[Back to Basic] Yuuk Kenal Lebih Dekat dengan Bentuk dan Fungsi Gigi – Part 1

[Back to Basic] Yuuk Kenal Lebih Dekat dengan Bentuk dan Fungsi Gigi – Part 1

Global Estetik – Sebagian besar dari kita tidak terlalu peduli dengan kesehatan gigi – sampai ada yang tidak beres dan menimbulkan rasa sakit. Gigi kita tidak hanya membantu kita mengunyah dan mencerna makanan, tetapi juga memainkan peran penting dalam membantu kita berbicara, dan berdampak besar pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Dengan meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi Anda, Anda akan perlu mengambil langkah pertama untuk memberikan gigi Anda perhatian yang lebih baik. Sebenarnya, seberapa banyak sih yang Anda ketahui tentang gigi Anda?

Perkembangan Gigi

Manusia memiliki dua set gigi: gigi primer (atau susu) dan gigi permanen (dewasa), yang berkembang secara bertahap. Meskipun waktunya berbeda, perkembangan masing-masing set gigi ini biasanya akan serupa. Mahkota gigi akan terbentuk terlebih dahulu, sementara akar gigi akan terus berkembang bahkan setelah gigi erupsi melewati garis gusi.

dokter gigi bandungAda 20 gigi primer di antara usia 2 ½ dan 3 tahun dan tetap bertahan dengan jumlah yang sama sampai sekitar usia 6 tahun. Antara usia 6 dan 12 tahun, gigi primer ini mulai luruh untuk memberi jalan bagi rangkaian gigi permanen. Gigi dewasa dan permanen mulai tumbuh di antara usia 6 dan 12 tahun. Kebanyakan orang dewasa akan memiliki setidaknya 32 gigi permanen.

Bagian-Bagian dari Gigi

Gigi dibagi menjadi dua bagian dasar: mahkota, yang merupakan bagian putih yang terlihat dari gigi, dan akar, yang tidak dapat Anda lihat. Akar gigi akan memanjang di bawah garis gusi dan membantu menjangkar gigi ke dalam tulang. Gigi Anda mengandung empat jenis jaringan, dan masing-masing melakukan pekerjaan yang berbeda. Jaringan ini termasuk:

Enamel
Enamel adalah zat yang terlihat yang menutupi mahkota gigi. Lebih keras dari tulang, enamel melindungi jaringan vital di dalam gigi. Enamel terdiri dari hidroksiapatit, fosfor, dan kalsium.

Dentin
Di bawah enamel Anda akan menemukan dentin, yang dikalsifikasi dan terlihat mirip dengan tulang. Dentin tidak sekeras enamel, sehingga beresiko lebih besar untuk mengalami masalah pembusukan jika enamel menghilang.

Sementum
Jaringan ini menutupi akar gigi dan membantu menjangkarnya ke tulang. Lebih lembut dari enamel dan dentin; cara terbaik untuk melindungi jaringan lunak ini dari kerusakan adalah dengan merawat gusi Anda dengan baik. Sementum berwarna kuning muda dan biasanya ditutupi oleh gusi dan tulang. Tetapi dengan perawatan gigi yang tidak memadai, gusi dapat menjadi sakit dan menyusut, menyebabkan sementum terkena plak dan bakteri berbahaya.

Pulpa
Pulpa ditemukan di pusat dan inti gigi Anda dan mengandung pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak lainnya yang memberikan nutrisi dan sinyal ke gigi Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat