Apa itu TMJ ? – Opsi Treatment via Operasi

Global Estetik – Dokter gigi dan dokter akan selalu merekomendasikan perawatan non-invasif sebelum mereka menyarankan opsi pembedahan. Namun, pasien yang tubuh dan TMJ disordernya tidak menanggapi opsi treatmnet melalui orthodonsi, terapi, pengobatan, dan alternatif lainnya mungkin akan dapat mendapatkan kesembuhan setelah mendapatkan perawatan yang lebih agresif. Opsi Perawatan via pembedahan ini berbeda secara luas, mulai dari prosedur invasif minimal yang cepat sampai operasi terbuka yang membutuhkan banyak pekerjaan. Pilihan pembedahan tersebut meliputi:

Arthrocentesis: Bentuk operasi TMD yang paling konservatif, pasien dengan disc yang salah letak seringkali merupakan kandidat terbaik untuk perawatan ini. Selama arthrocentesis, ahli bedah mulut akan menggunakan dua jarum suntik untuk mengangkat jaringan yang rusak dengan mencuci sendi bersamaan dengan larutan garam steril. Pada saat bersamaan, dokter juga akan menyuntikkan larutan steroid di sendi untuk mengurangi peradangan. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal atau umum, dan pasien biasanya akan menghadapi downtime yang minimal.

Baca Juga :  Tips Resolusi Kesehatan Gigi 2019 - Part 2

Artroscopy: Sedikit lebih banyak terlibat daripada arthrocentesis, artroskopi masih hanya akan melibatkan ketidaknyamanan minimal dan pemulihan singkat. Selama perawatan ini, ahli bedah mulut akan menggunakan alat mikroskopis yang disebut arthroscope untuk melihat ke dalam TMJ’s, menghilangkan jaringan yang terluka, dan menghaluskan tulang rahang. Dalam beberapa kasus, ahli bedah mulut bahkan dapat mengubah posisi disc bantalan yang terlepas dari tempatnya.

Opsi Treatment via Operasi TMJ- Global Estetik Dental Care
Opsi Treatment via Operasi TMJ- Global Estetik Dental Care

Arthroplasty: Perawatan ini merupakan operasi terbuka yang dilakukan dengan anestesi umum di rumah sakit atau pusat bedah. Melalui sayatan yang tersembunyi dengan hati-hati di sepanjang telinga, ahli bedah dapat menghilangkan taji tulang, memindahkan cakram kembali ke posisi semula, fusi tulang yang benar, atau jaringan otot cangkok, di antara fungsi lainnya. Bergantung pada tingkat prosedur tertentu, pasien mungkin perlu beberapa minggu untuk tidak bekerja selama masa pemulihan.

Baca Juga :  Membangun Kebiasaan Kesehatan Gigi untuk Sang Buah Hati

Penggantian Sendi Total: Penggantian sendi secara tipikal adalah resor akhir untuk pasien dengan nyeri rahang parah atau fungsi sendi berkurang secara signifikan. Pasien harus ingat, bagaimanapun, bahwa operasi hanya mengganti sendi, dan tidak akan secara langsung mengobati nyeri neurologis atau muskular. Selama operasi  yang dilakukan dengan anestesi umum, ahli bedah mulut dan maksilofasial (OMS) akan menciptakan satu atau dua sayatan tersembunyi di sepanjang garis rambut dan, seringkali, di lipatan leher di belakang rahang. Melalui sayatan ini, dokter akan membuang sendi tua yang rusak dan menggantinya dengan implan plastik dan logam yang berfungsi seperti bola alami dan soket sendi. Pasien harus merencanakan untuk mengambil setidaknya enam minggu setelah bekerja setelah operasi penggantian rahang mereka, dan mereka juga perlu menghindari aktivitas fisik yang berat selama masa ini.

Tags:
Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat