Apa Boleh Menjalani Perawatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa ?

klinik gigi bandung

Global Estetik – Ramadhan menimbulkan banyak tantangan pada kesehatan mulut, dan penting bagi orang yang sedang berpuasa untuk merawat gigi dan gusi mereka selama waktu ini. Dengn Indonesia yang memiliki salah satu komunitas Muslim terbesar di dunia, kami pikir akan sangat membantu untuk mengeksplorasi beberapa masalah ini dan membantu pasien kami (atau calon pasien kami) untuk memahami apa perawatan mulut yang boleh dan tidak diperbolehkan selama bulan puasa.

Bau Mulut saat Berpuasa
Menjalani Perawatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa- Global Estetik Dental Care
Menjalani Perawatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa- Global Estetik Dental Care

Proses puasa, terutama menghindari minum apa pun selama siang hari, dapat mengubah bakteri mulut, yang menyebabkan bau nafas. Meskipun hadis populer mengatakan, “bau mulut orang yang berpuasa lebih baik daripada bau musk di Mata Allah,” banyak orang yang masih merasa tidak nyaman karena nafas mereka selama berpuasa.

Baca Juga :  Kalau Monyet Saja Bisa Flossing, Kenapa Kita Tidak?

Jika anda tidak nyaman dengan bau mulut, anda bisa mencoba membilas mulut anda dengan air atau obat kumur. Secara teknis, ini tidak akan membatalkan puasa selama anda tidak menelan apapun. Namun, jika anda tidak merasa nyaman dengan kegiatan ini ini di siang hari, Anda harus berkomitmen untuk menjaga kebersihan setelah berbuka puasa, termasuk penggunaan metode pembersihan antibakteri, seperti miswak, yang dapat membersihkan gigi secara efektif tanpa kebutuhan akan pasta gigi atau bahkan air.

Perawatan Gigi Selama Ramadan

Seperti halnya membilas mulut, perawatan gigi diperbolehkan selama anda tidak menelan apapun. Ini berarti bahwa sedasi oral tidak diperbolehkan, tetapi anestesi suntik dan topikal diperbolehkan. Selama pembersihan dan pemeriksaan rutin, dokter gigi anda dapat berhati-hati untuk memastikan anda tidak menelan materi apapun selama prosedur berlangsung. Tetapi jika anda terlalu risih dengan risikonya, dokter gigi pilihan anda biasanya dapat menjadwalkan ulang pertemuan anda.

Baca Juga :  Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Menggertakkan Gigi - Penyebab & Faktor Risiko

Dalam kasus di mana anda mengalami keadaan darurat seperti gigi yang terinfeksi, berbuka puasa diperbolehkan untuk menjalani perawatan. Namun, orang yang ingin menghindari situasi ini harus menjadwalkan pemeriksaan gigi sesaat sebelum puasa untuk menghindari masalah tak terduga yang dapat timbul selama Ramadhan. Jika anda mencari dokter gigi yang dapat membantu anda merawat kesehatan mulut anda, silakan hubungi kami hari ini untuk menyusun rencana kesehatan gigi dan mulut yang sempurna di bulan Ramadhan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat