Bahayanya Dampak Penggunaan Antibiotik – Sejarah Antibiotik

dokter gigi depok

Bahayanya Dampak Penggunaan Antibiotik – Sejarah Antibiotik

Global Estetik – Telah didokumentasikan dengan baik dalam berita dalam beberapa tahun terakhir bahwa di seluruh dunia kita menghadapi masalah serius dalam hal resistensi terhadap antibiotik terutama pada tubuh manusia. Masaah ini berpotensi memiliki implikasi serius pada kesejahteraan seluruh umat manusia dalam beberapa dekade mendatang, dan langkah-langkah tegas diambil di seluruh dunia untuk mencoba dan mengatasi masalah serius ini dan membatasi efek yang telah terbangun selama beberapa dekade terakhir.

Untuk memahami masalah ini secara keseluruhan, kita perlu mengambil langkah mundur dan melihat apa antibiotik itu. Antibiotik adalah obat-obatan farmasi yang digunakan dalam pengobatan dan pencegahan infeksi bakteri. Penggunaannya telah tersebar luas sejak 1930-an di seluruh dunia dalam pengobatan infeksi.

Namun, penggunaan zat mirip antibiotik adalah praktik yang jauh lebih tua yang berasal dari Mesir kuno, Yunani, dan Mesopotamia yang menggunakan cetakan dan ekstrak bahan tanaman pilihan untuk mengobati infeksi. Mold dan ekstraksi tanaman ini tampaknya memiliki sifat anti-bakteri yang membantu melawan infeksi walaupun tidak terlalu efektif.

Penelitian pada akhir abad ke-19 oleh para ilmuwan seperti Sir William Roberts, John Tyndall dan Louis Pasteur, mengamati bahwa beberapa jenis kultur jamur seperti Penicillium Glaucum tidak menampilkan semua jenis kontaminasi bakteri, dan jamur tersebut tampaknya membantu menjaga zat apa pun tetap bebas bakteri ketika ditempatkan berdekatan dengan mold.

Pada tahun 1928 terobosan terbaik muncul dengan penemuan Penicillin oleh Sir Alexander Fleming. Sir Fleming menyadari potensi penisilin dalam memerangi infeksi dan setelah menunjukkan penggunaannya, dan hasil yang luar biasa yang dicapai oleh Penisilin G-nya, ia diberikan gelar bangsawan pada tahun 1944 untuk pencapaian ilmiahnya. Hadiah Nobel datang pada tahun 1945. Sejak itu berbagai jenis antibiotik telah diproduksi dan digunakan dan telah membantu bersama dengan vaksinasi untuk memberantas banyak penyakit mematikan di seluruh dunia.

Tipe Antibiotik

Bakteri bervariasi dalam bentuk, ukuran, habitat yang diduduki dan aksi. Beberapa memilih kondisi yang memiliki lebih banyak oksigen untuk berkembang, yang lain lebih suka kekurangan oksigen. Mereka juga berinteraksi dengan tubuh inang dengan cara yang berbeda dan oleh karena itu penting bagi dokter untuk mencoba untuk mengobati setiap infeksi bakteri individu sesuai dengan jenis bakteri yang telah menyebabkan infeksi.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat