Apa Penggunaan Kontrasepsi Oral Dapat Merusak Kesehatan Gusi ?

Apa Penggunaan Kontrasepsi Oral Dapat Merusak Kesehatan Gusi ?

Global Estetik – Kontrasepsi oral mengubah keseimbangan hormon dalam tubuh untuk mencegah ovulasi. Tanpa ovulasi, tidak ada sel telur yang dibuahi, dan orang yang menggunakan kontrasepsi tidak dapat hamil. Ini mungkin tampak seperti proses yang sangat sederhana, tetapi dalam kenyataannya, perubahan kadar hormon dapat memengaruhi seluruh tubuh – termasuk mulut.

Ada beberapa hal berbeda yang mengubah kadar hormon dalam tubuh wanita: Kehamilan, menopause, terapi penggantian hormon, dan kontrasepsi oral. Semua ini telah terbukti meningkatkan kemungkinan peradangan gusi dan bahkan risiko munculnya penyakit gusi.

Penggunaan Kontrasepsi Oral- Global Estetik Dental Care
Penggunaan Kontrasepsi Oral- Global Estetik Dental Care

Bagi banyak orang, menggunakan kontrasepsi oral tidak bisa dinegosiasikan. Beberapa orang menggunakan kontrasepsi oral untuk alasan yang terkait dengan kontrol non-kelahiran, seperti untuk mengurangi periode yang sangat menyakitkan, mengobati sindrom ovarium polikistik, atau melindungi terhadap penyakit radang panggul. Dan bahkan ada yang menggunakannya untuk pengendalian kelahiran mungkin tidak tertarik atau memenuhi syarat untuk metode non-hormonal. Jadi bagaimana Anda dapat melindungi kesehatan gusi terhadap efek samping dari kontrasepsi oral?

Langkah pertama adalah memastikan bahwa anda telah melakukan semua yang anda bisa untuk menjaga kebersihan mulut. Setiap orang rentan terhadap penyakit gusi, dan cara terbaik untuk melindunginya adalah menyikat gigi dua kali sehari, floss setiap hari, dan menemui dokter gigi pilihan anda secara teratur untuk pemeriksaan.

Jika anda tidak yakin apakah penyikatan dan flossing yang telah anda lakukan telah memberikan pertahana yang terbaik, Anda selalu dapat meminta dokter gigi untuk mengecek tentang cara menjaga oral hygiene dengan benar. Menyikat dan flossing yang tidak efektif tidak akan melindungi mulut anda dari penyakit gusi.

Bagian penting lainnya dalam menjaga kesehatan mulut yang baik sembari minum obat yang mengkompromikannya adalah berkomunikasi dengan baik dengan dokter gigi pilihan anda. Setiap kali anda mengambil obat yang mungkin memengaruhi kesehatan mulut, ada baiknya untuk memberi tahu dokter gigi pilihan anda tentang hal itu sehingga mereka dapat mengawasi gejala terkait, dan menyarankan kebiasaan dan perawatan yang dapat mencegah atau mengobati impact dari obat-obatan terkait.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat