Apa Benar Makan Cemilan Tengah Malam Bisa Jadi Penyebab Kerusakan Gigi ? – Part 2

Global Estetik – Faktanya adalah, terdapat korelasi antara ngemil tengah malam dan kerusakan yang berujung pada kehilangan gigi. Mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak terutama di malam hari cenderung memiliki sejumlah masalah kesehatan, dengan salah satunya adalah ancaman kehilangan gigi.

Biasanya setelah konsumsi makanan, air liur membersihkan sisa makanan dan mengubah tingkat pH kembali ke tingkat netral yang dibutuhkan untuk rongga mulut yang sehat dengan tingkat bakteri yang rendah. Namun, pada malam hari aliran air liur menjadi lebih berkurang, jadi tidak masalah apa yang anda makan, anda akan memberi bakteri di mulut anda atmosfer untuk tumbuh dan menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi, yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya gigi.

Penyebab Kerusakan Gigi- Global Estetik Dental Care
Penyebab Kerusakan Gigi- Global Estetik Dental Care

Tingkat keparahan pembusukan dan kerusakan gigi tergantung pada apa yang anda makan dan juga kurangnya kebersihan mulut memainkan peran lebih besar terhadap status kesehatan mulut anda. Penderita sering menggosok gigi di pagi hari untuk menghilangkan bau mulut. Bila pada kenyataannya setiap individu harus menyikat minimal dua kali sehari, dengan yang paling penting berada di malam hari sebelum tidur. Mengapa? Karena pada malam hari aliran air liur / produksi melambat, yang memberikan atmosfir sempurna bagi bakteri untuk berkembang dan menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi dan hilangnya gigi.

Di samping menyikat gigi, flossing sama pentingnya untuk membantu menghilangkan bakteri dari antara gigi, yang merupakan tempat yang paling umum untuk gigi berlubang. Oleh karena itu, menyikat gigi di malam hari memberikan perlindungan gigi; yang berarti kurangnya penumpukan bakteri pada gigi (plak dan kalkulus), kurangnya rongga dan memberi anda nafas segar sebelum tidur.

Tips Mengindari Kebiasaan Cemilan di Tengah Malam

Untuk mengatasi masalah ini, setiap orang harus terlebih dahulu mencari tahu apa yang membuat mereka craving untuk makanan. Begitu mereka menemukan alasannya, anda bisa mencoba tip berikut ini:

  1. Konsumsi makanan yang seimbang. Jika anda masih merasa lapar di malam hari setelah makan malam mungkin tubuh anda tidak mendapatkan cukup nutrisi,
  2. Minum banyak air. Kebutuhan tubuh akan air terkadang bisa dikelirukan dengan mengidam makanan. Anda bisa mencoba air rasa untuk mengubah rutinitas air biasa.
  3. Penyebab Kerusakan Gigi- Global Estetik Dental Care
    Penyebab Kerusakan Gigi- Global Estetik Dental Care

    Hindari makanan atau minuman asam bila memungkinkan, mereka melemahkan enamel gigi anda.

  4. Kurangi jumlah gula atau karbohidrat untuk mengurangi jumlah kerusakan gigi.
  5. Gunakan aromaterapi menggunakan lilin aromatik atau dupa telah terbukti dalam penelitian untuk mengurangi nafsu makan.
  6. Jika Aanda akhirnya akan ngemil, maka pilihlah waktu yang sangat awal di malam hari dan minum banyak air kemudian untuk membersihkan sisa makanan dari gigi anda.
  7. Yang paling penting jangan lupa untuk floss dan sikat gigi anda di malam hari sebelum tidur.
Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat