Apa yang Terjadi pada Mulut Saat Sedang Tidur?

Apa yang Terjadi pada Mulut Saat Sedang Tidur?

Global Estetik – Kita mungkin tertidur, tetapi itu tidak berarti tubuh kita berhenti melakukan aktivitas yang intens. Tubuh merespons dengan cara yang dapat membahayakan kesehatan mulut jika kita tidak menanggapinya dengan benar. Bagi kebanyakan orang, produksi air liur menurun ketika tidur. Ini membantu tubuh untuk menghindari memproduksi terlalu banyak air liur yang akan mengharuskan kita untuk sering menelan saat tidur, atau dapat menyebabkan kehilangan cairan yang signifikan ketika air liur keluar dari mulut karena relaksasi otot.

Bakteri Semakin Aktif

Saliva adalah salah satu pertahanan alami tubuh melawan terhadap bakteri. Air liur dapat membunuh bakteri dan membantu memecah film pelindung, plak, yang dihasilkan bakteri untuk menjaga air liur. Namun, ketika tubuh  mengurangi produksi air liur, bakteri menemukan diri mereka dalam lingkungan yang lebih mudah. Mereka bisa makan dan bereproduksi secara bebas.

Satu masalah dengan bakteri yang “menggila” di mulut pada malam hari adalah ketika kita tidak makan di malam hari, mereka menemukan lebih sedikit karbohidrat untuk dimakan, sehingga mereka beralih ke sumber makanan yang kurang efisien: protein, yang mungkin termasuk selaput lendir tubuh. Dalam proses mencerna protein, bakteri akan mengeluarkan gas sulfur, itulah sebabnya kamu mungkin memperhatikan bau napas yang buruk di pagi hari, yang bisa menjadi tanda peringatan untuk penyakit periodontal.

Apa yang Terjadi pada Mulut Saat Sedang Tidur- Global Estetik Dental Care
Apa yang Terjadi pada Mulut Saat Sedang Tidur- Global Estetik Dental Care
Otot Menjadi Rileks

Bagi kebanyakan orang, ketika kita tidur, otot-otot menjadi rileks. Itulah yang seharusnya mereka lakukan, dan mereka butuh sisanya. Tetapi jika kamu memiliki konfigurasi anatomis tertentu dari saluran napas dan rahang, otot-otot dapat rileks ke titik yang membuat saluran udara menutup. Hal ini menyebabkan apnea tidur obstruktif, karena jaringan ini mencegah kita bernapas.

Sekitar 8-16% orang mengalami apa yang disebut sleep bruxism, yaitu ketika gigi kita menggertakkan saat tidur. Ini dapat terjadi sangat sering, dan dapat melibatkan kekuatan gigitan berkali-kali apa yang dapat biasanya dipaksakan secara sadar. Bruxism dianggap sebagai penyebab utama gangguan sendi temporomandibular (TMJ), dan dapat ditemukan pada hingga dua pertiga penderita TMJ.

Menjaga Kesehatan Mulut di Malam Hari

Untuk menghindari konsekuensi potensial dari apa yang terjadi di mulut pada malam hari, penting bagi kita untuk menjaga mulut di malam hari. Sikat dan gosok gigi di malam hari sebelum tidur. Gunakan obat kumur antiseptik, jika direkomendasikan. Cek diagnosis untuk kondisi seperti sleep bruxism dan sleep apnea, yang keduanya dapat dikontrol dengan terapi oral.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat