Bagaimana Dokter Gigi Dapat Membantu Mengatasi Sleep Apnea

klinik gigi depok

Global Estetik – Penderita sleep apnea ada sekitar 20 persen dari jumlah penduduk, mungkin Anda bisa jadi salah satunya. Anda mungkin pernah mendengar klinik tidur dapat membantu Anda mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat sementara dokter dapat membantu Anda menurunkan berat badan untuk meminimalkan gejala tersebut. Namun, Anda mungkin tidak menyadari dokter gigi Anda juga dapat membantu meringankan sleep apnea.

Memahami Sleep Apnea

Sleep apnea adalah kondisi kronis yang menyebabkan orang berhenti bernapas pada waktu yang berbeda sepanjang siklus tidur mereka. Ada dua tipe utama: Obstructive sleep apnea; dan sleep apnea sentral. Obstructive sleep apnea adalah bentuk paling umum dari sleep apnea. Selama gangguan pernafasan, yang disebut apnea, jaringan lunak saluran napas tersebut runtuh. Keruntuhan ini mencegah oksigen melewati jalan napas dan mencapai paru-paru.

Baca Juga :  Penyakit Gusi Tidak Hanya Berdampak Pada Kesehatan Gigi dan Mulut - Part 2
Mengatasi Sleep Apnea- Global Estetik Dental Care
Mengatasi Sleep Apnea- Global Estetik Dental Care

Selama sleep apnea, otak berhenti mengirim pesan ke tubuh untuk bernafas saat tidur. Tidak ada gangguan fisik pada saluran udara yang terjadi, meskipun tubuh merespon seolah-olah terjadi gangguan. Kedua jenis sleep apnea akan mengganggu pola tidur. Orang-orang dengan sleep apnea yang tidak diobati biasanya bangun dengan perasaan letih dan lesu. Tidak diobati, sleep apnea dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental dan fisik jangka pendek dan panjang.

Bagaimana Sleep Apnea memperngaruhi kesehatan?

Sleep apnea meningkatkan risiko beberapa keluhan kesehatan kronis lainnya. Masalah-masalah ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Sleep apnea dapat mendatangkan penyakit jantung dan gangguan mood, termasuk depresi, mania, dysthymia, dan gangguan bipolar.  Kelelahan kronis yang datang dengan sleep apnea yang tidak diobati juga dapat meningkatkan risiko cedera. Orang dengan sleep apnea yang tidak dirawat secara signifikan lebih cenderung mengalami kecelakaan di tempat kerja atau ketika mereka berada di belakang kemudi. Kecelakaan-kecelakaan ini bisa sangat fatal.

Baca Juga :  Bisakah Orang Tua Membantu Anaknya Untuk Menghindari Penggunaan Kawat Gigi

Peran Dokter Gigi dalam Perawatan Sleep Apnea

Dokter gigi dapat menjadi mitra yang berharga untuk pengobatan sleep apnea obstruktif. Setelah menerima diagnosis, janji temu dengan dokter gigi dapat membantu pasien dengan sleep apnea mempelajari lebih lanjut tentang pilihan perawatan mereka. Dokter gigi dapat merekomendasikan memakai peralatan oral. Perangkat ini dapat meringankan gejala pada pasien dengan berat badan normal dengan masalah pada sleep apnea ringan hingga sedang. Dokter gigi dapat bekerja sama dengan pasien mereka untuk memastikan peralatan oral mereka bekerja dan memperbaiki gejala yang diderita.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat