Bau Nafas Balita Saya Sangat Tidak Enak, Mengapa Bisa ?

Bau Nafas Balita Saya Sangat Tidak Enak, Mengapa Bisa ?

Global Estetik – Anda melihat sang buah hati bermain dengan tenang dengan mainan favorit, dan anda dipenuhi dengan cinta untuk anak yang manis, baik hati dan sangat berharga. Anda membungkuk untuk mencium pipi mereka dan … anda benar-benar tersentak oleh napasnya yang sangat tidak enak.

Bau Nafas Balita Saya Sangat Tidak Enak- Global Estetik Dental Care
Bau Nafas Balita Saya Sangat Tidak Enak- Global Estetik Dental Care

Apa yang anak ini lakukan mengapa baunya sangat buruk ? Bagaimana mungkin malaikat anda yang tidak bersalah memiliki bau mengerikan yang berasal dari mulut mungil mereka? Dan apa yang bisa anda lakukan?

Yakinlah, anda tidak sendiri. Bau mulut (halitosis) biasa terjadi pada balita, namun tidak ada alasan tunggal untuk hal ini. Halitosis dapat disebabkan oleh banyak masalah yang berbeda.

Mulut manusia pada dasarnya adalah petri penuh dengan bakteri. Kebanyakan ahli berpikir bahwa bau busuk halitosis disebabkan oleh produk metabolisme bakteri seperti belerang, asam lemak volatil, dan zat kimia lainnya seperti putresin dan kadaverine .

Sumber utama bakteri ini adalah lidah, terutama lidah yang sangat dilapisi. Kuman ini juga ditemukan antara gigi dan gusi (daerah periodontal).

Treatment

Menyikat atau scraping lidah, terutama paruh belakang lidah, telah terbukti membantu mengurangi halitosis pada orang dewasa, meskipun tidak ada penelitian tentang balita yang telah dilakukan. Tapi ini tentunya pengobatan bebas risiko yang bisa anda coba di rumah.

Obat kumur, terutama yang mengandung senyawa zinc, juga telah terbukti mengurangi halitosis pada orang dewasa. Tapi sekali lagi, tidak ada penelitian yang dilakukan pada balita, yang mungkin tidak bisa mengisap dan meludahkan obat kumur.

Halitosis Akibat Masalah di Hidung

Sinusitis kronis telah terbukti menjadi penyebab umum bau mulut pada balita. Anak-anak ini hampir selalu memiliki tanda atau gejala lain seperti pilek, batuk, penyumbatan hidung, atau nyeri di wajah.

Selain itu, benda asing menempel di hidung, seperti manik-manik atau makanan, biasa terjadi pada kelompok usia ini, dan bisa menyebabkan bau nafas. Bila begini, anak biasanya juga berbau busuk, dan sering keluar cairah hijau dari hidung. Dalam kasus ini, bau yang dihasilkan sangat luar biasa, dan akan semakin parah dengan cepat.

Treatment

Bau Nafas Balita Saya Sangat Tidak Enak- Global Estetik Dental Care
Bau Nafas Balita Saya Sangat Tidak Enak- Global Estetik Dental Care

Jika anda menduga sang buah hati menderita sinusitis dan ini cukup baru terjadi, anda dapat mencoba menunggunya. Banyak infeksi sinus disebabkan oleh virus. Mintalah anak minum banyak air dan meniup hidung mereka bisa membantu. Tapi jika anda sudah mencoba metode ini tanpa manfaat, maka segera temui dokter anak pilihan anda. Terkadang antibiotik diperlukan untuk mengatasi sinusitis kronis.

Jika anda mencurigai benda asing di hidung anak, maka hubungi dokter anak segera. Pada saat sampai ke titik napas berbau busuk dan pelepasan lendir hijau, benda itu sekarang mungkin dikelilingi oleh jaringan hidung yang membengkak dan mungkin sulit dikenali di rumah. Dokter anak mungkin bisa membuangnya di klinik atau merujuk anda ke tempat lain.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat