigi.
  • Apabila anda menggunakan sendi buatan atau prostetik, anda juga harus memberitahukan dokter. Dokter akan memberikan antibiotik untuk mengurangi risiko efek samping yang kemungkinan akan muncul pada saat proses ataupun setelah dilakukannya prosedur perawatan scaling gigi.
  • Beritahukan dokter apabila anda memiliki kondisi riwayat penyakit jantung, katup jantung, atau pernah melakukan prosedur transplantasi organ dalam.
  • Dianjurkan untuk makan dan minum yang cukup sebelum mulai melakukan scaling.
  • Menyikat gigi terlebih dahulu sebelum datang ke klinik atau dokter gigi.

 

biaya scaling gigi di jakarta utara

biaya scaling gigi di jakarta utara

 

Prosedur pelaksanaan scaling gigi

Biaya scaling gigi di rumah sakit Jakarta Utara – Anda mungkin saja masih ragu saat ingin melakukan scaling, mungkin karena tidakut atau akan merasa sakit. Jangan ragu untuk menanyakan pada dokter mengenai prosedur scaling, hal ini juga bertujuan agar anda lebih yakin dan tidak tidakut menjalani prosedur perawatan ini. Lama proses membersihkan karang gigi berbeda-beda pada tiap anda, tergantung dari seberapa parah plak yang ada pada gigi. Tindakan ini biasanya berlangsung selama 30 menit sampai dengan 2 jam.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang akan dilakukan dokter pada saat melakukan scaling :

  • Memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa nyeri dan rasa ngilu
  • Membersihkan karang gigi dengan alat pengikis
  • Membersihkan plak dan karang secara manual
  • Meminta anda untuk berkumur
  • Memoles gigi dengan bahan dan alat tertentu.

 

Hal yang harus dilakukan setelah melakukan scaling gigi

Setelah melakukan prosedur perawatan pembersihan karang gigi, umumnya anda dapat diperbolehan untuk langsung pulang. Namun, disarankan ada beberapa hal yang sebaiknya harus anda dilakukan setelah scaling gigi :

  • Hindari makan atau minum selama 30 menit hingga 1 jam setelah melakukan scaling gigi
  • Menyikat gigi dengan pasta gigi khusus, sebagai perawatan gigi yang baru dibersihkan
  • Lakukan flossing gigi, untuk menjaga kebersihan pada sela sela gigi dan mulut
  • Hindari makanan keras, karena dapat menekan permukaan gigi dan merusak hasil scaling
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis, untuk mencegah timbunan plak pada gigi.
  • Hindari makanan atau minuman dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, untuk mengurangi rasa gigi ngilu pada gigi
  • Hindari merokok untuk mencegah timbunan plak pada gigi
  • Rutin memeriksakan gigi ke dokter untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda, minimal tiap 6 bulan sekali

 

Waspadai risiko dan efek samping scaling gigi

Sama seperti prosedur lainnya, proses membersihkan karang gigi juga dapat menimbulkan efek samping tertentu pada sebagian orang. Namun, efek samping tersebut biasanya cenderung ringan sehingga anda tidak perlu khawatir. Salah satunya, kemungkinan anda mungkin akan merasakan tidak nyaman pada bagian gigi dan rongga mulut setelah dilakukannya scaling gigi. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir hal ini merupakan pengaruh obat bius yang belum hilang sepenuhnya. Setelah efek bius hilang, kondisi rongga mulut anda akan kembali normal. Selain itu, terdapat beberapa risiko dan efek samping yang mungkin terjadi setelah dilakukannya prosedur perawtan scaling gigi yang dapat terjadi, antara lain :

  • Nyeri pada gigi
  • Gigi menjadi sensitif atau ngilu
  • Bibir menjadi kering
  • Infeksi

Bila anda mengalami salah satu efek samping tersebut anda dapat segera melakukan konsultasi pada dokter. Hal yang paling penting adalah selalu ikuti aturan dan cara perawatan dari dokter gigi supaya gigi dan mulut anda tetap sehat setelah melakukan scaling gigi.

 

 

 

Global Estetik Cabang Jakarta Utara di Amanyaak Building Loft Of Pluit

Jl. Pluit Selatan No.5 – 9, RT.1/RW.9, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Telepon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir/-6.22592,106.8302336/amanyaak/@-6.180592,106.7725125,13z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e6a1deda2032761:0x2c650975d69c46dc!2m2!1d106.7975779!2d-6.1244435

Rute  Waze : https://www.waze.com/id/live-map/directions/id/daerah-khusus-ibukota-jakarta/amanyaak-building-loft-of-pluit?to=place.ChIJYScDou0dai4R3Eac1nUJZSw

Untuk Cek Daftar Harga, Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

 

Penulis oleh Drg. Arnof