Mencari Benang Merah Penyakit Periodontal dan Diabetes

periodontal dan diabetes

Mencari Benang Merah Penyakit Periodontal dan Diabetes

Global Estetik – Meski penyakit periodontal biasanya diisolasi dalam rentang mulut, efeknya jauh dari sini: penelitian mulai mengungkap hubungan antara kesehatan periodontal dan diabetes serta kesehatan umum. Faktor-faktor risiko yang diketahui untuk penyakit periodontal termasuk merokok dan diabetes.

Penyakit periodontal (peri-sekitar, odont-gigi), atau penyakit gusi seperti yang biasa disebut, sebenarnya adalah sekelompok penyakit yang disebabkan oleh plak gigi (bakteri) – biofilm yang bertumpuk antara gigi dan gusi tanpa adanya proses kebersihan mulut efektif setiap hari. Hasil akhirnya adalah penghancuran jaringan periodontal yang meliputi gingivitis (radang gusi) dan periodontitis (kehilangan tulang dan struktur periodontal di sekitarnya).

Hampir semua orang akan menderita radang gusi tanpa adanya kebersihan mulut yang baik; Namun, hanya sekitar 10-15% orang yang terus mengembangkan penyakit periodontal yang lebih lanjut ini dan akhirnay kehilangan tulang pendukung dan kehilangan gigi.

Sistem Kekebalan Tubuh vs Periodontal dan Diabetes

Sistem kekebalan adalah cara tubuh melindungi diri terhadap penyakit. Sistem ini terdiri dari sistem pengenalan dan respons kompleks terhadap bakteri atau organisme patogen (penyebab penyakit) lainnya. Umumnya, setelah dikenali, antibodi spesifik untuk organisme akan memungkinkan respons yang lebih cepat di masa depan.

Sistem kekebalan tubuh merespon dengan berbagai cara terhadap bakteri yang berbeda dalam plak gigi. Interaksi yang sangat kompleks ini memunculkan berbagai pola penyakit, tergantung pada bakteri mana yang terlibat dan komponen sistem kekebalan mana yang diaktifkan.

Diabetes juga menghasilkan perubahan fungsi sel-sel kekebalan yang bertanggung jawab untuk respon inflamasi normal dan penyembuhan luka. Karena sistem kekebalan tubuh telah dikompromikan pada diabetes, masalah ini juga dapat memengaruhi keparahan pada penyakit periodontal dan diabetes.

Salah satu respons tubuh utama yang dimediasi oleh sistem kekebalan adalah peradangan. Peradangan sebenarnya adalah sistem imun yang sedang bekerja, berusaha mengisolasi penyakit dan mencegah penyebaran ke bagian lain dari tubuh dan memperbaiki efek penyakit.

Sel pertahanan dan produknya menyingkirkan bakteri patogen (penyebab penyakit) dan jaringan yang rusak dengan proses perbaikan yang terjadi selama penyembuhan luka. Sayangnya, sistem kekebalan tubuh dapat terhambat oleh sejumlah faktor, faktor keturunan menjadi salah satu yang paling kritis. Kelompok orang tertentu membawa gen yang mungkin membuat mereka rentan terhadap penyakit peradangan periodontal dan beberapa lainnya diabetes.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat