Apa Sih Nutrisi Itu?

dokter gigi depok

Apa Sih Nutrisi Itu?

Global Estetik – Makanan bukan hanya sumber makanan utama kita – makanan juga merupakan bagian penting dari masyarakat, budaya, dan komunitas kita. Apa yang kita makan secara kritis berdampak tidak hanya bagi kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga risiko kita untuk beberapa penyebab utama penyebab kematian seperti penyakit arteri koroner, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Pertama, sedikit klarifikasi: meskipun istilah “nutrisi” dan “diet” sering digunakan secara bergantian, mereka bukanlah hal yang identik. Nutrisi adalah efek akhir dari makanan dalam tubuh; diet adalah kebiasaan makan individu atau pilihan makanan. Keduanya memainkan peran penting dalam kesehatan.

Makanan adalah zat yang kita makan yang menyediakan komponen penting kehidupan yang produk akhirnya adalah nutrisi. Nutrisi dapat diklasifikasikan ke dalam enam kategori utama:

  • dokter gigi jakartaKarbohidrat (gula, pati, dan serat)
  • Protein (dari sumber hewani dan nabati)
  • Lemak
  • Vitamin
  • Mineral
  • Air

Bersama-sama, semua jenis nutrisi ini melakukan tiga fungsi dasar dalam tubuh: menyediakan bahan bakar (energi); mengatur proses tubuh; dan berkontribusi untuk membangun struktur tubuh. Faktanya, sangat sedikit makanan yang tersusun dari satu nutrisi. Sebagian besar makanan mengandung kombinasi nutrisi plus komponen lainnya. Misalnya, susu mengandung karbohidrat, protein, lemak, air, dan berbagai vitamin dan mineral.

Kalori adalah istilah lain yang sering disalahpahami. Kalori dan nutrisi tidaklah sama: kalori adalah ukuran energi yang tersedia untuk tubuh dari makanan. Hanya karbohidrat, protein, dan lemak yang memberikan kalori. Satu gram protein makanan menyediakan empat kalori, satu gram karbohidrat menyediakan empat kalori, dan satu gram lemak menyediakan sembilan kalori untuk tubuh. Jadi, gram per gram, lemak menyediakan sekitar dua kali kalori protein atau karbohidrat.

Nutrisi juga melayani fungsi penting lainnya. Sebagai contoh, protein menyediakan blok bangunan untuk jaringan, sementara lemak menyediakan isolasi dan bantalan untuk tubuh. Karbohidrat serat tinggi menyediakan serat untuk kesehatan usus. Kalsium, vitamin D, asam folat dan magnesium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Semua nutrisi ini dibutuhkan dalam membantu meraih tubuh yang sehat.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat