Biaya Operasi Gigi Bungsu Jakarta Selatan

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan

 

Yuk Simak!

globalestetik.com – Gigi bungsu merupakan gigi yang tumbuh di sudut belakang mulut bagian atas dan bawah. Apabila gigi bungsu tumbuh miring maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat gusi bengkak. Para dokter mengimbau agar orang yang mengalami pertumbuhan gigi bungsu yang bermasalah untuk melakukan tindak operasi. Orang yang berumur 17-25 tahun umumnya mengalami kondisi ini. Tindakan medis seperti pembedahan dapat menjadi solusi untuk memperbaiki gigi bungsu. Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan tidaklah murah karena operasi gigi bungsu dilakukan oleh dokter spesialis di rumah sakit.

Indikasi apa yang menunjukkan harus dilakukan operasi gigi bungsu?

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan – Tindakan operasi gigi bungsu sangat disarankan agar bisa mengobati impaksi gigi agar tidak terlanjur parah. Ada berbagai hal yang membuat gigi bungsu harus segera di operasi, diantaranya adalah:

  • Kondisi Periodontal

Kondisi dimana gusi, tulang, dan rangka-rangka sekitar gigi mengalami infeksi. Ciri-cirinya adalah saat terjadi radang gusi.

  • Posisi Yang Tidak Normal

Di beberapa masalah, saat gigi geraham tumbuh posisinya miring ke samping. Apabila hal ini dibiarkan saja, akan berakibat padda kerusakan mulut.

Gangguan-gangguan di atas harus segera ditangani. Karena, jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat akan berisiko munculnya masalah pada gigi dan mulut, seperti:

  • Infeksi

Saat gigi tumbuh miring, akan menyebabkan makanan yang dikonsumsi menyangkut dan susah untuk membersihkan sela-sela gigi.

  • Gigi Geraham Rusak

Gigi bungsu yang menempel dengan gigi geraham akan menyulitkan pembersihan gigi. Kondisi ini membuat gigi berlubang.

  • Membuat Gigi Berantakan

Gigi bungsu yang tumbuh miring akan membuat gigi-gigi didepannya bergeser dan membuat berantakan.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, maka sangat penting untuk melakukan tindakan operasi gigi bungsu, namun sebelum itu biasanya dokter juga akan memberikan alternatif lain seperti di bawah ini.

  • Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh tumbuhnya gigi bungsu yang tidak normal, biasanya obat yang direkomendasikan adalah Paracetamol atau Ibuprofen. Namun, tetap dengan dosis yang sudah ditentukan oleh dokter.

  • Kompres Dengan Es batu

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan – Cara ini bisa dilakukan dengan menaruh beberapa bongkah es batu di kain lalu tempelkan di sisi bagian gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Es batu ini dapat mematikan saraf aktif sementara waktu, sehingga akan mengurangi rasa nyeri. 

  • Menyabut Gigi

Dokter bisa menyabut gigi apabila mahkota gigi sudah terlihat di permukaan gusi.

Namun, jika hal-hal di atas tidak manjur dan mahkota gigi tidak terlihat ke permukaan, maka dokter akan melakukan tindakan lebih lanjut, yaitu dengan melakukan operasi gigi.

Anestesi

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan – Sebelum menjalani operasi, dokter akan melakukan beberapa tahap pemeriksaan, yaitu rontgen gigi untuk melihat kondisi gigi, gusi, dan tulang secara jelas. Selain rontgen gigi, dokter juga mengecek riwayat medis agar tidak berdampak yang tidak diinginkan setelah operasi. Operasi gigi bungsu berlangsung selama 30 sampai 60 menit. Namun, itu juga tergantung pada kesulitan atau posisi gigi bungsu anda.

Pembedahan dilakukan dengan tiga jenis anestesi, yaitu:

  • Anestesi lokal diberikan ke area dekat luka yang akan diangkat. Dengan menggunakan anestesi ini, anda akan terjaga selama operasi. Namun, tidak akan merasakan sakit apa pun.
  • Anestesi sedari yang akan membuat tidak sadarkan diri dan tidak lagi mengingat operasi itu. Anestesi ini diberikan melalui suntikan ke lengan.
  • Anestesi umum dilakukan hanya jika kondisinya benar-benar mendesak. Anda akan mendapatkannya dengan suntikan ke lengan atau dengan menghirupnya melalui hidung. Setelah anestesi telah memasuki tubuh, maka tidak akan bangun dan tidak merasakan sakit.

Operasi akan dilakukan dengan membuat sayatan kecil di gusi dan mengurangi jumlah tulang yang menghalangi akar gigi yang ingin dicabut. Setelah itu, gigi bungsu akan dibagi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dicabut. Setelah gigi bungsu muncul, gusi akan dibersihkan. Dokter Anda akan menjahit jahitan jika perlu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Lalu berapa biaya yang dihabiskan untuk operasi gigi bungsu di klinik dan rumah sakit?

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan – Sama halnya dengan biaya perawatan gigi biasanya, biaya untuk operasi gigi berbeda-beda. Yang membedakan harga dilihat dari tingkat kesulitan masalah gigi (mudah, sedang, atau sulit), wilayah atau tempat operasi, dan lainnya. Di daerah Jakarta Selatan, operasi gigi bungsu di klinik atau rumah sakit Jakarta Selatan berkisar di angka mulai Rp. 2.000.000 sampai Rp. 4.280.000.

Harga-harga tersebut belum termasuk dengan biaya obat, rontgen, konsultasi, dan lainnya. Prosedur medis ini mahal karena dilakukan oleh spesialis dengan menggunakan alat bantu, seperti sinar-X dan instrumen bedah. Selain di klinik atau rumah sakit, operasi gigi bisa dilakukan di Puskesmas. Harga operasi gigi bungsu di Puskesmas cenderung lebih murah, mulai dari Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000. 

Efek samping apa saja yang dialami

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan – Setelah menjalani operasi gigi, tentu saja akan mengalami efek samping. Setiap orang, mengalami efek samping yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya pasien operasi gigi mengalami efek samping, seperti:

  • Membengkaknya pipi di sisi gigi yang dicabut
  • Adanya rasa nyut-nyutan di posisi gigi yang dicabut
  • Lubang bekas gigi bengkak dan meradang
  • Rahang kaku dan pegal
  • Terjadi pendarahan
  • Ujung akar gigi-gigi disekitarnya patah

 

Untuk mengurangi rasa sakit, dokter biasanya meresepkan obat pereda nyeri. Sebaiknya minum obat ini beberapa jam sebelum anestesinya hilang sehingga tidak akan terlalu merasakan sakit. Pendarahan dapat berlanjut selama 48 jam setelah operasi. Untuk mengatasinya, yaitu dengan menutupi pendarahan dengan kain kasa secara rutin atau menggunakan kantong teh basah untuk mempercepat pembekuan darah. Bisa juga dengan mengkompres es selama 20 menit untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kompres secara teratur bisa dilakukan sampai bengkaknya hilang.

Cara agar gigi tetap terawat sehat

Biaya operasi gigi bungsu jakarta selatan – Makan makanan dan minuman sehat tidak hanya menyehatkan tubuh saja, tetapi juga dapat membantu menjaga gigi agar tetap kuat. Ada sejumlah makanan dan minuman yang bisa membantu mengoptimalkan fungsi mulut dan tentu saja mencegah sakit gigi.

Beberapa sumber konsumsi yang dapat menyehatkan gigi antara lain teh hijau, susu rendah lemak dan yogurt, keju, buah-buahan, sayuran, seledri, biji wijen dan sumber protein lainnya. Untuk yang sangat suka manis, bisa mencoba makan permen karet bebas gula. Keuntungan mengkonsumsi permen ini adalah untuk mengsekresi air liur agar terstimulasi dan dapat menghilangkan bakteri dari mulut. Mulai sekarang, yuk perhatikan kesehatan mulut!

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640

Telpon Klinik :  085813313640

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2

 

Penulis oleh Drg Arnof