Global Estetik – Pertanyaan yang sangat umum ditanyakan oleh banyak orang Islam, Bolehkan anda menyikat gigi dengan pasta gigi saat berpuasa dan kami akan berbagi pendapat dari tiga Ulama di bawah ini

Tak perlu dikatakan lagi bahwa Islam adalah agama yang memperhatikan kebersihan, kesopanan, dan penampilan yang baik dan aroma para pengikutnya. Umat Muslim dianjurkan untuk tampil indah dan bersih. Mereka juga harus menjaga kebersihan mulut mereka dengan menggunakan sikat atau miswak

Sheikh Ahmad Kutty, seorang dosen senior dan cendekiawan Islam di Institut Islam Toronto menyatakan:

Baca Juga :  Plus dan Minus dari Produk Floss Konventional

“Sangat baik untuk menyikat gigi seseorang di pagi hari dengan pasta gigi saat berpuasa selama seseorang berhati-hati untuk tidak menelan pasta gigi tersebut. Pasta gigi tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi. Puasa hanya dianggap batal ketika sesuatu benda langsung masuk ke sistem tubuh. Untuk mengatakan bahwa seseorang tidak dapat menggunakan pasta gigi hanyalah kekakuan”

Ulama terkemuka lainnya, Syekh Yusuf Al-Qaradawi, menambahkan,

“Jika ada yang mencapai perut, zat itu akan merusak puasa seseorang sesuai dengan mayoritas ahli hukum Islam. Jika seseorang berhati-hati dan menyikat giginya dan terhindar dari kelupaan, beberapa bekas pasta gigi dapat mencapai perutnya, dia tidak berdosa, karena Allah memaafkan kesalahan umat Islam yang dibuat secara tidak sengaja.”

Baca Juga :  Risiko Penyakit yang Mengintai Pekerja Kantoran

Sementara itu cendekiawan lainnya, Zakir Naik mempunyai pendapat yang tidak jauh berbeda dengan dua Ulama lainnya. Dalam pendapatnya ulama ini mengatakan bahwa penggunaan sikat dan pasta gigi sangat mirip dengan penggunaan miswak dan tetap mempertahankan kehati-hatian agar tidak tertelan pasta gigi.