Apa Bulimia Bisa Berdampak Pada Kesehatan Gigi Saya Dok?

dokter gigi bandung

Apa Bulimia Bisa Berdampak Pada Kesehatan Gigi Saya Dok?

Global Estetik – Bulimia adalah masalah dimana seseorang makan banyak makanan namun kemudian mereka memuntahkannya atau terlibat dalam perilaku “pembersihan” lainnya seperti menggunakan obat pencahar atau berolahraga secara berlebihan dalam upaya untuk menyingkirkan tubuh mereka dari semua kalori ekstra.

Siklus terus-menerus dalam kebiasaan makan dan “pembersihan” ini akan membawa dampak buruk bagi jantung, ginjal, dan organ tubuh lainnya. Tapi yang jarang diketahui adalah bulimia juga bisa sangat membawa dampak yang merusak pada gigi.

Potensi Kerusakan pada Gigi

Muntah berulang bisa menyebabkan kerusakan serius pada gigi. Muntah sangat beracun karena mengandung asam lambung. Asam ini memecah makanan di perut anda sehingga tubuh anda bisa mencernanya. Tapi di dalam mulut, asam ini bersifat korosif, cukup untuk merusak lebih dalam enamel yang menutupi dan melindungi gigi anda. Menyikat gigi terlalu keras setelah muntah juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.

dokter gigi depok

Lubang pada Gigi

Asam dari muntah yang sering bisa menghilangkan enamel gigi sehingga mereka meninggalkan lubang, atau rongga. Binge-ing pada makanan bergula dan soda juga bisa berkontribusi pada kerusakan gigi. Bilaanda mengalami kerusakan gigi, anda mungkin memperhatikan bahwa gusi anda berdarah saat anda menyikatnya. Jika Anda tidak mendapatkan rongga yang terisi, lubang akhirnya akan menjadi begitu besar sehingga anda bisa kehilangan gigi.

Perubahan Warna pada Gigi

Seiring erosi semakin memburuk, anda mungkin juga memperhatikan warna dan tekstur gigi berubah. Gigi mungkin lebih lemah dan lebih rapuh dari biasanya. Mereka bisa tergores dengan mudah dan mungkin terlihat compang-camping di bagian bawah. Terkadang mereka akan mengubah warna kekuningan. Bulimia juga bisa mengubah bentuk dan panjang gigi anda.

klinik gigi depok

Sariawan

Sama seperti asam lambung yang merusak enamel pada gigi, ia juga bisa merusak ke kulit di atap dan sisi mulut. Bisa juga merusak tenggorokan anda. Hal ini bisa membuat luka yang menyakitkan di dalam mulut dan tenggorokan Anda. Luka bisa membengkak dan bahkan menjadi terinfeksi. Beberapa orang merasa sakit tenggorokannya ketika menghadapi Bulimia.

Gigi Sensitif

Saat enamel gigi hilang, ia meninggalkan bagian dalam gigi sensitif yang terpapar. Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa gigi anda sakit. Beberapa orang memiliki rasa sakit dan kepekaan setiap kali mereka makan makanan panas atau dingin. Mereka mungkin merasa tidak nyaman saat mereka menggigit kerucut es krim atau makan sesuatu yang panas seperti sup. Kerusakan pada gusi dan palatum lunak dapat menyebabkan rasa sakit tambahan saat mengunyah atau menelan.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat