BEHEL GIGI BOGOR DEPOK

 

 

Behel Gigi Bogor Depok – Behel gigi atau yang sering kita sebut dengan kawat gigi, sudah tidak asing lagi kita dengar. Tidak hanya sebagai perawatan medis, behel gigi juga acap kali digunakan untuk fashion atau kecantikan. Pada dasarnya, penggunakan behel gigi juga untuk estetika dan memperbaiki struktur gigi. Behel gigi merupakan upaya ortodontis untuk memperbaiki struktur rahang dan gigi agar dapat mengunyah dengan baik dan dapat tersenyum dengan indah.

 

behel gigi bogor depok

behel gigi bogor depok

 

Behel Gigi Bogor DepokSebelum memutuskan untuk memasang behel atau kawat gigi, pertimbangkan dengan matang keputusan tersebut. Sebelum itu mari kita kenali dulu manfaat penggunaa kawat gigi atau behel.

Manfaat penggunaan behel gigi

Behel Gigi Bogor DepokBehel gigi digunakan untuk memperbaiki struktur gigi dan rahang dengan menggunakan alat berbasis kawat. Adapun berbagai manfaat atau kelebihan dari penggunaan behel gigi:

  • Kesehatan gigi akan meningkat, dengan penggunaan behel yang berfungsi untuk merapikan struktur gigi, tentu saja hal ini dapat meningkatkan kesehatan gigi karena tidak akan ada lagi plak sisa makanan yang sulit dibersihkan yang menyebabkan berkembangnya bakteri yang dapat menjadikan gigi berlubang atau infeksi pada gusi. Selain itu, penggunaan behel juga dapat mencegah terjadinya gigi menonjol kedepan karena pola gigitan yang tidak rata.
  • Memiliki senyum yang indah adalah manfaat lain dari penggunaan behel. Setelah penggunaan behel, gigi yang tidak rata diperbaiki akhirnya memiliki gigi yang rata dan senyum yang indah.
  • Memiliki kepercayaan diri, manfaat yang paling berpengaruh dalam penggunaan behel gigi adalah peningkatan percaya diri setelah penggunaan behel selesai.

Kapan kita bisa melakukan perawatan behel gigi?

Pada umumnya behel bisa dipasang setelah gigi susu sudah semuanya tanggal, biasanya pada umur 7 tahun sudah mulai bisa berkonsultasi dengan dokter gigi. Akan tetapi bukan untuk pemasangan behel, tetapi lebih kepada melihat bagaimana pertumbuhan gigi pada anak tersebut, apakah perlu perawatan behel atau tidak. Gigi permanen biasanya akan tumbuh pada usia 8-14 tahun, nah pada saat inilah perawatan pemasangan behel gigi bisa dilakukan. Sebenarnya, tidak ada waktu yang tepat untuk pemasangan behel gigi, tergantung pada kondisi atau masalah pada gigi anda. Juga tergantung pada tingkat keparahannya, karena ada juga yang sudah memasang behel sejak usia 6 tahun.

Bagaimana pemasangan behel itu dilakukan?

Biasanya anda akan diminta untuk melakukan rontgen gigi terlebih dahulu, kemudian menyerahkan hasil rontgen kepada doktek untuk dipelajari. Sebelum behel gigi dipasang pada permukaan gigi, permukaan gigi anda akan terlebih dahulu dibersihkan, dihaluskan, dan dikeringkan. Hal ini bertujuan agar behel gigi dapat melekat dengan baik dan kuat.

Baca Juga :  Bahaya Pemutihan Gigi Ilegal bagi Kesehatan Jiwa Pasien

Kemudian bahan perekat berupa resin komposit yang senada warnanya dengan gigi akan diletakkan pada permukaan gigi anda. Setelahnya, dokter akan mempersiapkan kawat gigi untuk anda.

Bracket pada behel gigi juga akan diberi bahan perekat, lalu dilekatkan pada gigi yang telah ditentukan sebelumnya. Bracket berfungsi sebagai “jangkar” bagi behel gigi.

Langkah selanjutnya, dokter akan membersihkan sisa bahan perekat pada gigi. Kemudian, gigi dan behel gigi disinari dengan cahaya yang berkekuatan tinggi agar keduanya menempel kuat dan tidak mudah copot.

Proses pemasangan behel gigi ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit, tergantung masalah dan tingkat keparahan kondisi pada gigi anda.

 

behel gigi di bogor depok

behel gigi di bogor depok

 

Apa yang perlu diketahui sebelum memasang behel gigi?

Sebelum memutuskan untuk memasang behel gigi, anda perlu mengetahui hal-hal yang penting ini, selain anda akan kesulitan mengunyah makanan dalam beberapa minggu karena tekanan dari kawat behel yang anda pasang. Ada beberapa yang harus anda ketahui lainnya, diantaranya:

  1. Perawatan behel gigi lumayan memakan waktu yang lama, sekitar 2 tahun. Pada umumnya, orang memakai behel gigi selama dua tahun bahkan ada yang lebih. Karena durasi pemakaian behel bisa berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi dan masalah pada gigi orang tersebut. Jika anda ternyata mengalami kelainan dentoskeletal, seperti sulit mengigit atau gangguan pada sendi temporomandibular (TMJ), dokter biasanya akan melakukan prosedur bedah mulut terlebih dahulu. Operasi ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan pada wajah dan fungsi mulut anda. Namun, prosedur seperti ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan pemulihannya akan lebih lama.
  2. Usahakan untuk tidak berpindah dokter. Lamanya durasi pada perawatan behel gigi membuat anda berisiko tinggi untuk ganti dokter gigi. Sebelum itu terjadi, pertimbangkan dulu untuk rutin kontrol ke dokter gigi yang sama sejak awal dalam jangka panjang. Sebagian besar dokter gigi mungkin tidak akan keberatan untuk melanjutkan perawatan yang sudah anda jalani bersama dokter sebelumnya di awal. Namun, ada pula beberapa dokter gigi yang mewajibkan untuk memulai terapi lagi dari awal pertama. Ini tentu membuat proses pasang behel gigi memakan biaya sampai dua kali lipat yang artinya tidak murah.
  3. Behel plastik atau behel transparan belum tentu baik untuk anda. Nah, banyak pasien terutama anak-anak dan remaja, menginginkan untuk memakai behel plastik transparan. Namun, tidak semua pasien dianjurkan untuk memakai jenis behel ini. Sebaiknya anda mengikuti saran dokter gigi anda daripada memaksakan kehendak pakai behel plastik yang transparan. Pasalnya, bila dipaksakan untuk itu, penggunaan behel plastik mungkin jadi tidak maksimal. Bahkan anda harus kembali ke jenis behel yang sesuai dengan kebutuhan pada gigi Anda.
  4. Rasa nyeri itu wajar. Rasa sakit atau nyeri saat dan setelah pemasangan behel gigi mungkin menghantui pikiran anda. Bagaimanapun juga, anda pasti akan merasa tidak nyaman dengan adanya kawat gigi baru di gigi. Bahkan proses pemasangan behel sendiri dapat menimbulkan rasa sakit nyut-nyutan dan rasa tidak nyaman. Efek seperti ini terasa akibat dari tekanan kawat untuk memperbaiki atau merapikan gigi anda. Dokter gigi biasanya akan memberikan resep obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit anda. Rasa sakit dan tidak nyaman ini akan berangsur hilang dalam beberapa minggu setelah pemasangan. Anda pun akan mulai merasa nyaman menggunakan behel gigi setelahnya.
Baca Juga :  Apa Benar Makan Cemilan Tengah Malam Bisa Jadi Penyebab Kerusakan Gigi ? - Part 1

 

Setelah pemasangan behel, apakah gigi bisa kembali seperti semula?

Setalah perawatan behel gigi sudah selesai ada kemungkinan gigi bisa kembali seperti semula jika anda tidak mengikuti petunjuk dari dokter gigi dengan hati-hati setelah kawat gigi anda dilepas. Bahkan ada resiko-resiko yang akan ditanggung jika anda tidak menghiraukan anjuran dari dokter. Terutama jika anda tidak mengikuti anjuran dari dokter untuk memakai retainer, anda mungkin akan kehilangan beberapa perbaikan yang sudah diperoleh selama anda memakai behel gigi. Gigi anda bisa kembali berantakan jika anjuran perawatan setelah behel dilepas tidak diikuti dengan baik. Jadi pertimbangkan dengan baik jika anda ingin memakai perawatan behel gigi dan perhatikan juga perawatan setelah behel tersebut sudah dilepas.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

 

Dan

 

Global Estetik Cabang Depok

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

 

Penulis oleh Drg. Arnof