Biaya Operasi Gusi Turun Depok

Biaya operasi gusi turun depok

Biaya operasi gusi turun depok

 

Biaya Operasi Gusi Turun Depok

Biaya operasi gusi turun depok – Apakah kamu mengetahui alasan gusi seseorang dapat menurun? Terjadinya gusi turun dikarenakan gigi merosot atau turun menuju permukaan bawah gigi. Jika tidak segera diatasi, gusi turun dapat mengakibatkan terbukanya akar gigi dan menimbulkan resiko pembusukan, infeksi, hingga kehilangan gigi anda.

Apa yang dimaksud dengan gusi turun?

Biaya Operasi Gusi Turun – Gusi turun dapat dikatakan sebagai kerusakan pada gusi yang ditandai dengan penurunan pada jaringan gusi hingga mengakibatkan beberapa bagian gigi terekspos bahkan sampai bagian akar gigi. 

Penurunan yang dialami pada gigi mengakibatkan terjadinya sela antara gigi dan gusi, di mana sela ini bisa menimbulkan ruang penumpukan kotoran sekaligus bakteri. Jika tidak dilakukan penanganan dengan baik dan cepat, masalah pada penurunan gusi tersebut dapat mengundang permasalahan kesehatan gusi yang lainnya. Oleh karena itu, mesti dilaksanakan pemeriksaan serta tindakan secara tepat, bahkan pada beberapa kasus lainnya dibutuhkan juga tindakan operasi. 

Apa saja penyebab timbulnya gusi turun? 

Biaya operasi gusi turun depok – Penyebab paling utama dari penurunan gusi salah satunya adalah tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut yang tidak dirawat mengakibatkan penumpukan plak serta bakteri pada gigi, hal tersebut menimbulkan penurunan pada gusi. Kerusakan pada jaringan gusi serta tulang penyangga gigi diakibatkan adanya infeksi bakteri.

Selain itu, terdapat beberapa penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan gusi turun, antara lain:

  • Sering merokok
  • Membentuk tekstur keras pada karang gigi
  • Penumpukan gigi
  • Faktor keturunan
  • Kegiatan sikat gigi yang terlalu keras dan kasar dalam jangka waktu yang lama
  • Perubahan hormon biasanya ditemukan pada wanita yang sedang mengandung, pubertas atau menopause
  • Kebiasaan kurang baik menggertakkan gigi
  • Mempunyai riwayat penyakit diabetes
  • Penderita HIV 
  • Dampak buruk dari menggunakan tindik di bagian lidah ataupun bibir

Untuk menghindari timbul masalah gusi turun, sebaiknya kita merawat dan menjaga kebersihan gigi secara baik dan rutin.

Apa saja gejala gusi turun yang perlu diwaspadai?

Biaya operasi gusi turun depok – Penurunan pada gusi sebenarnya merupakan hal yang wajar dan banyak ditemukan, tetapi sedikit orang yang menyadari hal tersebut. Sedikit pula orang yang mengetahui gejala dari penurunan gusi tersebut. Permasalahan penurunan pada gusi dapat timbul secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga gejalanya seringkali tidak dihiraukan.

Terdapat beberapa gejala gusi turun yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Mulut terasa bau tidak sedap
  • Gigi tanggal
  • Gigi terasa menjadi lebih sensitif
  • Gigi terlihat turun atau menyusut
  • Terjadinya pembengkakan pada gusi dan tampak lebih memerah
  • Saat bersikat gigi atau flossing sering berdarah pada bagian gusi
  • Merasa nyeri pada arean garis gusi
  • Gigi tampak lebih panjang bahkan mulai tampaknya akar gigi

Jika sudah terlihat beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya cepat diperiksakan ke dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan saran untuk tindakan pengobatan ataupun pencegahan supaya penurunan pada gusi tidak menjadi parah.

Sebelum kondisi tersebut terjadi dalam jangka waktu panjang, tindakan yang perlu dilakukan yaitu merawat permasalahan penurunan gusi, sebagai berikut:

  • Menggunakan agen desensitisasi, pernis, dan pengikat dentin

Hal ini dilaksanakan guna mengurangi sensitivitas akar gigi yang terekspos, mengobati gejala saraf, serta menjaga kebersihan mulut.

  • Dengan restorasi komposit

Permukaan akar atau rongga hiatm diantara gigi ditutup. 

  • Porselen

Tindakan ini memerlukan bahan yang berwarna sama dengan gusi, digunakan guna mengisi rongga gusi yang telah turun.

  • Perawatan veneer gusi

Veneer gusi memerlukan bahan yang terbuat dari akrilik atau silikon guna menggantikan beberapa hilangnya jaringan gusi karena menurun.

  • Perawatan ortodontik

Tindakan ini guna memperbaiki margin gusi serta membantu menjaga kebersihan gigi.

  • Dilakukan pembedahan

Tindakan ini dilangsungkan ketika gusi pasien turun sudah terbilang parah.

Biaya operasi gusi turun 

Biaya Operasi Gusi Turun Depok – Pada dasarnya operasi gusi turun termasuk dalam kategori bedah mulut dan terbagi menjadi 2 yaitu gingival graft dan gingivoplasty. Berapakah kisaran biaya operasi gusi turun untuk kedua jenis tindakan tersebut?

a. Biaya operasi gusi turun untuk tindakan gingival graft atau cangkok gusi

Cangkok gusi atau biasa disebut dengan gingival graft dilaksanakan supaya jaringan tulang ataupun gusi bisa hidup lagi, melalui cara menempatkan beberapa jaringan gusi baru pada daerah yang memerlukan banyak jaringan gusi. 

Cangkok gusi biasanya dilaksanakan guna mencegah terjadinya resesi gusi yang lebih memburuk lagi dan untuk menjaga akar gigi. Supaya hasilnya memuaskan maka perlakuan cangkok gusi tersebut perlu bersamaan dengan perawatan mulut yang baik dan tepat. 

Pada tindakan cangkok gusi atau gingival graft itu sendiri biayanya sekitar Rp 3 juta, tetapi sebaiknya anda menyiapkan dana sekitar 20% – 30% dari perkiraan biaya operasi gusi turun tersebut. 

Jika kita menyiapkan dana lebih banyak dari perkiraan biaya yang diperlukan akan sangat membantu jika nantinya anda memerlukan rawat inap, obat atau tindakan lainnya, sehingga anda tak keteteran mencari dana. 

Dilihat dari biaya untuk cangkok gusi memang cukup tinggi, hal tersebut dikarenakan proses tindakannya cukup sulit dan memerlukan keahlian khusus.

b. Biaya operasi gusi turun untuk tindakan gingivoplasty atau operasi flap

Operasi flap yaitu sebuah tindakan bedah di mana dokter akan membentuk kembali gusi agar terlihat alami. Hal pertama yang dilakukan adalah pengangkatan gusi, kemudian memasangkannya kembali jika prosedur bedah sudah selesai. 

Biasanya tindakan operasi flap atau gingivoplasty diperlukan jika gusi telah mengalami penurunan jauh dari atas gigi atau disebut dengan gummy smile

Tindakan tersebut lebih sering diarahkan untuk kebutuhan kecantikan maupun kosmetik, namun dapat juga untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan mulut.

Untuk biaya operasi gusi turun itu sendiri atau gingivoplasty berkisar Rp 400.000 – Rp 500.000 per gigi.

Pengobatan untuk gusi turun

Biaya operasi gusi turun depok – Terlihat dari pembahasan diatas, biaya operasi gusi turun terbilang cukup mahal. Oleh karena itu, kita wajib menjaga kesehatan mulut dan gigi supaya tidak mengalami gusi turun, apalagi jika sampai operasi. 

Dengan mendeteksi secara dini resiko penurunan gusi, dokter akan memberi tindakan perawatan atau pengobatan, seperti:

a. Dibersihkannya gigi dan gusi

Jika permasalahan gusi turun masih terbilang ringan, umumnya dokter memberi anjuran supaya diberikan tindakan pembersihan gigi dam gusi melalui metode root planning atau scaling.

Perlakuan yang diperoleh yaitu membersihkan karang gigi sesuai dengan kondisi seseorang, seperti pada area permukaan, akar gigi, atau area gusi dalam.

Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 150 ribu – Rp 500 ribu.

b. Diberikan obat-obatan 

Penggunaan beberapa jenis obat juga mungkin diperlukan, terutama jika terjadi infeksi. Jika tidak mengalami infeksi pada gigi maka akan mendapatkan resep antibiotik. Selain itu juga akan diberikan chip antiseptik, antibiotik topikal, penekan enzim serta obat kumur antimikroba.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps :

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof