Berbagi Sikat Gigi dengan Pasangan, Emang Boleh ?

dokter gigi depok

Global Estetik – Anda dan pasangan anda berbagi segalanya, dari kejadian terpenting dalam hidup hingga hal-hal kecil dari gosip air dingin dari pekerjaan masing-masing. Anda berbagi pasang surut, anda berbagi tempat tidur, dan mungkin anda bahkan berbagi pakaian.

Apa yang seharusnya tidak pernah anda bagikan adalah sikat gigi. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak. Bagaimanapun, kebanyakan pasangan sering berciuman, menukar air liur. Anda bahkan mungkin mengambil makanan dari garpu masing-masing. Apa masalahnya tentang berbagi sikat gigi?

Berbagi Sikat Gigi dengan Pasangan- Global Estetik Dental Care
Berbagi Sikat Gigi dengan Pasangan- Global Estetik Dental Care

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa ada perbedaan besar. Ya, anda akan berbagi air liur dan kuman saat anda berciuman atau minum dari gelas yang sama, namun berbagi sikat gigi adalah cerita lain. Inilah yang semua orang harus tahu tentang potensi bahaya berbagi sikat gigi.

Mulut anda penuh dengan bakteri, oleh karena itu dokter gigi merekomendasikan cara penyikatan, flossing, dan pembilasan dengan obat kumur yang digunakan dengan benar setiap kali makan, serta kunjungan gigi rutin untuk pembersihan, pemeriksaan, dan rontgen. Bila mengikuti rutinitas ini, anda bisa menghilangkan sisa partikel makanan dan bakteri dari mulut dan bisa mempromosikan kesehatan mulut yang baik.

Konon, wajar bila bakteri berpindah ke sikat gigi anda, dan dari sana ke mulut pasangan anda saat dia menggunakan sikat gigi berikutnya. Dengan cara ini, bakteri bisa bolak-balik antara anda berdua, dan ini bisa berbahaya karena berpotensi menyebarkan bakteri berbahaya.

Bagaimana jika salah satu dari anda memiliki penyakit yang sangat menular seperti radang tenggorokan? Jika anda berbagi sikat gigi, ada risiko jauh lebih tinggi untuk  anda berdua akan mendapatkannya. Percaya atau tidak, anda juga bisa berbagi bakteri yang cenderung menyebabkan rongga dan penyakit periodontal. Ini sebaiknya dihindari.

Berbagi Sikat Gigi dengan Pasangan- Global Estetik Dental Care
Berbagi Sikat Gigi dengan Pasangan- Global Estetik Dental Care

Selain mentransfer bakteri dengan berbagi sikat gigi, ada faktor risiko yang lebih besar lagi. Penyikatan yang kuat dapat menyebabkan perdarahan gusi atau permukaan mulut lainnya, dan ini memungkinkan kuman berbahaya masuk ke aliran darah. Anda mungkin tidak berpikir berbagi sikat gigi berarti berbagi darah, tapi bisa juga, dan ini adalah masalah besar jika salah satu dari anda memiliki penyakit dengan darah, seperti hepatitis atau HIV.

Terkadang mudah untuk berbagi sikat gigi, atau mungkin ini cara memberi isyarat kepada pasangan anda bahwa anda merasa nyaman berbagi segala hal. Namun, anda mungkin tidak merasakan hal yang sama saat anda mulai terkena flu, rongga gigi, atau lebih buruk lagi. Terserah level intimasi antara anda dan pasangan anda dalam hubungan rumah tangga namun ada beberapa hal yang tidak seharusnya tidak dibagi antara pasangan suami istri seperti berbagi sikat gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat