Bersihin Karang Gigi Depok

bersihin karang gigi depok

bersihin karang gigi depok

 

Bersihin Karang Gigi Depok

Bersihin Karang Gigi Depok – Setiap orang pasti menginginkan gigi yang sehat dan bersih serta nafas yang segar. Namun, sering kali sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang menempel dan tertinggal di mulut menyebabkan timbulnya karang gigi. Akibatnya, gigi menjadi rusak hingga menyebabkan napas berbau tidak sedap. Kerusakan yang terjadi pada gigi bersifat permanen, maka alangkah lebih baiknya jika kita dapat mencegah timbulnya karang gigi sedini mungkin. Namun, apabila sudah terlanjur menebal dan mengeras, jangan panik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk merontokan dan menghilangkan karang gigi, mulai dari cara sederhana hingga pergi ke dokter gigi.

 

Bersihkan Karang Gigi Depok – Karang gigi sebenarnya adalah timbunan plak yang mengeras. Plak sendiri merupakan lapisan berwarna bening dan lengket yang terbentuk ketika bakteri di dalam mulut bercampur dengan saliva dan sisa-sisa makanan. Karang gigi dapat muncul di sela-sela gigi, baik itu di atas atau di bawah garis gusi. Apabila diraba menggunakan lidah akan terasa kasar. Karang gigi dapat dilihat dengan mata telanjang dengan warna putih kekuningan atau putih kecokelatan. Semakin gelap warnanya, maka plak yang menumpuk semakin banyak dan tebal.

Bersihin Karang Gigi Depok – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah membandel. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

A. Menyikat gigi menggunakan sikat dan pasta gigi khusus

Menyikat gigi adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan setidaknya dua kali sehari. Untuk membersihkan karang gigi sendiri, sikatlah gigi menggunakan sikat gigi kecil dengan bulu lembut yang mampu menjangkau seluruh bagian mulut, termasuk gigi geraham bagian belakang. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi elektrik, karena lebih baik dalam membersihkan karang gigi dibandingkan sikat gigi manual.

Selain sikat gigi, gunakan pasta gigi dengan fluoride dan triclosan yang memiliki fungsi untuk mengontrol pembentukan karang gigi, karena pasta gigi dengan kandungan bahan aktif ini lebih efektif dalam membersihkan plak gigi dan mencegah karang gigi semakin tebal.

B. Bersihkan gigi menggunakan benang gigi

Tidak hanya menyikat gigi, kamu juga sebaiknya menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan kotoran hingga ke sela-sela gigi. Kebiasaan ini dapat membantu menghilangkan plak gigi mu, loh, karena plak gigi tidak bisa hilang sendiri, maka dibutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya.

C. Menggunakan obat kumur antiseptic

Bersihin Karang Gigi Depok – Rutin membersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur bisa menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri. Hal ini karena obat kumur antiseptik mengandung bahan yang dapat melawan bakteri penyebab plak gigi, seperti cetylpyridium, chlorhexidine, dan minyak atsiri.

D. Mengunyah permen karet bebas gula

Jika kamu tidak sempat untuk menyikat gigi setelah makan, maka kamu bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk mencegah bakteri penyebab plak gigi yang memicu karang gigi. Jadi, selalu sediakan permen karet bebas gula ya!

E. Scaling gigi

Selain cara yang sudah disebutkan di atas, cara lain yang dapat dilakukan untuk membersihkan karang gigi adalah dengan melakukan scaling. Scaling gigi adalah suatu tindakan medis untuk membersihkan plak dan karang gigi pada permukaan gigi, termasuk juga pada bagian bawah gusi. Scaling gigi dapat dilakukan minimal dua kali dalam satu tahun atau enam bulan sekali. Namun apabila menggunakan behel gigi, scaling gigi harus dilakukan lebih sering lagi, yaitu tiap satu sampai dua bulan sekali setiap kali kontrol.

Bersihin Karang Gigi Depok – Scaling gigi sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Normalnya, scaling gigi dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun seberapa sering melakukan scaling gigi hal ini tergantung pada kondisi kesehatan gigi. Tetapi juga tidak boleh terlalu sering karena berisiko mengalami penyakit gusi. Rutin melakukan scaling gigi tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, loh. Oleh karena itu, jagalah kebersihan gigi dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Banyak orang malas untuk melakukan scaling karena takut menimbulkan rasa sakit. Pada dasarnya prosedur scaling gigi tidak menimbulkan rasa sakit dan sangat aman untuk dilakukan sehingga tidak perlu khawatir untuk melakukan scaling gigi. Lama tidaknya prosedur ini dilakukan tergantung pada kondisi, jumlah, dan tingkat keparahan karang gigi. Jadi, semakin rutin scaling dilakukan maka waktu yang diperlukan menjadi lebih singkat untuk tiap sesinya. Scaling gigi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan terhindar dari berbagai penyakit pada gigi dan mulut.

Manfaat Scalling

Scaling menjadi salah satu cara untuk membersihkan karang gigi secara instan. Selain untuk membersihkan karang gugu, scaling juga bermanfaat pula untuk :

  • Menghilangkan bau mulut

Bau mulut menjadi satu hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika pekerjaan kita menuntut kita untuk sering berinteraksi dengan orang lain. Orang yang memiliki plak atau karang gigi sangat rentan mengalami bau mulut. Hal ini terjadi karena karang gigi adalah tempat bagi bakteri penyebab bau mulut berkembang biak. Maka dari itu rutin melakukan scaling gigi dapat membuat mulut menjadi lebih segar dan bebas bau.

  • Membersihkan noda dan membuat warna gigi menjadi lebih cerah

Setiap hari tentu mengonsumsi makanan dan minuman yang akan meninggalkan kotoran atau noda pada gigi. Apalagi jika kamu merupakan orang yang sangat menyukai minuman seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Rajin menyikat gigi setiap hari biasanya hanya bisa menghilangkan sebagian noda di gigi, sementara yang sudah membentuk plak hanya bisa dilakukan dengan scaling.

Karang gigi dapat terbentuk akibat plak yang menempel dan lama-kelamaan mengeras membentuk karang pada permukaan gigi. Karang gigi juga bisa membuat warna gigi berubah menjadi kuning dan tampak kusam. Untuk mengatasinya, scaling gigi adalah tindakan yang tepat dilakukan untuk karang gigi bisa terangkat dan warna gigi menjadi lebih cerah.

  • Mencegah penyakit pada gusi

Bersihin Karang Gigi Depok – Perlu diketahui bahwa bakteri pada gigi juga bisa menyebabkan penyakit di gusi. Penumpukkan plak pada gigi jika dibiarkan bisa merusak gusi sehingga menyebabkan penyakit pada gusi. Karang gigi yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan timbulnya gingivitis atau radang gusi yang ditandai dengan gejala berupa gusi bengkak, terasa sakit, dan mudah mengalami perdarahan. Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, yaitu peradangan serius yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan tulang rahang.

  • Mencegah gigi berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu keluhan pada gigi yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, pasien akan pergi ke dokter gigi untuk menambal gigi. Gigi berlubang ini biasanya terbentuk saat plak yang ada pada gigi mulai mengikis lapisan luar gigi. Menyikat gigi secara teratur serta rutin melakukan scaling setidaknya 6 bulan sekali dapat membantu menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Hal ini bisa terjadi karena bakteri yang menumpuk pada karang gigi bisa terbawa oleh darah dan menimbulkan endapan pada pembuh darah koroner di jantung dan menyebabkan pengerasan arteri dan lama-kelamaan akan memengaruhi kinerja jantung. Sehingga salah satu cara untuk membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung, dapat dilakukan dengan selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk melakukan scaling gigi dengan rutin.

 

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps :

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof