Global Estetik – Banyak pasien yang bertanya kepada dokter gigi mereka berapa lama mereka perlu memakai retainer setelah menjalani perawatan ortodontik. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi berapa lama seseorang perlu memakai retainer mereka, tetapi rekomendasi terbaik yang dapat dibuat hingga saat ini adalah “gunakan selalu retainer Anda selama Anda ingin gigi Anda tetap lurus.”

Manfaat Penggunaan Retainer

dokter gigi bandungTerlepas dari apakah Anda barus saja menyelesaiakan perawatan dengan kawat gigi tradisional atau Invisalign, Anda masih perlu mengenakan retainer untuk mempertahankan hasil yang telah dicapai melalui perawatan ortodontik. Tanpa usaha yang konsisten selama sisa hidup Anda, Anda berisiko kehilangan gigi Anda kembali ke posisi pra-ortodontik.

Cara sederhana untuk memahami mengapa hal ini terjadi adalah menganggap gigi Anda memiliki ingatan sendiri. Biasanya, dibutuhkan sekitar satu tahun untuk gigi menjadi stabil di posisi baru mereka. Selama periode ini, gigi Anda kemungkinan besar akan kembali ke posisi semula karena tulang belum sepenuhnya terbentuk di sekitar posisi baru mereka untuk menjaga kestabilannya. Retainer membantu melatih gigi untuk tetap pada posisi ideal baru saat proses ini berlangsung.

Timeline Penggunaan Retainer

Untuk 3-6 bulan pertama seetelah Anda menyelesaikan perawatan dengan menggunaan kawat gigi , Anda harus berusaha untuk selalu mengenakan retainer Anda selama 22 jam / hari. Ketika ortodontis Anda merasa yakin bahwa Anda telah mencapai stabilitas, mereka akan memberi Anda lampu hijau untuk beralih ke penggunaan selama malam hari saja. Anda harus terus mengenakan retainer Anda setiap malam sampai Anda telah menggunakannya selama sekitar satu tahun. Setelah satu tahun berlalu, Anda harus tetap mengenakan retainer setiap malam selama sisa hidup untuk menjaga hasil dari perawatan sebelumnya.

Jika Anda merasa bahwa retainer Anda terasa kencang, Anda harus melanjutkan untuk memakainya setiap malam sampai retainer sedikit melonggar ke posisi yang lebih nyaman. Seiring bertambahnya usia, gigi akan mulai bergeser ke depan secara alami. Proses ini tidak terjadi secara instan, tetapi seiring waktu proses ini dapat memiliki efek nyata pada senyum. Mengenakan retainer Anda secara teratur akan membantu mencegah hal ini terjadi.