Global Estetik – Tahukah Anda bahwa sebenarnya penggunaan bracket behel atau kawat gigi memiliki efek samping yang bisa saja membahayakan kesehatan terutama kesehatan gigi dan mulut misalnya pada bahaya behel gigi untuk ibu hamil.

Bahaya akan semakin diperparah bila sampai menelan masuk bracket behel ke dalam tubuh secara tidak sengaja. Fenomena seperti ini memang jarang terjadi, namun bisa saja terjadi karena ada bracket behel yang lepas atau dalam penggunaan behel hanya untuk gaya.

Adapun bahaya yang bisa saja timbul karena penggunaan bracket behel atau kawat gigi yang tanpa sengaja tertelan masuk ke dalam tubuh, antara lain sebagai berikut ini :

Bahaya Behel Gigi

Sakit Perut

bahaya behel gigiMenelan bracket behel gigi beresiko menyebabkan perut terasa sakit, seperti teriris, kembung, BAB berdarah dan juga ludah berdarah. Hal ini mungkin saja terjadi apabila bracket behel atau kawat gigi yang tertelan sudah menimbulkan luka dan iritasi di bagian dalam tubuh, dimana bracket behel tersebut tidak bisa keluar bersamaan dengan kotoran atau tinja ketika melakukan buang air besar. Sehingga apabila sudah demikian, maka tidak ada jalan lain selain melakukan operasi pembedahan untuk mengambil bracket behel yang tertelan tersebut.

Tips Aman Menggunakan Behel Gigi

Untuk menghindari beberapa bahaya pemakaian behel gigi dan menghindari bahaya menelan bracket behel, berikut ini ada tips aman ketika menggunakan behel gigi.

Menghindari behel lepas pasang dan akan lebih baik jika menggunakan behel permanen yang hanya bisa dilepas oleh dokter gigi karena hal ini sebenarnya bisa menghindari potensi bracket untuk tertelan. Dampak lain penggunaan behel lepas pasang adalah dapat menyebabkan gusi berdarah.

Apabila memang berkeinginan memakai bracket behel atau kawat gigi, gunakanlah bahan yang baik meskipun harganya sedikit mahal. Hindari memakai behel palsu sebab banyak bahaya menggunakan behel palsu yang belum diketahui masyarakat luas. Apabila tidak sengaja menelan bracket behel atau kawat gigi, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter dan hindari potensi bahaya behel gigi yang satu ini.