Bagaimana Bisa Kesehatan Gigi Mewakili Seluruh Kesehatan Anda?

Bagaimana Bisa Kesehatan Gigi Mewakili Seluruh Kesehatan Anda?

Global Estetik –  Semakin banyak penelitian menunjukkan korelasi langsung antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini berarti gigi yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Apa hubungannya?

Para ilmuwan berpikir bahwa ini mungkin ada hubungannya dengan bakteri. Jangan panik dulu. Banyak area di tubuh Anda seperti mulut, kulit, dan usus Anda, penuh dengan bakteri. Kecuali Anda memiliki kondisi kesehatan yang membahayakan sistem kekebalan Anda, bakteri ini tidak berbahaya.

Bakteri di mulut Anda tetap terkendali dengan menyikat gigi secara teratur, flossing dan pembersihan gigi terjadwal dengan ahli kebersihan profesional. Jika Anda melewatkan langkah-langkah penting ini, maka keadaannya akan mengarah pada kerusakan gigi dan penyakit gusi. Periodontitis adalah bentuk serius penyakit gusi yang mungkin memainkan peran dalam penyakit lain di seluruh tubuh Anda. Peningkatan bakteri memiliki efek domino pada sistem di seluruh tubuh Anda, terutama jika Anda sudah memiliki kondisi kronis seperti diabetes dan HIV / AIDS, yang menurunkan ketahanan tubuh terhadap infeksi.

Penyakit dan Kondisi terkait dengan kesehatan gigi

Kesehatan Gigi Mewakili Seluruh Kesehatan Anda- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Gigi Mewakili Seluruh Kesehatan Anda- Global Estetik Dental Care

Ketika bakteri kelebihan populasi di mulut Anda, mereka pindah ke bagian lain dari tubuh Anda. Kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan penyakit berikut:

  • Penyakit jantung, termasuk endokarditis, infeksi pada lapisan dalam jantung
  • Komplikasi kehamilan, termasuk berat lahir yang rendah dan kelahiran prematur
  • Diabetes
  • Gangguan Makan
  • Penyakit Alzheimer
  • Osteoporosis
  • Lesi, yang umum terjadi pada mereka dengan HIV / AIDS

Lindungi Kesehatan mulut dan gigi Anda

Ada banyak langkah-langkah akal sehat yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Berikut ini daftar periksa:

Berhenti Merokok

Menggunakan produk tembakau, termasuk tembakau dan tembakau kunyah, dapat merusak gigi Anda dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk kanker mulut.

Sikat gigi, setidaknya 2 kali sehari

Pastikan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride yang telah disetujui oleh BPOM dan Menteri Kesehatan Indonesia.

Perhatikan apa yang Anda makan

Hindari camilan yang lengket dan manis yang melekat pada gigi Anda. Makan yang manis merupakan salah satu pemicu rusaknya gigi.

Jangan lewatkan pembersihan mulut, setidaknya 6 bulan sekali

Pemeriksaan dua tahunan juga merupakan saat ketika dokter gigi memeriksa mulut Anda untuk mencari tanda-tanda masalah pada mulut. Menyikat gigi secara teratur tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup Anda. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang menyakitkan seperti kerusakan gigi. Jika tidak ditangani secara tepat waktu, infeksi gigi dapat menyebar jauh ke gigi dan mengiritasi tulang rahang.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat