BIAYA BEHEL GIGI BANDUNG

Biaya behel gigi bandung

Biaya behel gigi bandung

 

Yuk Simak!

globalestetik.com – Behel gigi merupakan prosedur pemasangan kawat gigi dengan tujuan merapikan susunan gigi supaya terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Behel gigi merupakan istilah lain dari kawat gigi. Behel gigi terdiri atas dua komponen utama, yaitu bracket dan archwire atau kawat lengkung. Dua komponen ini berfungsi untuk memberikan tekanan dan tegangan yang tepat secara terus menerus, sehingga gigi dapat bergerak ke arah yang diinginkan dan lambat laun susunan gigi akan menjadi rapi dan sesuai keinginan.

Biaya behel gigi bandung – Menggunakan behel gigi ini dapat mengatasi permasalahan gigi pasien seperti gigi tonggos, gigi renggang, dan bahkan posisi rahang yang tidak normal. Menggunakan behel gigi merupakan prosedur medis yang perlu dilakukan dan bukan untuk fashion semata. Karena jika susunan gigi tidak selaras dapat mengganggu fungsi rongga mulut dan dapat meningkatkan resiko penyakit mulut lainnya seperti radang gusi dan gigi berlubang.

Mengapa anda perlu pemasangan behel gigi ??

Biaya behel gigi bandung – Prosedur pemasangan behel gigi ini memilik tujuan untk merapikan susunan gigi anda. Tujuan pemasangan pada umumnya lebih terkait dengan estetika atau kondsi tertentu yang bisa mengganggu aktivitas dan kesehatan gigi, namun saat ini ada yang memasang behel gigi hanya untuk menunjang penampilan. Indikasi anda memerlukan perawatan behel gigi ini biasanya memiliki ciri-ciri yang:

  • Susunan gigi tidak rapi.
  • Mempunyai jarak antar gigi yang renggang
  • Posisi gigi bagian atas jauh lebih maju dari pada gigi bagian bawah.
  • Posisi gigi bagian bawah jauh lebih maju dari pada gigi bagian atas.
  • Susunan rahang yang tidak sejajar saat mulut dikatupkan.

Walaupun pemasangan behel gigi ini dapat mengatasi berbagai kekurangan pada bentuk gigi dan rahang, namun behel gigi tidak dianjurkan untuk pasien yang memiliki kelainan posisi rahang parah. Dokter akan merekomendasikan perawatan lain jika begitu kondisinya.

Apa saja jenis behel gigi ??

Biaya behel gigi bandung – Jenis behel gigi ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Behel gigi permanen

Behel permanen merupakan kawat gigi yang dipasang secara permanen pada gigi, dan kawat ini tidak dapat di lepas pasang sendiri. Dalam pemasangannya, behel permanen ini terdiri atas beberapa bagian, diantaranya:

  • Bracket, merupakan bagian kawat gigi yang berbentuk kotak kecil dan menempel dipermukaan gigi. Bracket umumnya terbuat dari bahan stainless steel atau keramik.
  • Orthodontic ring, merupakan kawat gigi yang berbentuk mirip seperti cincin yang berfungsi untuk menyambungkan gigi dan bracket. Orthodontic ring umumnya terbuat dari stainless steel atau titanium.
  • Kawat fleksibel, memiliki fungsi untuk pemberi tekanan gigi agar dapat bergeser.
  • Karet O-ring, memiliki fungsi untuk menahan kawat agar tetap pada tempatnya.

Behel gigi lepas-pasang

Behel jenis ini dapat di lepas-pasang sendiri oleh pasien. Behel jenis ini biasanya terbuat bahan akrilik yang menutupi permukaan gigi. Behel gigi lepas-pasang ini bisa dengan mudah Anda lepas pada saat membersihkan mulut baik setelah makan maupun saat mandi.

Behel gigi fungsional

Pemasangan behel dengan tujuan utama merapikan susunan gigi yang tidak rapi dengan cara memperbaiki bentuk rahang.

Headger

Merupakan kerangka besi yang terpasang dikepala dan tersambung ke behel gigi. Berfungsi untuk mengatasi gigi yang tidak rapi, dan memperbaiki posisi rahang.

Behel lingual

Terbuat dari logam yang ditempelkan dibagian belakang gigi, sehingga tidak terlihat jika memakai behel gigi. Behel jenis ini cocok bagi pasien yang ingin tidak terlihat memakai behel gigi.

Berapa biaya pasang behel gigi ??

Biaya behel gigi bandung – Banyak orang yang memakai behel gigi yang diusia remaja untuk memperbaiki susunan gigi mereka. Orang dewasa juga dapat memperoleh keuntungan dari pemasangan kawat gigi ini. Tujuan utama penggunaan behel gigi ini adalah untuk meratakan dan merapikan gigi dan rahang agar memudahkan anda untuk makan dengan baik dan menghasilkan senyum yang menawan. Namun sayangnya saat ini banyak orang yang tidak mengetahui besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan behel gigi.

Harga pemasangan behel gigi ini dapat tentunya sangat bervariasi, tergantung pada jenis kawat gigi dan fasilitas kesehatan yang dipilih. Sebagai bahan pertimbangan perkiraan harga pemasangan behel di rumah sakit swasta berkisar antara Rp. 6,5 juta hingga belasan juta rupiah. Harga pemasangan behel di Puskesmas dikisaran harga di bawah 4 jutaan. 

Untuk melakukan perawatan behel gigi ini, anda perlu menyiapkan dana yang cukup tinggi. Biaya pemasangan dan biaya perawatan adalah dua hal yang terpisah. Besar atau kecilnya biaya behel gigi ini tergantung dimana anda memilih untuk melakukan perawatan. Pemasangan di klnik gigi dan di rumah sakit tentunya memiliki tarif yang berbeda. Untuk perawatan behel gigi ini juga memerlukan waktu untuk anda kontrol secara rutin. Saat ini banyak yang menawarkan behel gigi dengan harga murah, namun tidak ada hasil nyata gigi bisa rapi seperti yang diharapkan.

Apakah Pemasangan Behel Dapat Ditanggung BPJS Kesehatan ??

Biaya behel gigi bandung –  Berdasarkan peraturan BPJS Kesehatan No. 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1, berbunyi “Administrasi pelayanan terdiri dari biaya pendaftaran dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan kesehatan pasien; pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis; premedikasi; kegawatdaruratan oro-dental; cabut gigi sulung; cabut gigi permanen tanpa penyulit; obat pasca pencabutan; tumpatan komposit; dan biaya scaling gigi”. 

Jadi, karena pemasangan behel gigi dianggap hanya untuk tujuan estetika, maka BPJS Kesehatan tidak dapat menanggung biaya pemasangannya

Persiapan Apa yang harus Dilakukan sebelum melakukan prosedur behel gigi ??

Biaya behel gigi bandung  Dokter akan memeriksa kondisi rongga mulut sebelum memasang behel gigi. Tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi gigi pasien yang sudah siap untuk dipasangi behel gigi. Anda dapat mempersiap kan beberapa hal berikut ini:

  • Pemeriksaan secara menyeluruh kondisi gigi, rahang, rongga mulut, dan jaringan lain.
  • Pemeriksaan dengan melakukan rontgen untuk melihat posisi gigi dan rahang.
  • Mencetak gigi untuk melihat susunan gigi.
  • Mencabut gigi jika ruang yang tersedia dinilai kurang untuk pergerakan gigi di rahang.
  • Melakukan prosedur lain jika dirasa memerlukan karena terdapat masalah tertentu.

 

Konsultasikan kesehatan gigi Andadengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Bandung di

Mall Festival citylink lantai LG No.5

Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232 ( Persis di depan Lotte Mart )

Buka senin s/d minggu jam 10.00 – 20.00

KLIK https://wa.me/6282115308250

Telpon Klinik: 081617313156

Telpon Perawat : 089634411946 (Tandri)

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/6.3910531,106.8296376/global+estetik+festival+citylink+bandung/@-6.5569375,106.6514723,9z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e68e61d5502df2d:0x9633d74659c39b47!2m2!1d107.586576!2d-6.929581

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kota Bandung – https://globalestetik.com/kota-bandung

 

Penulis Drg Arnof