Apa itu TMJ – Konsultasi dan Diagnosa

Apa itu TMJ – Konsultasi dan Diagnosa

Global Estetik – Sebelum memulai perawatan apapun, pasien akan menjalani proses konsultasi dan diagnosa awal yang lengkap. Biasanya, dokter gigi atau dokter akan memulai dengan mendiskusikan gejala pasien, termasuk frekuensi dan tingkat keparahannya. Praktisi kemudian akan beralih ke sendi dan palpitasi otot. Ini akan memungkinkan dokter pilihan anda untuk memeriksa adanya pembengkakan atau penyimpangan dan pada saat bersamaan, pasien dapat memberi tahu dokter pilihan merekatentang nyeri saat ditekan tekan atau nyeri saat disentuh. Dokter atau dokter gigi juga akan memeriksa rentang gerak pasien, dan dia akan mendengarkan suara mengklik atau pop yang mungkin terjadi pada saat timbulnya gerakan rahang. Akhirnya, sinar-x dan CT scan dapat mengungkapkan adanya kelainan sendi atau peradangan jaringan.

Pemeriksaan TMJ Neuromuskular

Salah satu keunggulan perawatan neuromuskular adalah pemeriksaan diagnostik lengkap, yang menilai keselarasan, postur, saluran napas, tekanan gigitan, dan gerakan sendi pasien. Ujian awal melibatkan beberapa tes yang berbeda, termasuk:

  • Konsultasi dan Diagnosa TMJ- Global Estetik Dental Care
    Konsultasi dan Diagnosa TMJ- Global Estetik Dental Care

    Stimulasi Transelectroneural (TENS): Aliran listrik akan memungkinkan otot rahang pasien untuk rileks, sehingga dokter gigi dapat menentukan posisi alami dari sendi.

  • Elektromiografi (EMG): Tes ini mengukur aktivitas listrik otot-otot wajah untuk menentukan apakah fungsinya terlalu banyak atau tegang.
  • Electrosonography (ESG): Tes terkomputerisasi ini mencatat getaran sendi selama pergerakan, dan hasil test ini menjadi sangat berharga bila digabungkan dengan tes lainnya.
  • Computerized Mandibular Scanning (CMS): Menggunakan magnetic tracking dan sensor, tes ini mengukur pergerakan rahang dalam tiga dimensi dengan akurasi 1 mm.

Selain tes yang sangat canggih ini, pemeriksaan neuromuskular akan mencakup palpitasi tradisional, serta pemeriksaan riwayat medis dan gigi.

Diagnosa TMJ

Setelah diagnosis lengkap, dokter atau dokter gigi menjelaskan kondisi pasien, menggunakan sinar x dan gambar CT scan sebagai panduan visual. Jika pasien menerima pemeriksaan neuromuskular, hasil tes ini dipresentasikan pada saat itu juga. Kemudian dokter gigi atau dokter menguraikan pilihan pengobatan pasien, dimulai dengan perawatan paling sederhana dan paling konservatif. Dia mungkin juga akan menjelaskan prosedur pembedahan, yang bisa menjadi penting jika pasien tidak merespon pengobatan awal.

Konsultasi dan Diagnosa TMJ- Global Estetik Dental Care
Konsultasi dan Diagnosa TMJ- Global Estetik Dental Care

Selama presentasi kasus, pasien akan mendapatkan pertanyaan tentang gejala mereka, berbagai metode pengobatan, dan pembiayaan. Bila dokter memiliki pemahaman penuh tentang kondisi pasiennya, mereka dapat memilih untuk menerima atau menolak rencana pengobatan yang diusulkan. Penting bagi pasien untuk jujur dengan diri mereka sendiri dan penyedia layanan kesehatan mereka saat ini.

Karena ada beberapa penyebab gangguan TMJ, tes sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab dan biaya perawatan yang sesuai untuk kondisi masing-masing pasien yang akan bervariasi. Selain itu, asuransi gigi dan asuransi kesehatan mungkin sangat khusus untuk perawatan apa yang akan mereka cover untuk masalah ini dan membutuhkan bukti yang exact mengenai keadaan pasien mereka.

 

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat