Apa itu TMJ ? – Definisi dan Simptom

Apa itu TMJ ? – Definisi dan Simptom

Global Estetik – TMJ adalah akronim yang merupakan singkatan dari sendi temporomandibular (temporomandibular joint), sendi yang terletak persis di depan telinga di kedua sisi kepala. Sendi temporomandibular dan ligamen serta otot sekitarnya memegang rahang bawah rahang bawah ke tulang temporal tengkorak. Cakram di antara masing-masing menjadi bantalan tulang sendi untuk gerakan halus dan tanpa rasa sakit. TMJs memungkinkan gerakan rahang yang memudahkan makan, berbicara, dan membuat ekspresi wajah. TMJ adalah dua sendi yang paling sering digunakan dan kompleks di dalam tubuh.

Bila sendi rahang tidak berada pada posisi yang benar, otot yang berhubungan akan bekerja untuk menahan rahang pada posisi yang tepat. Seiring waktu, otot ini akan menjadi lelah dan bengkak, yang nantinya akan memberi tekanan pada saraf lokal. Kondisi indikenal dengan TMJ disorder, atau TMD, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di seluruh tubuh, termasuk rahang, mulut, wajah, telinga, leher, bahu, dan punggung. Beberapa orang mengalami ketidaknyamanan hingga jari dan jari telunjuk, dan beberapa dokter menyumbangkan beberapa kasus sindrom carpel tunnel pada gangguan TMJ. Kondisinya bisa berkembang bila salah satu atau kedua sendi temporomandibular berhenti berfungsi dengan baik.

Simtoma dari TMJ

Gejala yang terkait dengan gangguan TMJ bervariasi dan dapat mencakup hal berikut:

  • Nyeri sendi rahang: Bagi mereka yang menderita gangguan TMJ, nyeri sendi rahang adalah salah satu keluhan yang paling umum. Banyak pasien mendangan suara klik bermunculan, atau menggiling saat mereka mengunyah atau menguap dan menggambarkan rasa sakit yang mereka alami sebagai perasaan sakit yang konstan, tajam dan sporadis.
  • Sakit pada wajah
  • Nyeri di bagian telinga: Banyak penderita TMD tidak tahu bahwa TMJ mereka adalah sumber rasa sakit atau suara berdegung telinga mereka (tinnitus) dan menganggapnya karena infeksi telinga atau masalah telinga bagian dalam lainnya. Nyeri yang memancar dari sendi, saraf, atau otot yang terkena mungkin tampak seperti berasal dari telinga.
  • Sakit kepala: Bila artikulasi sendi sendi rahang yang tidak benar menekan pada otot dan saraf, sakit kepala sedang sampai parah, termasuk migrain kronis, dapat terjadi.
  • Sakit gigi: TMJ paling sering dikaitkan dengan nyeri gigi pada pasien yang biasa mengepalkan atau menggiling gigi; Kebiasaan ini dikenal sebagai bruxism. Tekanan ekstrim yang diserap oleh gigi dan sendi rahang saat mengepul atau menggiling bisa memakai enamel gigi dan menyebabkan krasing atau retak, yang menyebabkan sensitivitas gigi. Molar geraham juga mengganggu oklusi, sehingga gigi bagian atas dan bawah tidak sesuai lagi sebagaimana mestinya. Hal ini, pada gilirannya, menciptakan maloklusi, yang juga menyebabkan bruxisme. Siklus destruktif dimulai, dan tanpa pengobatan, akan memburuk seiring berjalannya waktu.
  • Nyeri pada leher, bahu, dan punggung
  • Sindrom Carpal Tunnel

Menurut Penelitian, saat ini tidak ada bukti bahwa gejala-gejala ini berarti akan menimbulkan masalah serius. Bunyi klik atau pop pada rahang khususnya sering terjadi dan dapat dikaitkan dengan sejumlah kondisi yang berbeda. Segera periksakan keadaan anda jika anda merasakan salah satu dari beberapa simptom diatas.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat