Apa Perlu Menceritakan Tentang Riwayat Hubungan Intim pada Dokter Gigi?

menemukan dokter gigi yang tepat

Global Estetik – Ketika Anda datang untuk janji perawatan gigi yang dijadwalkan secara rutin, apa yang biasanya anda bicarakan dengan dokter gigi pilihan anda? Cuaca, mungkin? Tidak peduli apa pun jawaban Anda, kemungkinan itu bukan adalah tentang riwayat hubungan intin Anda. Namun berkat epidemi kanker orofaring sebagai akibat dari penyakit menular seksual HPV, beberapa orang mendorong dokter gigi untuk meletakkan topik yang tabu ini.

Konsultasi dengan dokter gigi- Global Estetik Dental Care
Konsultasi dengan dokter gigi- Global Estetik Dental Care

Hubungan Antara HPV dan Kanker Tenggorokan

Kanker orofaringeal adalah bentuk kanker yang mempengaruhi jaringan bagian tengah tenggorokan: Dasar lidah, amandel, langit-langit lunak, dan dinding pharynx. Sementara beberapa kanker orofaringeal dapat dikaitkan dengan penggunaan alkohol dan tembakau, statistik dari Pusat Pengendalian Penyakit menunjukkan bahwa 70% kasus yang disebabkan oleh HPV, infeksi menular seksual paling umum di dunia. Stigma seputar penyakit menular seksual dapat membuat sebagian orang merasa malu jika didiagnosis dengan salah satunya, tetapi masalah ini sebenarnya sangat umum. Bahkan, HPV mempengaruhi hampir 1 dari 10 orang dewasa.

Baca Juga :  Shortcut untuk Menambah Keindahan Senyum [Bagian Pertama]

Sayangnya, jenis kanker mulut yang terikat dengan HPV bisa sangat sulit untuk dikenali, karena mereka berkembang relatif jauh di belakang tenggorokan. Plus, gejala yang diderita dapat sulit dideteksi dan tidak menyakitkan, sehingga sulit bagi pasien dan dokter mereka untuk mengetahui puncak masalah.

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, apa hubungannya semua ini dengan dokter gigi? Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi setiap kali Anda pergi untuk membersihkan gigi dan memeriksa secara teratur, dokter gigi pilihan anda juga melakukan pemeriksaan kanker mulut. Untuk melakukannya, dokter gigi dan ahli higien akan tahu untuk melihat bagian belakang mulut dan di bawah lidah untuk tanda-tanda seperti sakit mulut yang tidak akan sembuh, atau bercak putih atau merah pada gusi, pipi, atau lidah.

Baca Juga :  [Tips & Trik] Cara Memilih Dokter Gigi yang Tepat untuk Anda
Konsultasi dengan dokter gigi- Global Estetik Dental Care
Konsultasi dengan dokter gigi- Global Estetik Dental Care

Tidak Perlu Memberitahu Dokter Gigi Anda Rahasia Anda

Tentu saja, ini tidak berarti Anda harus memberi tahu dokter gigi tentang kehidupan seks Anda – dan sangat tidak mungkin mereka akan bertanya. Tapi itu berarti bahwa mendapatkan pemeriksaan gigi biasa tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda, tetapi juga dapat memungkinkan Anda untuk menangkap kanker orofaring cukup dini untuk mengobatinya dengan perawatan yang lebih efektif.

Dan jika Anda didiagnosis menderita HPV, mungkin sebaiknya Anda memberi tahu dokter gigi sehingga mereka dapat mengawasi gejala-gejala yang sulit dijumpai. Dokter gigi pilihan anda tidak di sini untuk membuka rahasia anda, tetapi untuk melindungi kesehatan mulut dan keseluruhan tubuh pasiennya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat