Apakan Prosedur Saluran Akar Boleh Dilakukan pada Pasien Anak-Anak?

dokter gigi depok

Apakan Prosedur Saluran Akar Boleh Dilakukan pada Pasien Anak-Anak?

Global Estetik – Meski telah banyak informasi yang tersedia hari ini, pearawatan saluran akar masih sering menimbulkan rasa takut ke dalam hati banyak pasien. Lantas, apa yang terjadi jika Anda baru saja mengetahui bahwa anak Anda harus melaluainya? Dokter gigi merekomendasikan para orang tua untuk membawa anak-anak mereka ke klinik gigi segera setelah gigi pertama tumbuh dan tidak menunggu anak berada diusia lebih dari 12 bulan.

Melalui pemeriksaan rutin, dokter gigi dapat mendeteksi dan mencegah potensi kerusakan gigi sebelum memburuk. Jika gigi telah terluka parah atau membusuk, dokter gigi biasanya akna dapat merekomendasikan untuk melakukan perawatan saluran akar. Apakah saluran akar untuk anak-anak benar-benar boleh dilakukan? Apakah ini solusi terbaik untuk gigi susu yang membusuk? Apakah prosedur ini aman? Berikut penjelasannya

Perawatan Saluran Akar

Ketika gigi memiliki rongga yang sangat dalam yang memengaruhi bagian saraf, kemungkinan besar perawatan saraf yang paling sering disebut sebagai perawatan saluran akar perlu dilakukan. Prosedur ini melibatkan pengangkatan bagian dari saraf yang terkena dampak dan menempatkan bahan obat di atasnya. Gigi kemudian ditutup dengan mahkota yang merupakan restorasi yang lebih tahan lama untuk gigi. Prosedur ini juga sangat aman jika dilakukan dengan benar bahkan untuk pasien anak-anak. Bahan yang digunakan dalam prosedur ini sangat kompatibel dengan tubuh dan tidak menyebabkan potensi bahaya.

klinik gigi bandung

Tips Menghindari Kebutuhan Perawatan Saluran Akar

Jika gigi dapat dirawat secara efektif dan diselamatkan dengan perawatan saluran akar, maka ini adalah perawatan yang paling disarankan untuk dipilih. Meskipun hanya gigi susu yang dirawat, gigi ini diperlukan untuk menampung ruang bagi gigi permanen yang berkembang di bawahnya. Jika tidak diobati, infeksi juga dapat menyebar ke bawah dan mempengaruhi perkembangan gigi permanen. Selain itu, masalah ini juga dapat menyebabkan rasa sakit, yang akan memengaruhi kebiasaan makan anak yang pada akhirnya mempengaruhi konsentrasi di sekolah dan mungkin menyebabkan infeksi buruk yang mungkin memerlukan antibiotik atau perawatan di rumah sakit.

Perlu diketahui juga bahwa, perawatan saluran akar untuk anak-anak tidak akan serumit perwatan saluran akar orang pada pasien dewasa. Mereka biasanya memerlukan satu kunjungan dan kerap kali pengalamannya sangat mirip dengan proses menambal gigi. Sebagai orang tua, tidak perlu ragu dalam bertanya kepada dokter gigi tentang semua pertanyaan yang perlu Anda tanyakan sebelum perawatan, sehingga Anda dapat meredakan kecemasan yang biasanya muncul ketika perawatan telah dianjurkan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat