Besar Biaya Operasi Impaksi Gigi Depok

Besar biaya operasi impaksi gigi depok

Besar biaya operasi impaksi gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik.comImpaksi gigi adalah suatu kondisi di mana gigi tersangkut di gusi yang bisa menghambat perkembangan gigi untuk sempurna. Kondisi ini terutama terjadi pada gigi bungsu orang dewasa. Gigi yang terkena impaksi perlu dirawat dengan benar karena dapat menyebabkan sakit gigi, kerusakan gigi dan penyakit gusi. Rasa sakitnya bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Impaksi gigi terjadi ketika gigi bungsu tidak tumbuh dengan sempurna karena tidak memiliki cukup ruang untuk mendorong masuk dan keluar dari gusi. 

Apa penyebab gigi impaksi?

Besar biaya operasi impaksi gigi depok – Impaksi pada gigi sebenarnya cukup sering terjadi dan kebanyakan tidak disertai rasa sakit atau menimbulkan keluhan. Namun, ketika gigi bungsu tidak sejajar atau tidak muncul dari permukaan gusi, kamu mungkin akan mengalami rasa sakit atau keluhan lainnya. Gigi impaksi dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk:

  • Rahang terlalu kecil untuk memberikan ruang yang cukup bagi gigi untuk tumbuh
  • Gigi miring saat tumbuh 
  • Terhalangnya gigi bungsu oleh gigi yang lainnya

Para ahli percaya bahwa impaksi gigi dapat menyebabkan masalah, efek domino. Artinya, ketika gigi tumbuh ke samping, mereka menekan gigi yang berdekatan, menyebabkan gigi tumbuh tidak merata. Pertumbuhan gigi yang tidak teratur ini dapat menyebabkan masalah saat mengunyah makanan.

Gejala apa saja yang dirasakan?

Besar biaya operasi impaksi gigi depok – Gigi yang terkubur atau menonjol sebagian dapat menjebak sisa-sisa makanan. Selain itu, bakteri juga lebih mudah masuk sehingga menyebabkan gusi sakit dan bengkak. Posisi gigi yang tersembunyi membuat sulit untuk menyikat gigi. Jika tidak dibersihkan, sisa makanan yang menempel di area tersebut dapat menyebabkan perikoronitis. Gangguan ini dapat menimbulkan gejala seperti gusi bengkak, nyeri, dan bau mulut. Selain itu, terdapat gejala-gejala lainnya, yaitu:

  1. Gusi bengkak, kemerahan, dan berdarah
  2. Rahang nyeri
  3. Sakit kepala
  4. Sakit gigi, terutama saat mengunyah makanan
  5. Bau mulut

Gejala-gejala diatas biasanya dialami selama beberapa minggu atau bulan, gejala itu juga terkadang datang atau pergi. Impaksi gigi jika tidak segera ditangani akan menimbulkan masakah yang serius. Jika kamu mengalami gejala-gejala diatas maka sebaiknya kamu pergi ke dokter gigi untuk dapat penanganan lebih baik. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan gigi yang terkena. Rontgen diperlukan untuk dapat melihat posisi gigi dengan lebih jelas.

Jika pembengkakan kemudian hilang, kamu juga harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Kemungkinan besar, kondisi ini merupakan gejala gigi yang bengkak. Jika pemicunya memang gigi impaksi, pembengkakan bisa muncul kembali kapan saja. Dengan kamu datang ke dokter gigi, gejala-gejala yang dirasakan dapat diatasi.

Untuk cara mencegahnya, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mengompres area yang nyeri dengan air dingin
  • Berkumur air garam hangat
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri
  • Operasi

Jika cara-cara yang lain sudah dilakukan, tetapi kondisi belum membaik maka, dokter gigi biasanya akan merekomendasikan operasi pengangkatan gigi. Terutama pada kasus gigi bungsu yang impaksi. Dokter mungkin juga merekomendasikan pencabutan jika gigi impaksi berdampak negatif pada gigi lain. Pencabutan gigi biasanya dilakukan dengan rawat jalan. Prosedur ini biasanya hanya membutuhkan waktu 45 hingga 60 menit dan pemulihan mungkin memakan waktu 7-10 hari.

Mengapa harus dilakukan operasi impaksi gigi?

Besar biaya operasi impaksi gigi depok – Ada berbagai alasan kesehatan yang mendasari mengapa kamu mungkin memerlukan pembedahan pada gigi yang terkena impaksi. Ini adalah konsekuensi dari kurangnya ruang pada rahang untuk pertumbuhan gigi bungsu atau gigi geraham ketiga. Jika dibiarkan, gigi bungsu akan tumbuh tidak normal, terbentur dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Beberapa alasan mengapa operasi pencabutan gigi bungsu dianjurkan antara lain:

  • Mencegah infeksi di sekitar gigi yang akan erupsi

Gigi geraham ketiga yang tidak sejajar dapat membuat gigi sulit dibersihkan dan sisa-sisa makanan lebih mudah menempel. Hal ini dapat menyebabkan akumulasi dan pemecahan sisa makanan oleh bakteri. Seiring waktu, ini akan menyebabkan infeksi serius karena bakteri terus menumpuk yang dapat menyebabkan peradangan, sehingga gusi akan membengkak, menyebabkan rasa sakit dan bahkan demam.

  • Mencegah radang gusi

Infeksi gusi jangka panjang dapat menyebabkan radang gusi. Hal ini ditandai dengan gusi yang tampak merah, nyeri, bahkan nyeri saat mengunyah.

  • Mencegah karies anterior

Adanya gigi bungsu dapat merusak gigi geraham depan. Gigi satu sisi melekat kuat pada beberapa geraham depan, membuat area tersebut sulit dijangkau dengan sikat gigi atau benang gigi. Ini akan menciptakan kondisi bagi bakteri untuk tumbuh, makanan busuk juga mudah terjadi, membuat geraham depan lebih rentan terhadap pembusukan.

  • Mencegah pergerakan gigi

Gigi bungsu muncul ketika lengkung gigi telah terisi penuh dengan gigi permanen. Karena ruang tumbuh yang terbatas, gigi bungsu sering mendorong geraham depan agar bisa muncul. Dengan demikian, dalam jangka panjang, gigi bungsu akan menggerakkan gigi depan dan susunan gigi menjadi tidak teratur.

Berapa biaya untuk operasi impaksi gigi?

Besar biaya operasi impaksi gigi depok Biaya untuk operasi impaksi gigi berbeda-beda di setiap daerah. Namun, pada biasanya biaya operasi impaksi gigi di Jakarta mulai dari Rp. 1.500.000 sampai Rp. 4.300.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya obat dan pemeriksaan lainnya. Harga-harga diatas juga dipengaruhi oleh klinik atau rumah sakit yang menangani. 

Ada beberapa persiapan sebelum melakukan operasi impaksi gigi. Selama kunjungan pertama ke dokter gigi, kamu akan menjalani pemeriksaan awal untuk mendapatkan diagnosis sebelum melanjutkan dengan operasi. Selanjutnya kamu akan melalui proses persiapan operasi yang akan di jalani, seperti:

  • Rontgen gigi

Kamu akan diminta untuk melakukan rontgen -radiografi gigi di laboratorium radiologi. Tujuannya untuk mengetahui kondisi umum gigi. Dari hasil rontgen gigi, dokter dapat melihat dengan jelas posisi gigi dan saraf di sekitarnya. Ini akan membantu dokter menentukan dengan tepat di mana gigi perlu dicabut dan menghindari kerusakan saraf terdekat lainnya.

  • Konsultasi

Setelah rontgen gigi, kamu akan kembali ke dokter gigi untuk konsultasi baru. Di bagian ini, kamu akan dapat berbagi berbagai keluhan dan kekhawatiran tentang kondisi gigi bungsu. Kamu juga dapat mempelajari tentang prosedur gigi berikut, perawatan pasca operasi, pantangan yang harus dihindari. 

  • Riwayat Rekam Medis

Selain hasil rontgen, riwayat kesehatan kamu juga akan diperiksa sebelum operasi. Ini untuk menentukan apakah kamu memiliki kondisi medis yang dapat menghambat operasi gigi. Riwayat kondisi medis yang perlu dipantau seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gagal ginjal kronis, diabetes, tiroid, dan lainnya dapat menyebabkan dokter mempertimbangkan tindakan terbaik untuk kasus operasi.

Setelah melalui 3 langkah persiapan operasi gigi, dokter akan membuat diagnosis akhir dan menentukan waktu yang tepat untuk operasi. Jangan lupa untuk menyiapkan uang tambahan saat menjalani pemeriksaan dan rontgen gigi.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof