Apa Fluoride Benar-Benar Diperlukan dalam Pasta Gigi? – Part 2

klinik gigi depok

Apa Fluoride Benar-Benar Diperlukan dalam Pasta Gigi? – Part 2

Global Estetik – Mengapa kita menyikat gigi? Apakah kegiatan ini hanya sistem penggunaan pasta gigi, atau apakah tindakan menyikat gigi dapat membuat perbedaan? Jawabannya adalah, terdapat nilai potensial dalam menyikat gigi. Salah satu sumber asam yang merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang adalah bakteri mulut. Bakteri ini suka memakan gula, yang mereka makan dan gunakan untuk membangun biofilm pelindung di sekitar mereka. Lapisan biofilm ini, bersama dengan beberapa residu makanan, adalah apa yang kita sebut dengan plak.

Semakin lama plak menempel pada gigi kita, semakin banyak waktu bagi bakteri untuk mengeluarkan asam pada gigi yang berdampak ada semakin banyak rongga yang akan berkembang. Berita baiknya adalah plak relatif mudah diangkat. Anda dapat melakukannya dengan sikatan lembut. Jadi, dari sudut pandang menghilangkan plak, pasta gigi memang tidak diperlukan.

Pasta Gigi Fluoride Masih Sangat Membantu

Meskipun kita dapat mengangkat plak dengan sikat gigi, hal itu saja mungkin tidak cukup. Tinjauan penelitian terbaru menunjukkan bahwa membersihkan gigi dengan hati-hati tanpa fluorida tidak akan mengurangi risiko gigi berlubang. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa perawatan dengan fluoride dapat mengurangi risiko gigi berlubang sebesar 30 hingga 50%. Angka ini adlaah perbedaan besar. Bayangkan potensi tambalan, mahkota, dan implan yang 50% lebih sedikit. Maka rasanya sepadan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride selama menyikat gigi.

Tapi Bukannya Fluoride Beracun?

Seperti yang telah kami jelaskan di post sebelumnya, fluoride adalah elemen yang sangat umum, jadi kebanyakan dari kita tetap terpapar dengan senyawa ini sepanjang waktu. Jika memang fluoride ini beracun, maka akan ada satu petak besar bagian di bumi yang tidak dapat dihuni karena adanya fluoride alami. Namun, memang benar bahwa fluoride, seperti apa pun, bisa dapat beracun dalam dosis tinggi.

Tetapi ada beberapa kabar baik lagi: perbedaan antara dosis efektif fluoride dan dosis beracun sangat besar. Dosis fluorida yang bersifat beracun ada pada sekitar 100 kali lebih besar daripada dosis efektif. Jadi tidak masalah jika Anda terpapat pada sedikit lebih banyak fluoride daripada yang disarankan karena Anda secara tidak sengaja menelan pasta gigi.

Global Estetik Dapat Membantu Melindungi Gigi Anda

Ada banyak pendekatan berbeda untuk melindungi gigi dari kerusakan. Kebersihan mulut sangat penting, tetapi demikian juga pemeriksaan gigi secara teratur. Di Global Estetik, kami tidak hanya dapat membersihkan gigi Anda, tetapi juga akan dapat menggunakan perawatan fluoride untuk membantu mengurangi risiko gigi berlubang. Jika Anda mencari dokter gigi untuk membantu melindungi gigi Anda, hubungi klinik Global Estetik sekarang juga.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat