Biaya Operasi Gigi Geraham Bungsu Depok

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok

 

Biaya Operasi Gigi Geraham Bungsu Depok

Masalah Kesehatan Publik?

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Jutaan kali prosedur operasi pencabutan gigi bungsu dilakukan di seluruh dunia setiap tahunnya. Jumlah tindakan operasi pencabutan gigi bungsu ini justru lebih tinggi dari jumlah impaksi sendiri. Sehingga sepertiga dari tindakan operasi ini tidak perlu untuk dilakukan. Operasi pencabutan mempunyai sebuah akibat sendiri, termasuk cedera pada gigi yang sebelahnya, saraf, tulang rahang, serta sinus. Hal tersebut menyebabkan pemborosan besar terhadap sebuah waktu, tenaga, uang, rasa sakit, dan juga risiko yang bisa dihindari. Operasi yang tidak penting seperti ini adalah sebagai alasan mengapa kita sudah tidak pernah lagi melakukan tindakan operasi pengangkatan amandel pada anak-anak. Gigi bungsu yang dianggap sehat dan muncul secara baik-baik saja bukanlah suatu masalah yang besar bagi kebanyakan orang. Mereka mungkin hanya harus memikirkan dan memperhatikan gigi yang sulit dijangkau ini lebih baik ketika menyikat gigi agar terhindar dari pembusukan gigi. Beberapa gigi bungsu yang mengalai khasus  impaksi juga tidak berisiko. Tetapi, yang lain bisa merusak gigi geraham kedua serta tulang rahang di sekitarnya, ataupun bisa menyebabkan infeksi dan juga rasa sakit. Untuk kasus seperti ini, gigi bungsu diharuskan untuk dicabut.

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Pertanyaan yang tidak jarang kita dengan adalah kapan seharusnya kita mencabut gigi bungsu? Beberapa dari sekian banyak dokter bedah lebih suka apabila mencabut gigi bungsu lebih awal, pada umur sekitar 17 atau 18 tahun, walaupun gigi geraham masih bisa berputar dan muncul dengan benar. Namun, di sisi lain mencabut gigi geraham ketika seseorang sudah lebih berumur atau tua dapat berbahaya bagi orang tua tersebut, atau pasien yang sakit dan juga rapuh. Menunggu dengan kewaspadaan mungkin pendekatan yang lebih masuk akal, dan ini juga direkomendasikan oleh beberapa lembaga kesehatan yang ada, dan juga dokter gigi. Peran dari gigi bungsu memang tidak benar-benar begitu penting, tetapi bukan berarti gigi bungsu tidak berguna juga. Gigi bungsu berperan ketika kita makan. Mereka merupakan salah satu bagian dari tubuh kita, Gigi bungsu juga sebuah studi kasus yang menarik mengenai bagaimana evolusi budaya dan pola makan manusia yang bisa mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia.

Gigi Bungsu Mempunyai Peran yang Berkesinambungan dengan Gusi

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Sewaktu tumbuh, pada umumnya terdapat empat gigi geraham bungsu yang akan muncul untuk menyelaraskan tatanan gigi dan gusinya. Selain itu, gigi bungsu juga akan membantu proses mengunyah makanan serta mencegah gigi mengalami keausan. Sekedar informasi tambahan, berikut ini terdapat jenis dan fungsi gigi, selain gigi bungsu yang perlu diketahui:

  • Gigi seri, gigi seri berjumlah 8 buah, yaitu 4 di atas dan 4 di bawah. Fungsi dari gigi seri sendiri  untuk menggigit makanan. Pertama kali muncul umumnya di usia 6 bulan.
  • Gigi taring, gigi taring merupakan gigi yang paling tajam dan digunakan untuk merobek makanan. Jumlahnya sendiri ada 2, yakni 1 di atas dan 1 di bawah. Pertama kali muncul biasanya antara usia 16 sampai 20 bulan.
  • Gigi premolar, mempunyai kegunaan untuk mengunyah dan menggiling makanan. Jumlahnya ada 8 buah gigi premolar, yaitu 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Gigi premolar pertama kali muncul diantara usia 10 tahun, sementara gigi premolar yang kedua muncul sekitar 1 tahun setelahnya.
  • Gigi geraham, berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan. Jumlahnya ada 8 buah gigi, yakni 4 di atas dan 4 di bawah. Pertama kali muncul gigi ini biasanya di antara usia 12 sampai 28 bulan.   

Benarkah Semua Orang Akan Tumbuh Gigi Bungsu?

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Semua orang akan merasakan tumbuh gigi bungsu meski tidak semuanya bisa merasakan nyeri. Sebagian orang juga tidak menyadari pertumbuhan gigi bungsu pada dirinya, sedangkan yang lain justru menyadari karena rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkannya. Fakta uniknya adalah gigi bungsu tidak selalu tumbuh sebanyak empat buah karena biasanya ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhannya.

a. Masalah genetik. 

Terjadi apabila kamu memiliki orangtua dengan lengkung rahang yang kecil serta ukuran giginya relatif besar. Kondisi ini jelas akan membuat ruang pertumbuhan gigi bungsu terbatas sehingga jumlahnya menjadi tidak lengkap.

b. Banyak mengonsumsi makanan lunak. 

Pada dasarnya makanan jenis ini akan kurang merangsang pertumbuhan dan juga perkembangan lengkung rahang.

c. Benih gigi bungsu mempunyai posisi yang salah, sehingga bisa menghambat pertumbuhannya juga berpotensi mengganggu pertumbuhan gigi lain. Hal ini kerap menjadi penyebab rasa nyeri saat gigi bungsu itu tumbuh.

 

Mengapa Gigi Bungsu Selalu Tumbuh Paling Lambat?

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Mengutip dari Live Science, penyebab dari gigi geraham bungsu yang selalu tumbuh terlambat saat usia akhir remaja atau awal 20-an, karena pada masa anak-anak ini rahang tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuhnya sebuah gigi bungsu. Namun, seiring bertumbuhnya seseorang, rahang juga akan ikut membesar dan berkembang pula, sehingga akan ada lebih banyak ruang untuk gigi bungsu muncul. Akan tetapi, semakin kesini banyak rahang seseorang yang proses tumbuhnya lebih lambat dari biasanya, sebagai tempat tumbuhnya gigi bungsu tanpa adanya masalah. Itulah sebabnya mengapa pencabutan gigi bungsu sangat umum untuk dilakukan. Alasan lain mengapa gigi bungsu tumbuh di akhir remaja atau awal usia 20-an, karena gigi tersebut tidak begitu dibutuhkan sampai saat itu.

Tujuan dari gigi bungsu tumbuh, yaitu untuk menggantikan gigi geraham mereka yang telah hilang akibat mengonsumsi makanan yang keras. Tetapi karena kebanyakan dari orang-orang tidak kehilangan gigi gerahamnya pada saat masih anak-anak, gigi bungsu akan menunggu sampai seseorang mulai beranjak dewasa untuk muncul. Dengan kata lain, jika seseorang telah kehilangan gigi gerahamnya, maka gigi bungsu akan secara otomatis diprogram untuk menutup celah dari hilangnya gigi geraham.

Biaya Cabut Gigi di Rumah Sakit

Biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Setiap klinik dan rumah sakit pasti memiliki fasilitas dan juga ketentuan tersendiri dalam menentukan biaya pencabutan gigi. Berikut terdapat beberapa klinik dan rumah sakit di Indonesia yang sudah mempunyai fasilitas penanganan medis untuk cabut gigi beserta kisaran biaya yang dikenakan. Perlu diketahui biaya cabut gigi di bawah ini biasanya belum termasuk dengan tindakan dan biaya administrasi lainnya. Jadi, pastikan kamu sudah bertanya terlebih dahulu pada pihak rumah sakit. Semakin sulit letak gigi yang akan dicabut, kemungkinan biaya pencabutan gigi pun akan lebih mahal.

Rumah Sakit / Klinik di Depok

Rumah Sakit/Klinik Biaya
Audy Dental Mulai dari Rp450.000
Rumah Sakit Citra Medika Mulai dari Rp175.000
RSIA Setya Bhakti Mulai dari Rp250.000
RSU Bunda Margonda Mulai dari Rp250.000
Natura Dental Center Mulai dari Rp325.000
FDC Dental Mulai dari Rp350.000
Klinik Gigi Nirmala Mulai dari Rp400.000

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof