[Bagian Pertama] Apa Masalah pada Gusi berhubungan dengan Penyakit Jantung ?

Global Estetik – Baru-baru ini, dokter gigi, periset, dan dokter mulai memeriksa kaitan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan. Salah satu bidang yang mereka fokuskan adalah hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung.

Penyakit gusi, juga disebut penyakit periodontal, adalah radang gusi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada gusi, gigi, dan jaringan tulang yang menahannya pada tempatnya. Penyakit jantung mengacu pada seperangkat kondisi yang luas, termasuk serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana dua kondisi ini terkait dan apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko.

Apa Hasil dari Penelitian Itu?

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian dari tahun 2014, peneliti mengamati orang-orang yang menderita penyakit gusi dan penyakit jantung. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang telah mendapat perawatan yang memadai untuk penyakit gusi mereka memiliki perawatan kardiovaskular yang 10 sampai 40 persen lebih rendah daripada orang-orang yang tidak mendapatkan perawatan mulut yang tepat. Temuan ini mendukung gagasan bahwa kesehatan gusi mempengaruhi kesehatan jantung.

Baca Juga :  Tambal Gigi Bandung
Masalah pada Gusi berhubungan dengan Penyakit Jantung- Global Estetik Dental Care
Masalah pada Gusi berhubungan dengan Penyakit Jantung- Global Estetik Dental Care

Penulis artikel review baru-baru ini mengevaluasi beberapa penelitian dan juga menyimpulkan bahwa ada hubungan antara dua kondisi tersebut. Mereka menemukan bahwa penyakit gusi meningkatkan risiko penyakit jantung seseorang sekitar 20 persen. Selanjutnya mereka menyimpulkan bahwa penelitian berkualitas lebih tinggi dibutuhkan.

Dengan bukti ini, American Dental Association dan American Heart Association telah mengakui hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Penyakit gusi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena peradangan pada gusi dan bakteri pada akhirnya dapat menyebabkan penyempitan arteri .

Penyakit gusi dan penyakit lainnya

Penyakit gusi dan kesehatan mulut mungkin terkait dengan kondisi lain, juga, seperti:

  1. Osteoporosis: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kepadatan tulang yang lebih rendah menyebabkan keropos tulang di rahang. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya gigi karena tulang yang lemah.
  2. Penyakit pernafasan: Bakteri di dalam mulut bisa berpindah ke paru-paru dan menyebabkan infeksi seperti pneumonia. Ini lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit periodontal.
  3. Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan risiko bentuk kanker tertentu, seperti ginjal, pankreas, dan kanker darah. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.
  4. Rheumatoid arthritis (RA): Penelitian awal menunjukkan hubungan antara penyakit RA dan gusi. Namun dibutuhkan lebih banyak penelitian.
Baca Juga :  Berpuasa dan Dampaknya pada Kesehatan Gusi - Part 2

Ada juga beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit gusi. Penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes berisiko tinggi terkena penyakit gusi. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan peradangan dan risiko infeksi yang lebih besar secara umum.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat