Bagaimana Cara Merawat Gigi dan Gusi Bayi ?

klinik gigi bandung cara merawat gigi dan gusi bayi

Bagaimana Cara Merawat Gigi dan Gusi Bayi ?

Global Estetik – Pertanyaan terakhir yang kerap jadi perhatian para orang tua adalah cara merawat gigi dan gusi bayi. Seperti yang kita jelaskan pada postingan sebelumnya bahwa umur 6 – 7 bulan gigi bagi akan tumbuh. Adanya pembengkakan gusi, sering menggigit-gigit sesuatu, dan sedikit lebih rewel dari biasanya merupakan tanda-tanda akan tumbuhnya gigi pada anak.

Gigi si kecil yang baru tumbuh ini disebut dengan gigi susu, sifatnya lebih lunak dari gigi sejati pada orang tua. Itulah mengapa cara merawat gigi dan gusi bayi akan sedikit berbeda dengan perawatan gigi mereka yang telah dewasa.

Cara Merawat Gigi dan Gusi Bayi

Karena sifat lunak dari gigi susu ini maka gigi bayi akan sangat mudah rusak dan menguning, untuk itu diperlukan perawatan tepat. Anak 3 tahun mungkin sudah bisa menggosok gigi sendiri atau selayaknya kita menggosok dengan sikat dan pasta gigi. Cara merawat gigi dan gusi bayi akan berbeda dengan orang tua, begitu juga dengan peralatan yang digunakan. Maka dari itu mari kita lihat cara tepat merawat gigi bayi di bawah ini:

Cara merawat gigi bayi pada usia 0-6 bulan

Meskipun gigi bayi belum tumbuh, ingat selalu untuk membersihkan gusi, pipi bagian dalam, serta lidah bayi dengan menggunakan kasa steril yang dilembabkan dengan air masak minimal dua kali sehari. Selain itu jangan biarkan bayi tidur sambil minum susu dengan menggunakan botol susunya.

Cara merawat gigi dan gusi bayi selanjutnay adalah dengan tidak menambahkan rasa manis pada susu seperti madu atau saccorit. Jangan juga lupakan untuk membersihkan empeng secara berkala. Selalu gunakan dot yang bersih saat memberikan ASI atau susu formula dengan botol susu.

Cara merawat gigi bayi pada usia 7-12 bulan

Tanyakan dokter anak atau dokter gigi apakah bayi anda mendapat cukup fluoride. Lanjutnay untuk membersihkan mulut bayi dengan kain kasa steril yang telah dilembabkan dengan air matang, minimal dua kali sehari.

Saat gigi mulai tumbuh, mulailah membersihkannya dengan menggunakan kain lembab. Bersihkan setiap permukaan gigi dan batas antara gigi dengan gusi secara seksama, karena makanan seringkali tertinggal di permukaan itu.

Saat gigi geraham bayi mulai tumbuh, mulai gunakan sikat gigi yang kecil dengan permukaan lembut dan dari bahan nilon. Jangan gunakan pasta gigi dan saat menyikat gigi bayi, dan selalu basahi sikat gigi dengan air. Setelah 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh, periksakan gigi anak anda ke dokter gigi, atau saat usia anak telah mencapai 1 tahun.

Jagalah kesehatan gigi bayi agar terhindar dari kerusakan dini. Aplikasikan cara merawat gigi dan gusi bayi yang sehat dan jangan lupa untuk berkonsultasi langsung ke Global Estetik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat