Biaya Pasang Splint Gigi Jakarta Selatan

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan

Yuk Simak!

globalestetik.com – Splint periodontal (periodontal splint) merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki atau menstabilkan gigi yang goyang. Pemasangan splint gigi umumnya dilakukan untuk pengobatan fase I bersifat sementara, Juga sebagai bagian dari perawatan fase III dalam bentuk splint permanen. Sehingga pemasangan splint gigi bukan berarti menguatkan Kembali gigi yang sudah goyang melainkan mengatasi penyakit gigi dan regenerasi agar gigi Kembali kokoh. Namun apabila pemasangan splint tidak dilakukan dengan metode yang benar seperti gigi premolar pertama yang mobility diikatkan pada gigi premolar kedua yang sehat, maka akan mengakibatkan gigi premolar kedua menjadi goyang karena menerima beban yang berlebihan.

Syarat Splinting Gigi

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan – Syarat-syarat splint untuk mengatasi gigi goyaang atau kerusakan gigi

  • Splint harus sama panjangnya dengan gigi stabil dan beban tambahan ini dapat dikurangi dengan meminimalkan gigi individu.
  • Splint harus mampu menahan gigi dengan kuat dan kokoh serta tidak ada tekanan torsi pada gigi lainnya
  • Splint harus direntangkan di sekitar lengkung rahang. Oleh karena itu, tekanan depan dan belakang dan dapat saling menetralkan. 
  • Splint tidak boleh mengganggu oklusi. Jika ada gangguan oklusi maka diperbaiki terlebih dahulu
  • Splint tidak boleh mengiritasi bagian pulpa. 
  • Splint tidak boleh mengiritasi bagian mulut seperti jaringan lunak gusi, pipi, bibir atau lidah.
  • Splint harus dirancang untuk mudah untuk dibersihkan

Bagaimana indikasi splinting gigi?

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan – Seperti yang baru-baru ini diumumkan, ada pro dan kontra untuk pemasangan splint. Splint direkomendasikan oleh banyak dokter gigi terbatas pada splint sementara. Kemudian splint permanen hanya diperbolehkan jika ada gigi geligi yang perlu diganti, yang mana dipasangkan sebagai bagian dari gigi tiruan. Indikasi penggunaan splint gigi karena alasan berikut:

  • Mendukung penyembuhan setelah perawatan periodontal pada gigi goyang, apabila gigi terlalu longgar tidak disegerakan melakukan perawatan periodontal    akan menghambat penyembuhan.
  • Mengurangi ketidaknyamanan permasalahan gigi pada pasien dengan penekanan mengunyah karena gigi goyang.

Kontraindikasi pemasangan splinting gigi

  • Gigi goyang dalam keadaan sedang sampai parah, jika ada peradangan jaringan periodontal dan/atau kontak terutama oklusi 
  • Jumlah gigi penyangga yang tidak mencukupi untuk stabilitas kehilangan gigi 
  • Stabilitas oklusal yang buruk
  • Pasien dengan kebersihan mulut yang buruk

Teknik splint gigi menggunakan fiber-resin komposit

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan – Kapasitas penguatan serat bergantung pada penggunaan adhesi dengan resin, orientasi serat, dan penyatuannya pakai resin. Kondisi fisik yang diharapkan bagian dalam suatu serat adalah tenaga fleksibel yang tidak membutuhkan retensi mekanis gigi abutmen saat dibandingkan dengan protesa cekat yang berwujud metalik konvensional.

Sistempre-impregnasi dapat diindikasikan untuk penggunaan langsung seperti pemasanga splinting gigi atau direct adhesive bridges. Pada penggunaan splinting ini, pengejawantahan klinis ini, kondisi fisik dan mekanik bahan komposit dipengaruhi sangat kuat oleh struktur dan sifat penghubung serat-matriks, dan perbandingan anatar sifat elastis matriks dan fiber memungkinkan dapat mengubah transmisi gaya melalui penghubung tersebut.

Keuntungan splinting periodontal menggunakan fiber-resin komposit

  • Mudah diaplikasikan atau dipasang dengan preparasi gigi yang minimal
  • Biaya perawatan yang rendah jika dibandingkan dengan perawatan stabilisasi dengan mahkota dan bridge
  • Mempunyai sifat reversible, yang berarti mudah dilepas saat tidak diperlukan
  • Splinting ini mudah diperbaiki jika terdapat kesalahan saat bonding ulang atau penggunaan bahan baru
  • Mampu mendukung perawatan dengan sifat lebih kuat pada gigi geligi dengan prognosis yang mungkin diragukan berdasarkan stabilisasi jangka panjang
  • Menciptakan nilai estetik atau keindahan pada gigi yang tinggi
  • Splint mudah dirawat kebersihaannya oleh pasien dirumah sehari-hari

 

Pengelompokkkan splint gigi 

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan Berdasarkan lama pemakaian dan tujuan pemakainya splint periodontal dapat diklasifikasikan sebagai berikut

Splint Sementara (Splint Sementara)

Belat sementara biasanya digunakan untuk waktu yang singkat digunakan untuk menstabilkan gigi yang goyang ketika perawatan periodontal sedang berlangsung. Contoh splint sementara yaitu splint kawat, splint resin dengan pengetsaan dan splint A.

  • Splint kawat

Splint kawat adalah perangkat splint yang paling umum dan paling sederhana dalam pemasangan splinting gigi. Namun splint ini tidak memenuhi syarat, secara estetika kurang baik dan menghalangi prosedur kontrol plak. Splinting ini terdiri dari kaninus atau premolar pertama ke premolar pertama. Bahan yang digunakan berupa kawat baja tahan karat. Kabel untuk peralatan ortodontik cekat, dll. 0,012″ diameter dan 0,009″ diameter.

Langkah-langkah pemasangan splint kawat:

Dokter akan memotong sepotong kawat berdiameter 0,012 inci lebih panjang dari lingkar gigi yang tercakup dalam splint. Keduanya karena lingkaran atau keliling tertutup splint maka ujung kabel yang diikat adalah gigi paling distal. Jalannya kawat pada permukaan perawatan harus dilakukan dengan tepi insisal dari singulum. Kemudian kedua ujung kawat disimpulkan. Diameter kawat berikutnya 0,009 inci dipotong dan dibentuk menjadi huruf U sebanyak daerah interproksimal yang akan dipasangi splint.

Selanjutnya daerah interdental ditutupi oleh splint. Ini adalah kawat interdental yang  dimasukkan dari rongga mulut ke rongga mulut Ruang depan dengan melampirkan kawat pertama dari Permukaan mulut dan vestibular, lalu  sampai diikat kawat pertama Sekitar semua gigi ditutupi dengan belat tarik kencang di sekitar gigi tepat di bawah kontak proksimal. Setelah menginstal semua kabel Interdental dan semua kabel diikat erat, Posisinya bagus, ujung kawatnya lurus,Tekuk ke dalam ruang interdental. Terakhir splint telah terikat pada gigi dan bisa dilapisi akrilik komposit, kemudian dipoles.

  • Pemasangan splint resin dengan pengetsaan 

Pemasangan splint resin dengan pengetsaan dalam membuatnya sangat mudah, diterima secara estetis, tidak merangsang jaringan lunak dan limbah lebih sedikit serta tidak mengganggu kontrol plak. Jika jenis splint ini dipasang dengan baik, splint akan bertahan lama hingga 1 tahun tanpa putus. Untuk pembuatan permukaaan gigi, langkah pertama ditutup dengan splint yang dipoles sehingga tidak ada puing-puing kotoran pada gigi.

Permukaan gigi yang dietsa bertujuan untuk meningkatkan daya pemegang mekanis. Berikutnya Komposit resin yang berpolimerisasi dengan bantuan sinar atau resin otopolimerisasi yang bukan merupakan bahan tumpatan, gigi geligi kemudian diikatkan satu dengan lainnya. Sehingga setelah polimeriasi permukaan splint gigi dipoles lebih baik.

  • Splint A

Splint A dapat digunakan untuk pemasangan splint gigi anterior maupun posterior. Pasien dapat menggunakan splint jenis ini sebagai splint permanen. Tahapan pembuatan splint A gigi akan dilakukan preparasi terlebih dahulu dengan tujuan untuk membuat kanal. Pada gigi anterior kanal splint dibuat di bagian pertengahan antara singalum dengan tepi insisal gigi kedalaman antara 1.0-1.5 mm untuk lapisan pelindung. Setelah itu dilakukan pengetsaan. Lalu kanal diisi sampai separuh kedalamannya dengan resin.

Langkah selanjutnya dokter akan meletakkan kawat sepanjang kanal yang dipreparasi diatas resin. Kawat yang digunakan untuk pemasangan splinting gigi berupa kawat twist-flex (kawat yang terbentuk dari 6 kawat yang dipelintir) ukurannya 0.015 ini yang biasa digunakan pada alat ortodonti. Kemudian pengisian resin diselesaikan sampai seluruh kavitas bagian gigi terisi dengan baik. Setelah itu, resin akan menegeras, yang mana bagian yang berlebihan dibuang, dokter akan mengoklusinya lalu dipoles.

Pada gigi posterior, pembuatan preparasi kanal sedalam 1.5 mm dengan lebar antar 2.0-3.0 mm. Jika bahan pengisi yang digunakan adalah resin, cara pengisian dan penempatan kawatnya metodenya sama dengan pemasangan splint pada gigi anterior. Namun apabila bahan pengisi pemasangan splinting gigi yang digunakan adalah amalgam, maka setelah kavitas dapat dilindundi dengan semen yang akan diletakkan diatas kawat. Terakhir kanal ditutup rapat dengan bahan amalgam, kemudian dibentuk dengan baik lalu dicek oklusinya dan dipoles. 

Splint semi permanen

Biaya pasang splint gigi jakarta selatan – Pemasangan splint permanen dapat digunakan dalam rentang waktu beberapa bulan sampai beberapa tahun dengan tujuan diagnostik. Penggunaan splint gigi ini dapat memberikan kesempatan bagi klinisi untuk mengamati tanggapan penyakit periodontal untuk perawatan periodontal. Splint semi permanen diletakkan di bagian gigi anterio dengan tujuan mencegah kerusakan jaringan tekanan periodontal yang diakibatkan oleh bruxisme.

Splint Permanen 

Pemasangan splint permanen digunakan secara permanen untuk tujuan imobilisasi gigi. Jenis splint ini adalah perangkat fiksasi atau longgar. Disamping itu splint ini mempunyai daya tahan lama disbanding jenis splint gigi lainnya. Menurut Manson, metode ini dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu splint permanen tetap dan splint permanen yang dapat dilepas. Splint permanen tetap biasanya mengikat beberapa restorasi gigi yang bertujuan untuk menstabilkan gigi yang goyang. Kemudian untuk pemasangan splint yang dapat dilepas teknik yang digunakan tidak memerlukan persiapan jaringan sehingga memungkinkan gigi untuk didirikan lebih mudah daripada pemasangan splint permanen tetap. 

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yan optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640 

Telpon Klinik :  085813313640 

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik  

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2 

 

Penulis oleh Drg Arnof