Apa Itu Radang Soket Kering? Berikut Beberapa Penjelasannya!

klinik gigi depok Apa Itu Radang Soket Kering

Apa Itu Radang Soket Kering? Berikut Beberapa Penjelasannya!

Global Estetik – Apa itu radang soket kering? osteitis alveolar adalah kondisi yang sangat menyakitkan yang kadang-kadang datang setelah ekstraksi gigi yang sulit. Untuk memberi gambaran betapa menyakitkan, orang-orang yang sakit gigi, mengatakan bahwa itu adalah rasa sakit terburuk yang bisa dibayangkan.

Soket kering bisa lebih menyakitkan daripada sakit gigi! Beberapa pasien dengan soket kering yakin gigi yang salah telah dilepas karena mereka masih merasa sakit gigi. Sensasi ini umumnya terjadi setelah ekstraksi gigi geraham yang lebih rendah dan ekstraksi bedah yang sulit.

Apa itu Radang Soket Kering?

Untuk menjawab pertanyaan apa itu radang soket kering maka diperlukan penjelasan mendetail dari sisi masalahnya. Soket kering adalah kegagalan dari soket yang diekstraksi untuk sembuh secara normal. Setelah ekstraksi gigi ada sejumlah kecil perdarahan dari soket, yang dalam kadar normal.

Jika bentuk ditahan dengan kain kasa, sikat gigi dan tulang akan sembuh normal. Jika terjadi kegagalan pembekuan atau bekuan hilang atau hanya sebagian yang hilang, soket kosong yang terkena tulang akan sangat menyakitkan dan sensitif terhadap sentuhan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Sensasi ini ialah yang sering disebut sebagai soket kering.

Soket kering biasanya hadir beberapa hari setelah pencabutan gigi dan ditandai dengan nyeri sedang sampai parah yang tidak berkurang dengan obat penghilang rasa sakit. Pasien mengeluhkan sakit tenggorokan atau sakit yang berdenyut, yang terkadang menyebar ke mata, telinga atau leher.

Mereka mungkin juga mengeluhkan rasa tidak enak atau bau mulut. Dokter gigi akan melihat gusi bengkak dan merah di atas soket. Resiko masalah ini meningkat seiring bertambahnya usia, merokok dan penggunaan pil kontrasepsi oral pada wanita.

Pencegahan

Dengan mengikuti petunjuk dokter, pasien dapat mengurangi kemungkinan soket kering untuk terjadi. Setelah ekstraksi, hindari minuman panas dan makanan panas selama satu atau dua hari karena mengganggu prses penyembuhan. Hindari merokok selama 24-48 jam karena ini mengurangi aliran darah ke gusi yang menunda penyembuhan. Hindari meludah dan membilas mulut dan minum melalui sedotan karena bisa mencegah bekuan area ini.

Perawatan

Treatment soket kering sangat sederhana. Dokter gigi perlu memeriksa pasien untuk memastikan soket kering. Mereka kemungkinan besar akan menyiram soket dengan obat kumur antibakteri untuk menghilangkan sisa makanan, mendorong aliran darah kembali ke daerah tersebut dan untuk mendisinfeksi.

Sebuah dressing yang disebut Alvogyl kemudian akan dimasukkan ke dalam soket, yang berisi analgesik, anestesi dan desinfektan. Sebaiknya lakukan ini tanpa menggunakan anestesi lokal karena anestesi lokal mengurangi suplai darah ke daerah tersebut, yang merupakan kontra produktif. Ini mungkin perlu diulang satu atau dua kali dalam beberapa hari ke depan.

Gimana? Sudah terjawab bukan pertanyaan apa itu radang soket kering?

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat