APOTEK BOGOR

APOTEK BOGOR

Apotek menurut wikipedia adalah toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis. Apotek juga merupakan tempat apoteker melakukan praktik profesi farmasi sekaligus menjadi peritel. Kata ini berasal dari kata bahasa Yunani apotheca yang secara harfiah berarti “penyimpanan”.

Apotek bogor 24 jam- Profesi apoteker di Indonesia relatif baru dapat berkembang setelah masa kemerdekaan Indonesia. Pada masa penjajahan kolonial Hindia Belanda maupun masa pendudukan Jepang, kefarmasian di Indonesia pertumbuhannya sangat lambat dan belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Sampai proklamasi kemerdekaan Indonesia para tenaga farmasi yang ada di Indonesia pada umumnya masih terdiri dari asisten dari apoteker dengan jumlah yang sangat sedikit dan umumnya berasal dari Denmark, Austria, Jerman dan Belanda.

Apotek bogor- Kefarmasian di Indonesia telah tumbuh dan berkembang cukup luas dan pesat. Dengan dukungan teknologi yang cukup modern Industri farmasi di Indonesia telah mampu memproduksi obat dalam jumlah yang cukup besar dengan jaringan distribusi yang luas. Sebagian besar kebutuhan obat nasional telah dapat dipenuhi oleh industri farmasi dalam negeri. Peranan profesi farmasi dalam pelayanan kesehatan telah semakin berkembang dan sejajar dengan profesi-profesi kesehatan lainnya.

apotek bogor

apotek bogor

Apotek bogor farma- Menurut Keputusan Meneteri Kesehatan No.1027/MENKES/SK/IX/2004 bahwa apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan kefarmasian, perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. Mendirikan apotek cukup mudah, namun diperlukan strategi dan perhitungan yang matang agar pendirian apotek mendapat izin dari dinas kesehatan dan sukses di pasaran.

Sejarah Apotek di Indonesia

Selintas Sejarah Kefarmasian Indonesia

  1. Era penjajahan sampai perang kemerdekaaan

Apotek sehat bogor- Sebagai tonggak sejarah diawali dengan pendidikan asisten apoteker semasa pemerintahan Hindia Belanda.

  1. Era setelah perang kemerdekaan sampai 1958

Apotek prima bogor- Jumlah tenaga farmasi, terutama tenaga asisten apoteker mulai bertambah jumlahnya relatif lebih besar. Pada 1950 di Jakarta didirikan sekolah asisten apoteker Negeri (Republik) yang pertama dengan masa pendidikan selama dua tahun. Lulusan angkatan pertama ini tercatat sekitar 30 orang, sementara itu jumlah apoteker juga mengalami peningkatan, baik yang berasal dari pendidikan di luar negeri maupun lulusan dari dalam negeri.

  1. Kurun 1958 – 1967

Apotek deli bogor- Dalam kenyataannya meski produksi obat telah banyak dirintis, banyak industri farmasi menghadapi hambatan dan kesulitan yang cukup berat antara lain kurangnya devisa dan terjadinya sistem penjatahan bahan baku obat sehingga industri yang dapat bertahan hanyalah industri yang memperoleh bagian jatah atau mereka yang mempunyai relasi dengan luar negeri.

harga apotek bogor

harga apotek bogor

Apotek sehat bogor- Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan kefarmasian yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai berikut :

  • UU Nomor 9 tahun 1960 tentang Pokok-pokok Kesehatan
  • UU Nomor 10 tahun 1961 tentang barang
  • UU Nomor 7 tahun 1963 tentang Tenaga Kesehatan, dan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 26 tahun 1965 tentang Apotek. Pada periode ini pula ada hal penting yang patut dicatat dalam sejarah kefarmasian di Indonesia, yakni berakhirnya apotek dokter dan apotek darurat.

 

Apotek bogor farma- Apotek darurat berakhir ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 770/Ph/63/b tanggal 29 Oktober 1963 yang isinya antara lain :

  • Tidak dikeluarkan lagi izin baru untuk pembukaan apotek darurat,
  • Semua izin apotek darurat Ibukota Daerah Tingkat I dinyatakan tidak berlaku lagi sejak tanggal 1 Pebruari 1964, dan
  • Semua izin apotek darirat di ibukota Daerah Tingkat II dan kota-kota lainnya dinyatakan tidak berlaku lagi sejak tanggal 1 Mei 1964.Pada tahun 1963, sebagai realisasi Undang-undang Pokok Kesehatan telah dibentuk Lembaga Farmasi Nasional

 

Syarat-syarat permohonan ijin apotek

  • Ijazah Apoteker dan Asisten Apoteker
  • Surat Tanda Registrasi Apoteker/ STRA
  • Surat Ijin Praktek Apoteker/ SIPA
  • Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian/ STRTTK
  • KTP Pemohon /Pemilik Sarana Apotek
  • KTP Apoteker dan Asisten Apoteker
  • Denah Lokasi dan denah bangunan lengkap dengan ukurannya
  • Fotokopi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Ijin Gangguan (HO)/ Kartu Pengawas Ijin Gangguan (KIPG), Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Ijin Peruntukkan Penggunaan Tanah (IPPT)
  • SPPL dari Lingkungan Hidup
  • NPWP
  • Surat Menyatakan status bangunan dalam bentuk Akte hak Milik/ sewa/ kontrak
  • Daftar sarana alat-alat perlengkapan Apotek
  • Daftar Ketenagakerjaan
  • Surat keterangan sehat untuk petugas
  • Surat pernyataan dari Apotek pengelola tidak bekerja tetap pada perusahaan farmasi lainnya dan tidak menjadi pengelola apotek di apotek lain
  • Akta Perjanjian kerja sama Apotek pengelola dengan pemilik sarana Apotik
  • Surat pernyataan pemilik sarana tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang Apotek
  • Map Plastik warna kuning 2 buah
  • Matere 1 buah
  • Foto pas berwarna ukuran 3×4 2 buah

 

Tips yang perlu diketahui dalam mendirikan Apotek

  1. Lokasi

Apotek bogor 24 jam- Lokasi yang dipilih harus strategis sebab akan menentukan kesuksesan dalam membangun apotek. Apotek akan lebih produktif jika didirikan di dekat rumah sakit, puskesmas, dan praktek dokter, atau disekitar perumahan yang padat penduduknya.

  1. Persiapan

Apotek sehat bogor- Hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah pengetahuan mengenai obat-obatan. Jika tidak memiliki latar belakang pendidikan farmasi, maka anda harus mempersiapkan seorang apoteker yang bertanggung jawab menjalankan apotek. Gaji seorang apoteker rata-rata berada di rentang Rp.2.000.000 – Rp.4.000.000,- per bulan.

  1. Perizinan

Apotek prima bogor- Mengenai perijinan hal yang harus diselesaikan ialah mengurus Surat Keterangan Izin Tempat Usaha. Setelah itu mengajukan permohonan surat izin apotek. Jika lolos uji kelayakan, maka apotek siap untuk dijalankan. Persyaratan dan tata cara pendirian apotek dapat pelajari dalam Kepmenkes RI No. 1332 tahun 2002. Biaya yang dikeluarkan untuk perizinan tersebut tergantung oleh kota masing-masing, estimasi sekitar Rp.3.000.000,-.

  1. Pengadaan Obat

Apotek deli bogor- Pastikan ketersediaan berbagai macam obat-obatan untuk kelengkapan apotek dan pastikan ketersediaan obat-obatan yang sering dikonsumsi atau yang dibutuhkan masyarakat. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli obat tergantung dari varian dan jenis obatnya. Untuk kategori sedang, biaya yang diperlukan berkisar Rp.40.000.000,-.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli obat antara lain :

  • Melakukan tinjauan terhadap masalah kesehatan yang sering terjadi.
  • Menyesuaikan macam obat yang akan dibeli dengan anggaran.
  • Pilihlah obat yang standar mutunya tinggi.
  • Sediaan kombinasi dipilih jika potensinya lebih baik daripada sediaan tunggal.

Kiat sukses usaha apotek

  1. Pemasaran

Apotek goden bogor- Gunakan strategi pemasaran yang baik agar ramai pembeli. Misalkan mencari supplier obat di media cetak atau online, membuat brosur, pamflet atau iklan di radio dan koran lokal. Selain itu gunakan papan tanda apotek di depan toko yang mudah dilihat. Selain dari segi pemasaran, manajemen harga obat juga menentukan kesuksesan apotek anda. Buat harga yang sesuai dan relatif terjangkau. Perhatikan pesaing atau apotek lain dalam memberikan harga.

  1. Waspada terhadap obat palsu

Apotek zentrum bogor- Ada kemungkinan masuknya obat-obatan palsu ke apotek perlu diwaspadai. Sebaiknya beli obat-obatan langsung kepada pihak produsen. Karena jika ketahuan memperdagangkan obat palsu, maka izin apotek pasti dicabut dan usaha apotek anda akan kehilangan kepercayaan oleh masyarakat.

 

 

Global Estetik Plus Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151 (Persis di seberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Untuk Cek Daftar Harga, Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Kota Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

 

Penulis oleh Drg. Arnof