Apa Olahraga Terlalu Berat Bisa Merusak Gigi? – Part 1

Global Estetik – “Untuk menikmati kesehatan yang baik, Anda harus berolahraga.” kata Gene Tunney, seorang petinju Amerika dan juara kelas berat dunia antara 1926 dan 1928. Dia tidak salah. Menjaga aktifitas secara fisik sangat penting untuk menjalani hidup yang sehat, dan berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko berbagai penyakit fisik dan mental.

Tapi itu tidak semua realita dari kegiatan ini, karena olahraga, menurut penelitian baru, dapat membuat gigi kita dekat dengan masalah. Studi yang dipublikasikan di jurnal Community Dentistry dan Oral Epidemiology, melihat lebih dari 350 olahragawan dan wanita dari 11 disiplin profesional dan Olimpiade, termasuk Bersepeda, Athletics, Rugby, Klub sepakbola Reading FC dan Team Sky.

Apa Olahraga Terlalu Berat Bisa Merusak Gigi- Global Estetik Dental Care
Apa Olahraga Terlalu Berat Bisa Merusak Gigi- Global Estetik Dental Care

Hampir setengah dari para peserta ditemukan memiliki kerusakan gigi yang tidak diobati; 77% menderita gusi yang meradang, yang bisa menjadi tanda awal penyakit gusi; dan lebih dari sepertiga (39%) mengeluh gusi berdarah saat menyikat gigi – tanda peradangan. Dari para atlet yang diuji, 97% melaporkan menyikat gigi dua kali sehari, lebih tinggi dari rata-rata.

Penulis utama studi tersebut, Profesor Ian Needleman dari Eastman Dental Institute di UCL, mengatakan: “Setiap olahraga yang diperiksa mengungkapkan tingkat signifikan gangguan kesehatan mulut dengan risiko keseluruhan kerusakan gigi yang lebih tinggi untuk atlet elit daripada populasi umum.”

Ada sejumlah teori di balik kesehatan gigi yang buruk di kalangan atlet papan atas. Salah satu faktornya adalah olahragawan elit bergantung pada makanan karbohidrat berat. Karbohidrat dapat bertahan lama di dalam mulut dan menyediakan tempat berpesta bagi bakteri ketika mereka terurai menjadi gula.

“Hal-hal seperti pasta, kentang – keripik mungkin yang terburuk. Mereka bisa terjebak di celah di gigi Anda, di mana mereka dapat menyebabkan kerusakan,” kata dokter gigi Dr Richard Marques dari Wimpole Street Dental. “Bahkan partikel roti bisa terjebak di alur. Anda tidak harus menyikat segera karena gigi Anda melemah setelah makan. Sebaliknya, kunyah permen karet atau permen bebas gula.”

Olahraga yang melewati aliran udara yang berat, seperti bersepeda dan berlari, juga dapat disalahkan, karena napas yang berat akan mengeringkan mulut dan akhirnya gigi kehilangan perlindungan yang ditawarkan oleh air liur: “Jika Anda banyak berolahraga, Anda bisa mendapatkan xerostomia, yang pada dasarnya mulut kering. Air liur membersihkan dan mencuci gigi, menjaga bakteri dan plak, sehingga tanpa itu enamel akan terkena pembusukan.”

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat