Beberapa Mitos dan Kesalahpahaman tentang Nutrisi

dokter gigi bandung

Beberapa Mitos dan Kesalahpahaman tentang Nutrisi

Global Estetik –  Berikut adalah beberapa “mitos” populer tentang nutrisi yang baik dan praktik diet, berikut fakta-faktanya:

Mitos: Anak-anak memiliki “lemak bayi” tetapi mereka akan kehilangan lemaknya seiring bertambahnya usia.
Fakta: Saat ini, diperkirakan 65,2 persen orang dewasa, usia 20 tahun ke atas, dan 15 persen anak-anak dan remaja menderita kelebihan berat badan – dan 30,5 persen diantaranya mengalami obesitas.

Mitos: Genetika menyebabkan obesitas.
Fakta: Meskipun 25-70 persen dari perbedaan berat badan antara individu mungkin terkait dengan genetika, faktor genetika hanya mempengaruhi individu untuk obesitas – mereka tidak menyebabkan obesitas.

Mitos: Manusia pada umumnya merika tidak mendapatkan cukup protein.
Fakta: Kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak protein daripada yang sebenarnya mereka butuhkan. Terlalu banyak protein justru bisa berbahaya dengan memberi tekanan pada ginjal.

dokter gigi bandungMitos: Menjadi gemuk tidak akan membunuhmu.
Fakta: Obesitas adalah penyebab utama kedua kematian. Sebanyak 47 juta orang mungkin menunjukkan masalah  kondisi medis (“sindrom metabolik” atau “Sindrom X”) yang ditandai dengan resistensi pada insulin dan obesitas, lemak perut berlebih, gula darah tinggi dan trigliserida, tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Mitos: Lemak berdampak buruk dan harus dihilangkan dari diet.
Fakta: Tubuh membutuhkan lemak. Namun, jumlah total lemak dan jenis lemak itulah yang penting. Ada hubungan kuat antara makanan “lemak jenuh” (sebagian besar lemak hewani) dan lemak trans yang ditemukan dalam banyak makanan olahan pada penyakit jantung koroner.

Pengganti yang paling efektif untuk asam lemak jenuh (dan lemak trans) adalah dengan minyak nabati tak jenuh ganda seperti minyak zaitun dan lemak Omega 3 yang ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon dan sarden. Lemak omega 6 juga penting dan ditemukan dalam kacang-kacangan, telur dan unggas yang tumbuh secara alami. Konsumsi lemak jenis ini akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan meningkatkan high density lipoprotein (HDL), kolesterol baik.

Mitos: Permen tidak bisa membuat Anda gemuk.
Fakta: Setiap makanan yang menyediakan kalori dapat disimpan sebagai lemak tubuh dan berkontribusi terhadap kenaikan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar daripada yang bisa dikonsumsi tubuh.

Mitos: Gula buruk untuk gigi Anda dan bukan kesehatan Anda.
Fakta: Kita terbiasa mengkonsumsi gula lebih banyak dari yang disarankan sehari yakni 10 sendok teh. Setiap kelebihan gula yang dikonsumsi akan dikonversi menjadi lemak.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat