Beragam Varian Alat yang Digunakan dalam Perawatan Myofunctional

Beragam Varian Alat yang Digunakan dalam Perawatan Myofunctional

Global Estetik – Sama dengan artikel yang sebelumnya, kita masih membahas informasi seputar perawatan dan alat myofunctional. Sekarang ini akan di bahas lebih spesifik tentang alat-alat myofunctional seperti bionator, activator, dan frankle appliance. Bionator ? Aktivator ? Frankle Appliance ? Apa itu ? Yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang alat myofunctional bisa langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Bionator

Perawatan Myofunctional- Global Estetik Dental Care
Perawatan Myofunctional- Global Estetik Dental Care

Alat myofunctional yang pertama yaitu Bionator. Bionator merupakan salah satu alat orthodontic yang memiliki fungsi untuk mengoreksi perbedaan skeletal antreposterior antara maksilla dan mandibula. Selain itu, bionator juga digunakan untuk memperbaiki gigi insif menjadi normal, mengubah posisi mandibula sehingga posisi lidah akan lebih baik, memperbesar rongga mulut, dan juga memperbaiki rahang. Bionator sendiri memiliki beberapa jenis yaitu :

  1. Open Bite yang memudahkan pergerakan secara vertical dari gigi posterior serta mempertahankan posisi gigi anterior.
  2. Close Bite yang digunakan untuk menutup gigitan pada gigi posterior.
  3. Maintain Bite yang berfungsi untuk merubah posisi mandibula menjadi lebih ke depan dengan mempertahankan dimensi vertical yang ada.
Activator

Activator termasuk salah satu alat myofunctional. Alat ini mampu menghasilkan daya orthodonti dan orthopedic. Daya orthodonti yang di maksud yakni daya untuk menggerakkan gigi dengan arah sagital, vertical maupun transfersal. Sedangkan daya orthopedic merupakan suatu daya yang bisa mempengaruhi susunan kraniofacial. Selain itu, daya orthopedic juga bisa mempengaruhi pertumbuhan mandibula serta menghambat pertumbuhan maksila.

Perawatan Myofunctional- Global Estetik Dental Care
Perawatan Myofunctional- Global Estetik Dental Care

Activator memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Alat ini bekerja dengan cara merangsang aktivitas dari otot-otot pengunyah. Lalu, menyalurkan, mengubah, atau bisa juga mengarahkan daya alami tersebut ke daerah di sekitarnya, contohnya seperti jaringan periodontal, tulang alveolar, serta sendi temporo mandibula.

Frankel Appliance

Frankel Appliance sendiri sebenarnya adalah sebuah lapisan yang terdapat di vestibulum mulut. Perlu di ingat bahwa Frankel Appliance tidak dapat berhubungan dengan seluruh system dento alveolar yang belum bertumbuh. Elemen kawat pada Frankel Appliance nantinya akan menghubungkan pelindung lateral dengan lapisan bibir dan juga berfungsi sebagai pedoman, stabilisasi, serta factor pencetus refleks. Tertarik mencoba perawatan myofunctional ? Segera kunjungi dokter gigi pilihan Anda untuk mendapatkan beragam perawatan myofunctional yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat