Apa itu Mandibular Advancement Device? Baca Ini Dulu

Apa itu Mandibular Advancement Device? Baca Ini Dulu

Global Estetik – Mendengkur ketika sedang tertidur merupakan sebuah kondisi yang sudah sangat sering kita jumpai. Mendengkur tak hanya terjadi pada pria, ternyata wanita juga bisa mengalami kondisi yang satu ini. Mendengkur ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Sehingga, tak heran jika kebanyakan orang-orang yang sudah dewasa sering mendengkur saat mereka tidur.

Faktanya, ada cukup banyak orang yang mengeluhkan kondisi ini. Mereka memiliki anggapan bahwa kondisi mendengkur atau mengorok ini sangat mengganggu. Mereka tidak bisa tidur dengan baik karena terganggu dengan kerasnya suara dengkuran itu. Mendengkur atau mengorok ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Obstructive Sleep Apnea atau sebuah kondisi yang bisa cukup mengganggu kualitas tidur seseorang. Mendengkur juga bisa terjadi karena adanya udara yang tidak mengalir dengan optimal pada jaringan lunak di sekitar saluran pernapasan.
  2. Gaya hidup yang kurang baik seperti merokok, mengonsumsi alcohol, obesitas, terdapat sumbatan pada hidung, dan factor seputar gaya hidup yang kurang baik lainnya.

Jika mendengkur disebabkan oleh faktor-faktor di atas, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi ringan. Terapi ringan yang dilakukan meliputi penurunan berat badan, mengurangi mengonsumsi alcohol dan merokok bahkan menghentikannya, serta merubah gaya hidup yang buruk menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Mandibular Advancement Device- Global Estetik Dental Care
Mandibular Advancement Device- Global Estetik Dental Care

 

Namun, jika masih saja mendengkur, nampaknya Anda perlu mencoba alat yang satu ini. Ada sebuah alat yang sudah diluncurkan untuk mengatasi masalah dengkuran ini, alat tersebut yakni Mandibular Repositioning Device atau yang lebih dikenal dengan nama Mandibular Advancement Device ( MAD ).

MAD merupakan sebuah alat untuk terapi pengurangan intensitas dan suara dengkuran. Alat ini terbuatdari bahan akrilik yang transparan dan memiliki bentuk mirip dengan pelindung mulut yang digunakan oleh para petinju. Alat ini nantinya akan di pasang pada rongga mulut.

MAD hanya digunakan ketika seseorang yang mendengkur tersebut dalam keadaan tertidur. MAD memiliki sebuah fungsi yakni dapat mencegah lidah supaya tidak mendekati dinding bagian belakang pada faring. Jadi, nantinya saluran pernapasan bisa tetap terbuka dan volume suara dengkuran pun perlahan mengecil dan mulai menghilang.

Beberapa orang telah berhasil menghilangkan dengkuran mereka dengan alat yang bernama Mandibular Advancement Device ini. Tapi perlu diingat untuk pemakaian alat MAD ini, seseorang perlu di damping oleh para ahli seperti dokter THT, ahli saraf, dan para ahli lainnya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat