Apa itu TMJ – Terapi Non-Bedah

Global Estetik – Jalur non-surgical atau tanpa pembedahan merupakan alternatif awal untuk pasien penderita TMJ dan ada banyak perawatan untuk gangguan TMJ, termasuk:

Terapi Non-Bedah TMJ- Global Estetik Dental Care
Terapi Non-Bedah TMJ- Global Estetik Dental Care

Penggunaan Mouthguard : Penjaga mulut atau mouthguard adalah pelindung plastik lunak yang dapat slip dan cocok untuk digunakan di atas gigi bagian atas dan bawah untuk mencegah grinding gigi. Penggunaan mouthguard akan membuat pasien untuklebih sulit dalam menggeretakkan rahang, yang merupakan langkah pertama dan yang penting dalam menghilangnya TMJ disorder. Dokter gigi pilihan anda akan mengambil cetakan gigi atas dan bawah anda agar disesuai dengan penjaga mulut khusus TMJ untuk kenyamanan dan efisiensi maksimal bagi setiap pasien.

Latihan Rahang: Latihan TMJ dirancang untuk mengendurkan rahang dan menghilangkan clenching, dan juga untuk membantu memperbaiki masalah kesejajaran. Setelah analisis yang teliti, dokter gigi pilihan anda mungkin akan memberi anda serangkaian latihan sederhana yang tepat untuk dilakukan di depan cermin. Penggunaan cermin dalam latihan TMJ membantu anda melihat misalignment yang merupakan salah satu faktor dalam sindroma TMJ. Secara bertahap, latihan akan mengajarkan anda mengendalikan otot rahang dan menghilangkan pengepakan yang terjadi di bagian ini.

Obat-obatan: Meskipun resep spesifik akan tergantung pada kasus individual, rekomendasi khas termasuk pelemas otot, analgesik, obat anti-kecemasan, serta mediasi anti-inflamasi dapat merupakan solusi alternatif non bedah untuk TMJ disorder.

Terapi Gigitan: Suatu proses yang dikenal dengan terapi TMJ, atau terapi gigitan, digunakan oleh dokter gigi untuk membantu menemukan penyebab sindroma TMJ dan memberikan penghilang rasa sakit jangka panjang. Pengobatan gigitan TMJ dimulai dengan hati-hati, analisis rinci tentang mulut dan rahang Anda untuk menemukan penyebab gangguan Anda. Bagi beberapa orang, masalahnya mungkin mengental rahang; Hal ini biasanya dapat dikaitkan dengan stres atau hanya kebiasaan buruk. Bagi orang lain, gigi mungkin tidak bersatu secara merata, suatu kondisi yang dikenal sebagai maloklusi. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan rahang yang tidak rata dan menyebabkan nyeri otot. Dokter gigi memiliki beberapa alat yang bisa mereka gunakan untuk mengukur tekanan gigitan di seluruh mulut dan merumuskan rencana untuk pekerjaan gigi yang akan memperbaiki maloklusi dan memberikan penghilang nyeri pada TMJ.

Suntikan BOTOX®: Suntikan BOTOX® dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk TMJ. Suntikan ini akan mengendurkan otot rahang hingga empat bulan. Namun, dokter perlu memperingatkan pasien agar diingat bahwa perawatan tersebut tidak andal dan efektif atau disetujui oleh ikatan dokter untuk mengatasi TMJ disorder.

Dokter gigi pilihan anda juga akan merekomendasikan untuk makan makanan yang lebih lembut, menghindari permen karet atau menggigit kuku, dan menerapkan hot-pack atau es ke rahang sebagai metode tambahan untuk membawa kelegaan bagi anda.

Tags:
Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat