Bahaya Pasta Gigi dengan Bahan Plastik Micro – Part 1

klinik gigi bandung

Bahaya Pasta Gigi dengan Bahan Plastik Micro – Part 1

Global Estetik – Selama 10 tahun terakhir, produk perawatan pribadi yang mengandung manik-manik plastik micro telah tumbuh secara dramatis dalam popularitas. Meskipun produk ini disetujui oleh oleh banyak regulator makanan dan obat di dunia – termasuk Indonesia – sebagian besar konsumen bahkan tidak menyadari bahwa mereka menggunakan produk dengan plastik di dalamnya. Mereka juga tidak menyadari efek dari plastik dalam bentuk micro ini pada tubuh maupun lingkungan mereka.

Plastik Micro dalam Pasta Gigi

Beberapa perusahaan pembuat pasta gigi di Amerika Serikta seperti Crest, telah menambahkan bahan dengan nama polietilena ke pasta gigi mereka semata-mata untuk tujuan dekoratif. Bahan ini bahkan tidak memberi manfaat kesehatan apapun namun perusahaan pembuat pasta gigi terus memasukkan mereka dalam formula pasta gigi mereka meskipun kekhawatiran yang berkembang dari para ahli kebersihan gigi dan lingkungan di seluruh dunia.

dokter gigi bandungPara dokter dan praktisi kesehatan gigi mulai memperhatikan kemunculan bahan ini sejak lama namun baru booming setahun yang lalu. Mereka mulai menemukan potongan-potongan kecil plastik berwarna biru yang masuk ke gusi pasien dan tidak yakin dengan komposisi benda asing tersebut. Pasien menyatakan mereka tidak makan sesuatu yang tidak biasa namun partikel biru dalam bentuk super kecil ini terus muncul selama kunjungan rutin. Setelah penelitian lebih lanjut, ditemukan bahwa partikel biru tersebut adalah polietilena beads.

Selain masalah lingkungan yang sering menjadi momok bagi polietilena, partikel senyawa plastik ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mulut manusia. Setiap kali ada sesuatu yang masuk ke jaringan gusi, ruang baru akan memberi jalan bagi bakteri berbahaya untuk tumbuh. Seiring waktu, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi, masalah periodontal dan bahkan berpotensi menjadi penyakit gusi dalam kadar yang parah. Karena alasan inilah dokter gigi dan ahli kesehatan gigi akan mencegah penggunaan pasta gigi dengan manik-manik polietilen yang sangat berbahaya ini.

Di Indonesia sendiri, belum ada laporan tentang perkembangan jenis pasta gigi ini, namun itu bukan berarti bahwa tidak ada masalah dengan pasta gigi yang Anda gunakan saat ini. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari perawatan rutin di rumah setiap harinya, selalu konsultasikan dengan dokter gigi pilihan Anda jika ingin mengganti ke pasta gigi yang baru. Dokter-dokter di Global Estetik akan membantu Anda untuk memilih pasta gigi yang terbaik untuk hasil terbaik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat