Berbagai Bahaya Jika Malas Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

Berbagai Bahaya Jika Malas Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

Cuci tangan merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari, misalnya ketika akan memulai aktivitas maupun ketika akan mengonsumsi makanan. Tanpa disadari ada begitu banyak bakteri atau kuman dan kotoran yang menempel pada tangan. Oleh karena itu, kita tidak boleh luput dalam mencuci tangan banyak bakteri yang akan mengancam kesehatan tubuh. Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap remeh aktivitas mencuci tangan. Agar Anda rajin mencuci tangan, ada baiknya Anda ketahui berbagai bahaya jika malas mencuci tangan. Bahaya tersebut di antaranya.

  • Diare atau Sakit Perut

Salah satu risiko yang dialami oleh mereka yang malas mencuci tangan yaitu diare atau sakit perut. Kuman dan bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan sehingga membuat sakit perut hingga menyebabkan diare. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan.

  • Gatal-gatal

Malas mencuci tangan juga dapat membuat bakteri dan kuman yang menempel di kulit, terutama kulit tangan menjadi penyebab penyakit gatal-gatal. Bakteri dan kuman yang menempel di kulit jika tidak dibersihkan juga dapat memicu timbulnya bisul atau bentol. Kebiasaan malas mencuci tangan juga dapat menyebabkan munculnya jerawat bahkan dapat memperparah kondisi jerawat.

  • Penularan Hepatitis

Bahaya berikutnya akibat malas mencuci tangan adalah penularan hepatitis. Penyakit ini ditandai dengan nafsu makan yang menurun, perut mual, kelelahan berat, urin berwarna gelap hingga demam. Penularan hepatitis ini dapat dengan mudah ditularkan bagi mereka yang memiliki kebiasaan malas mencuci tangan. Oleh karena itu, untuk terhindari dari penuralan penyakit hepatitis Anda harus rajin mencuci tangan.

  • Keracunan Makanan

Selain menyebabkan diare, gatal-gatal hingga penularan hepatitis, kebiasaan malas mencuci tangan juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Hal ini disebabkan karena racun yang terdapat di telapak tangan dapat masuk bersama dengan makanan ke dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, kebiasaan malas mencuci tangan juga dapat menyebabkan penularan berbagai penyakit seperti penyakit hepatitis, infeksi hingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat