Apa Boleh Pasien Pengguna Mahkota atau Bridges Menggunakan Kawat Gigi ?

Apa Boleh Pasien Pengguna Mahkota atau Bridges Menggunakan Kawat Gigi ?

Global Estetik – Dengan semakin terkenalnya prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi, kita melihat semakin banyak pasien dewasa yang inging menggunakan kawat gigi untuk alasan kosmetik dan fungsional korektif. Kebanyakan pasien dewasa sudah melakukan restorasi gigi dan tidak biasa bagi ahli ortodontik untuk menyesuaikan kawat gigi dengan mahkota atau jembatan.

Apapun itu pilihan dan rekomendasi ahli ortodontik pilihan anda baik kawat gigi tetap atau removable untuk memperbaiki keselarasan gigi anda, maka akan sangat menggembirakan untuk mengetahui bahwa anda dapat menikmati banyak manfaat dari keselarasan dan senyum yang menarik meskipun anda saat ini telah menggunakan jembatan gigi atau mahkota gigi.

Menempatkan kawat gigi ke setup restorasi gigi lain lebih menantang daripada memasangnya ke gigi alami. Inilah sebabnya mengapa sangatlah penting untuk mencari spesialis saat mempertimbangkan perawatan ortodontik. Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin timbul.

  • Gerakan gigi yang terbatas saat kawat gigi tetap dipasang di atas implan gigi atau mahkota. Posisi implan tidak bisa dipindahkan atau berubah karena mereka kokoh menyatu dengan tulang rahang. Bagi pasien dengan jembatan, gerakan gigi hanya bisa bergerak minimal untuk menghindari kerusakan pada jembatan. Jika ada riwayat trauma seperti pada saluran akar atau mahkota, ahli ortodontik mungkin perlu memindahkan gigi dengan lebih lambat dan restorasi harus terus dipantau selama perawatan berlangsung.
  • Ada kemungkinan mahkota dan jembatan menjadi rusak selama perawatan ortodontik. Kerusakan ini murni dari efek estetika dan biasanya tidak perlu dilakukan apapun mengenai hal ini terutama jika restorasi disembunyikan di bagian belakang mulut. Jika mahkota pada gigi depan anda sedikit rusak saat mengenakan kawat gigi, anda bisa meminta dokter gigi untuk memperbaiki mahkota saat kawat gigi anda telah selesai dilepas.
  • Restorasi kosmetik mungkin harus menunggu sampai setelah perawatan ortodontik anda. Jika anda ingin mengganti mahkota untuk alasan estetika, sebaiknya lakukan setelah perawatan ortodontik anda selesai. Namun, jika mahkota anda telah longgar, ahli ortodontik mungkin meminta dokter gigi untuk membuat mahkota sementara sebelum kawat gigi dipasang. Pasien dapat selalu memasang mahkota baru setelah perawatan ortodontik selesai.

Setiap pasien adalah kasus unik dan meskipun pemasangan kawat gigi pada restorasi gigi adalah prosedur yang sedikit lebih menantang, seorang ortodontis berpengalaman selalu dapat menemukan solusi terbaik untuk perawatan anda dan memastikan bahwa pasiennya mendapatkan senyuman impian mereka.

Bagikan Ke Teman:

Leave comment

Mall ITC Depok

Lantai Mezanine No. 1

0811 140 832

Call Center

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat