Balada Dental Emergency dan Cara Menanganinya – Part 1

klinik gigi bandung

Balada Dental Emergency dan Cara Menanganinya – Part 1

Global Estetik – Keadaan dental emergency bisa terjadi akibat banyak hal dan karena sifatnya yang emergency terkadang potensi kejadian hal ini tidak dapat diprediksi. Itulah mengapa dokter gigi menyarankan Anda untuk menggunakan mouth guard ketika terlibat dalam olahraga dengan tipikal kontak fisik yang biasanya kerap menjadi alasan dibalik munculnya kondisi dental emergency ini. Namun olahraga tidak selalu menjadi alasan utama dibalik kondisi ini, memakan makanan yang terlalu keras, atau terjatuh saat sedang trekking di gunung terdekat juga bisa menjadi penyebab Anda berada di dalam kondisi ini. Ada banyak tipikal kondisi yang disebut dengan dental emergency ini dan mengetahui jenisnya akan mempermudah Anda dan dokter gigi pilihan Anda untuk menyiapkan solusi terbaik.

Retakan Kecil
Retakan di permukaan, yang disebut sebagai craze lines, hanya memengaruhi enamel gigi. Retakan ini jarang membutuhkan perawatan namun dokter gigi Anda mungkin akan sedikit memoles daerah tersebut untuk menghaluskannya.

klinik gigi jakartaPatah
Untuk masalah ini, dokter gigi Anda akan menyarankan untuk memperbaiki kerusakan dengan bahan pengisi atau tambalan untuk mencegahnya menjadi lebih buruk atau untuk membuat gigi terlihat dan terasa lebih baik.

Kerusakan Permukaan (cusp)
Cusp adalah permukaan mengunyah yang runcing dari gigi. Gigi taring memiliki satu puncak gigi tunggal, sementara gigi premolar masing-masing memiliki dua dan molar biasanya memiliki empat atau lima. Kerusakan permukana ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit terlalu banyak. Namun, untuk mengembalikan struktur gigi diperlukan onlay atau mahkota.

Keretakan Gigi
Jenis dental emergenci ini biasanya melibatkan seluruh struktur gigi dari permukaan ke saraf. Masalah ini mungkin memerlukan beberapa opsi perbaikan yang berbeda. Pilihan pertama adalah memperbaikinya dengan bahan tambalan namun sangat jarang kondisi ini dapat diselesaikan dengan tindakan ini. Sering kali gigi membutuhkan mahkota untuk mencegah retakannya memburuk. Jika pulpa – saraf dan jaringan penghubung hidup lainnya – rusak, Anda mungkin perlu saluran akar bersamaan dengan pemasangan mahkota.

Kerusakan akibat Induksi Rongga
Dalam hal ini gigi menjadi rusak karena rongga melemahkannya dari dalam ke luar. Dalam beberapa kasus pembusukan mungkin telah menyebar begitu luas hingga mencapai ke tulang. Jika ini masalahnya, pada sebagian kasus, gigi harus dicabut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat