BEHEL TRANSPARAN BOGOR

Behel transparan bogor

Behel transparan bogor

Yuk Simak!

globalestetik.com – Bagi Anda yang ingin memakai behel atau kawat gigi, mungkin saja bisa mempertimbangkan untuk memakai behel yang transparan. Behel gigi disebut juga dengan dental braces atau orthodontic braces, adalah alat yang dipakai untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi.

Selain untuk alasan kesehatan, sebagian besar orang memakai behel untuk tujuan meningkatkan penampilan dan mendapatkan garis senyum yang indah. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa percaya diri seseorang. Behel sendiri memiliki banyak jenisnya Salah satunya yaitu behel transparan. Kali ini kita akan bahas beberapa info tentang behel transparan.

Jenis behel gigi

Behel transparan bogor – Behel transparan yaitu behel yang warnanya menyerupai warna gigi, sehingga Anda tidak akan terlihat seperti sedang memakai kawat gigi dan senyuman juga bisa terlihat lebih natural. Behel jenis ini cocok dipakai untuk Anda yang tidak terlalu suka tampilan kawat gigi biasa dari metal. Behel transparan memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Behel ceramic

Behel ini terbuat dari bahan keramik yang berwarna putih gading atau putih susu, menyerupai warna lapisan terluar gigi yang disebut dengan enamel. Kawat gigi jenis ini mempunyai fungsi yang sama dengan kawat gigi biasa, namun secara estetika dianggap jauh lebih baik.

Behel keramik tetap memiliki kawat dan karet yang dipakai untuk mendorong gigi. Namun biasanya dokter akan memilih kawat yang warnanya lebih terang dan karet yang berwarna putih gading atau transparan sehingga tidak berbeda dengan warna permukaan gigi. Kelebihan dari jenis ini yaitu terletak pada sisi estetika. Sementara itu kekurangannya, behel jenis ini cenderung lebih rapuh dan mudah rusak dibanding dengan behel yang terbuat dari bahan metal.

  • Behel sapphire

Dalam hal fungsi dan cara kerja, behel jenis ini tidak berbeda dari kawat gigi metal ataupun keramik. Kelebihannya dari sisi warna behel ini jauh lebih transparan sehingga lebih menyatu dengan permukaan gigi. Selain itu juga tidak seperti behel keramik yang cenderung lebih rapuh, behel jenis ini memiliki kekuatan yang hampir sama dengan behel metal sehingga tidak mudah rusak.

  • Self ligating braces

Self ligating braces merupakan jenis behel yang tidak memakai karet sebagai penahan kawat. Karena pada behel tersebut, sudah terdapat sistem buka tutup sendiri yang memungkinkan kawat untuk tetap berada pada tempatnya. Self ligating braces umumnya terbuat dari bahan metal namun ada juga yang transparan.

Behel jenis ini dapat dibilang lebih canggih apabila dibandingkan dengan behel biasa yang masih memakai kawat dan karet. Waktu perawatannya juga cenderung lebih cepat dan pasien tidak harus kontrol terlalu sering. Rasa sakit dari jenis behel ini juga lebih minimal apabila dibandingkan dengan behel konvensional.

  • Clear aligner

Clear aligner merupakan teknologi terbaru untuk merapikan gigi tanpa memakai kawat. Alat ini berbentuk seperti pelindung gigi yang sering digunakan oleh para petinju, namun jauh lebih tipis sehingga tidak membuat mulut terlihat penuh. Tidak seperti kawat gigi yang hanya dapat dipasang dan dilepas oleh dokter gigi. Jenis behel ini dapat dilepas pasang oleh pasien. Meskipun demikian, untuk memperoleh hasil yang maksimal alat ini tetap harus dipakai selama minimal 22 jam perharinya.

Dari segi estetika, jenis ini dapat dibilang paling baik diantara yang lain. Namun kekurangannya, alat ini tidak dapat dipakai untuk merapikan gigi yang berantakan yang sudah cukup parah. Selain itu juga, alat ini sangat bergantung dari kedisiplinan pasien, sehingga hasil perawatan dapat sangat berbeda. 

Keempat jenis behel yang transparan ini juga mempunyai kesamaan dari segi kekurangannya. Sebab warnanya transparan, maka jenis behel ini lebih mudah berubah warna dan terlihat bernoda jika anda sering mengonsumsi makanan yang berwarna misalnya makanan berbahan kunyit atau minuman seperti kopi.

Pada jenis clear aligner, perubahan warna ini dapat dicegah sebab anda akan dianjurkan untuk melepas alat tersebut ketika makan kemudian menggunakannya kembali setelah selesai makan. Namun langkah ini sering dianggap tidak praktis sehingga banyak pasien yang tidak mentaatinya. Apabila dilepas, Anda juga harus menggosok gigi terlebih dahulu setelah makan, dan sebelum memasangnya kembali. Jadi sisa makanan yang tertinggal tidak menyebabkan perubahan warna pada alat tersebut.

Perbedaan antara behel transparan dan retainer

Behel transparan bogor – Behel jenis clear aligner yang saat ini banyak dipilih sebab tidak mencolok dan tentunya tidak mengganggu penampilan. Namun behel transparan berbeda dengan retainer. Fungsi keduanya tentunya berbeda walaupun sama-sama berwarna transparan. 

Retainer dipakai setelah selesai perawatan gigi yang. Fungsi-fungsi retainer yaitu untuk menjaga gigi tetap di tempatnya. Terdapat dua jenis retainer yaitu yang memakai kawat menempel pada permukaan gigi dan retainer yang bisa dilepas pasang sendiri. Untuk retainer dengan menggunakan kawat hanya bisa dilepas oleh dokter gigi.

Membahas kembali mengenai behel transparan, behel ini dirancang bagi orang dewasa dan remaja namun tidak direkomendasikan apabila gigi susu masih ada. Anak-anak dan remaja rentan mengalami masalah ortodontik dan memerlukan kawat gigi logam tradisional dengan kurung atau kawat di bagian depan gigi. 

Namun hanya dokter gigi yang bisa menentukan apakah bisa mendapatkan behel transparan atau tidak. Umumnya behel transparan dipakai sekitar 22 jam dalam sehari. Oleh sebab itu, diperlukan pemeriksaan ke dokter gigi sebelum memasang behel. Lalu berapa harga dari behel transparan? Hal itu tergantung dari bahan yang dipakai untuk membuat behel itu sendiri. 

Harga behel transparan

Behel transparan bogor – Harga behel transparan dengan bahan keramik dimulai dari harga Rp 7.500.000,00. Namun harga behel transparan juga bisa mencapai belasan juta rupiah jika memiliki bahan yang berbeda. Selain itu juga harga itu belum termasuk ke dalam biaya pemasangan behel dan biaya lain yang diperlukan. Jadi anda harus menyiapkan budget yang lebih apabila ingin memasang behel transparan.

Keuntungan memakai behel transparan

Behel transparan bogor – Seberapa lama seseorang menggunakan behel tentunya disesuaikan dengan kondisi permasalahan gigi. Biasanya akan dipakai dari usia 18 hingga 25 bulan, namun juga terkadang bisa dipakai lebih lama. Apabila Anda ingin memakai behel transparan, terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat, yaitu:

  • Seperti namanya, behel transparan hampir tidak dapat terlihat. Banyak orang dewasa dan remaja menginginkan gigi yang bagus namun tidak menyukai apabila orang tahu jika mereka memakai kawat gigi. Behel transparan bisa memperbaiki struktur gigi tanpa mengurangi rasa kepercayaan diri atau senyum anda.
  • Behel transparan bisa memperbaiki berbagai kondisi gigi termasuk gigi berjejal, spasi, overbites, underbites, serta kondisi lain pada struktur gigi.
  • Keuntungan menggunakan behel transparan adalah bisa melihat perkembangan bertahap gigi yang bergeser ke tempatnya.
  • Menggunakan behel transparan dapat memudahkan untuk merawat gigi contohnya menyikat gigi dan flossing dibanding dengan menggunakan kawat gigi tradisional.
  • Pengguna behel harus rutin ke dokter gigi minimal sebulan sekali. Namun anda bisa kontrol 2 sampai 3 bulan sekali jika memakai behel transparan.

Itu tadi beberapa keuntungan menggunakan behel transparan. Namun terdapat juga kekurangan yang harus menjadi pertimbangan Anda, yaitu:

  • Apabila Anda memilih behel transparan berbahan keramik lebih rapuh dibanding dengan bahan lainnya.
  • Behel transparan berbahan keramik dianggap hanya dapat mengatasi masalah struktur gigi yang ringan sampai sedang. Apabila anda memiliki masalah gigi yang sudah parah, anda akan disarankan menggunakan behel gigi jenis lainnya.

Itu tadi beberapa hal yang harus dipahami tentang keuntungan dan kekurangan memakai behel transparan. 

Prosedur pemasangan behel transparan

Behel transparan bogor – Proses pemasangan behel transparan berbahan keramik dapat dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain:

  • Ketika konsultasi awal gigi dan gusi anda akan dinilai oleh dokter gigi.
  • Apabila terdapat masalah pada gigi atau gusi akan dilakukan pembersihan dan perawatan sebelum dilanjutkan dengan pemasangan behel.
  • Setelah perawatan yang diperlukan selesai, selanjutnya dokter gigi akan melakukan rontgen dan foto gigi untuk merencanakan perawatan.
  • Apacer juga bisa ditempatkan untuk mempersiapkan gigi yang akan dipasang behel.
  • Gigi selanjutnya akan dibersihkan dan dikeringkan untuk mempersiapkan pemasangan behel.
  • Bracket keramik dilekatkan di setiap gigi menggunakan sedikit perekat non toksik.
  • Pita logam selanjutnya ditempatkan di sekitar geraham belakang untuk menahan behel. Apabila anda merasa sakit atau tidak nyaman ketika proses berlangsung segera beritahu ke dokter.
  • Kawat lengkung akhirnya dipasang ke bracket keramik memakai karet gelang kecil atau pengikat untuk memperbaiki di tempatnya. Kemudian kawat dipotong untuk mencegah gusi dan pipi tertusuk.
  • Jadwalkan janji temu dengan dokter gigi setidaknya dalam 4 sampai 8 Minggu setelah pemasangan behel. Hal ini untuk memeriksa keadaan Anda atau memperbaiki behel jika diperlukan.

Cara merawat dan membersihkan behel transparan

Behel transparan bogor – Tidak seperti kawat gigi tradisional behel transparan ini dapat dilepas pasang ketika makan dan sikat gigi. Oleh sebab itu penting untuk dijaga kebersihannya. Karena ketika dilepas, terdapat kemungkinan bakteri dan kuman untuk hadir dan menumpuk. Berikut ini cara yang mudah untuk merawat dan membersihkannya, yaitu:

  • Menghindari minuman yang berwarna

Karena dibuat dari bahan dasar plastik dan terdapat pori-pori yang terbuka dalam susunan clear aligner, sangat penting untuk menghindari minuman yang berwarna ketika menggunakannya. Karena pewarna minuman bisa menimbulkan perubahan warna pada clear aligner yang transparan menjadi kekuningan.

  • Teratur membersihkan dengan obat antiseptik

Ketika tidak dipakai yaitu saat makan dan sikat gigi, jangan lupa untuk membersihkan clear aligner. Hal ini harus dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan setelah digunakan lebih dari 20 jam di mulut. Caranya cukup mudah yaitu anda bisa menyikat ataupun merendamnya di dalam cairan antiseptik.

  • Menyimpan di tempat yang kering

Setelah membersihkan clear aligner, pastikan bahwa air di sekitar alat tersebut sudah kering atau terserap oleh handuk atau tisu. Setelah itu jangan lupa simpanlah clear aligner di tempat yang kering. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya kuman dan bakteri yang disebabkan oleh kelembaban. Selain itu juga, clear aligner yang kering juga bisa menjaganya dari terbentuknya noda dan butiran air yang tersisa.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, 

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof