Apa Garis Gusi yang Surut Disebabkan Faktor Umur?

dokter gigi depok

Apa Garis Gusi yang Surut Disebabkan Faktor Umur?

Global Estetik – Seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan mulut menjadi lebih sulit untuk dipertahankan. Dan karena semakin sulit untuk menjaga gusi dalam kesehatan yang tepat, anda mungkin mulai melihat gusi anda menjadi lebih surut dari biasanya. Namun, belum tentu bahwa gusi akan surut pada usia tertentu.

Sebuah penelitian terhadap sekitar 10.000 orang menemukan bahwa keseluruhan gusi yang surut tampaknya meningkat seiring bertambahnya usia. Studi ini menemukan bahwa dari usia 30-39, sekitar 38% dari individu telah menderita kesurutan pada bagian gusi. Ini meningkat menjadi 71% untuk responden berusia 50-59 tahun, dan lebih dari 90% untuk orang berusia 80-89 tahun.

Garis Gusi Disebabkan Faktor Umur- Global Estetik Dental Care
Garis Gusi Disebabkan Faktor Umur- Global Estetik Dental Care

Awalnya, wanita memiliki tingkat gusi surut yang jauh lebih rendah, tetapi pada usia 40 tahun, tingkatnya hampir sama. Kami tidak yakin apakah ini terkait dengan kebiasaan perawatan kesehatan mulut yang berbeda selama remaja atau faktor lainnya.

Gusi yang surut juga cenderung lebih serius dengan usia. Dari usia 30-39, hanya sekitar 10% dari mereka dengan gusi surut memiliki lebih dari 4 mm resesi, tetapi ini meningkat menjadi 24% pada usia 50-59, dan 35% pada usia 70-79.

Karena gusi surut hampir secara universal meningkat seiring bertambahnya usia, gusi yang surut dapat membuat kita terlihat lebih tua, serta kurang sehat. Ketika orang melihat gusi yang surut di mulut, mereka dapat merevisi perkiraan usia, yang sebenarnya tidak anda inginkan. Untuk menghindari ini, mencegah gusi surut adalah pilihan terbaik yang kita. Ada banyak potensi penyebab gusi surut. Ikuti tips berikut untuk menghindarinya:

  1. Berhenti merokok – merokok sangat buruk bagi gusi
  2. Temui dokter gigi pilihan anda — penyakit gusi dapat menyebabkan gusi yang surut. Mencegahnya dengan pemeriksaan rutin.
  3. Sikat dengan lembut – menyikat terlalu keras dapat menyebabkan gusi yang surut
  4. Dapatkan nutrisi yang baik – beberapa nutrisi dapat membantu gusi menempel di gigi. Jika anda makan makanan yang sehat dan seimbang, anda lebih mungkin memiliki gusi yang sehat.
  5. Jangan menggunakan tindikan oral atau perhiasan – ini dapat menyebabkan kerusakan pada gusi
  6. Luruskan gigi – gigi yang bengkok dapat menyebabkan gigi menjadi tidak teratur, yang dapat melukai gusi, dan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko penyakit gusi.

Juga perlu diperhatikan bahwa beberapa orang memiliki gusi yang lebih kuat daripada yang lain. Jika anda memiliki riwayat keluarga gusi yang surut, penting untuk merawat gusi lebih baik untuk mencegah timbulnya masalah.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat