Global Estetik – Menjelang Hari Valentine, dan hari-hari libur lainnya, kebanyakan dari kita akhirnya mengkonsumsi lebih banyak cokelat daripada yang kita konsumsi secara normal dan kadang bertanya pada diri kita sendiri, “apakah cokelat itu buruk untuk gigi saya?”

Entah anda menyukai coklat hitam, coklat susu, coklat putih, atau berbagai jenis pelepasan endorphin dan segala dampak baiknya, anda mungkin akan terkejut dengan jumlah data positif yang ada di luar sana tentang bagaimana mengonsumsi coklat mempengaruhi tubuh dan bagaimana ia dapat memiliki efek positif pada kesehatan mulut kita.

Coklat Itu Musuh Utama Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Coklat Itu Musuh Utama Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Jika anda bertanya-tanya apakah cokelat itu buruk untuk gigi anda, atau jika mengkonsumsi terlalu banyak, hal itu dapat memperburuk kondisi gigi yang ada yang mungkin anda miliki, seperti pelemahan enamel atau penyebab timbulnya gigi berlubang, maka anda telah datang ke tempat yang tepat. Meskipun ada beberapa hal negatif yang terkait dengan jumlah konsumsi cokelat yang berlebihan, anda akan terkejut melihat betapa banyaknya hal positif saat makan coklat sesekali dalam jumlah secukupnya.

Sama seperti penelitian yang telah menunjukkan bahwa segelas anggur merah setiap hari dapat memperbaiki sirkulasi dan kesehatan jantung secara keseluruhan pada orang dewasa normal, hasil yang dikeluarkan tahun lalu dari Maine-Syracuse Longitudinal Study telah menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat setiap hari selama bertahun-tahun dapat benar-benar memperbaiki keseluruhan kognisi otak. Penelitian ini dilakukan terhadap 968 peserta selama periode 18 tahun dan hasilnya menunjukkan skor yang lebih tinggi pada berbagai tes kognisi pada partisipan yang mengkonsumsi coklat setiap hari.

Jadi, mari kita lihat beberapa jenis coklat yang populer dan efeknya pada kesehatan mulut dan kesehatan anda secara keseluruhan.

Coklat Susu
Coklat Itu Musuh Utama Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Coklat Itu Musuh Utama Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Coklat susu mungkin salah satu jenis cokelat yang paling populer dan banyak dikonsumsi. Sayangnya, jenis coklat yang ini tidak begitu bagus untuk gigi anda. Mengapa ? Jawabannya sederhana. Coklat susu mengandung lebih banyak gula daripada komponen coklat gelap dan lebih banyak daripada coklat mentah dan yang belum diproses.

Coklat susu adalah coklat yang terbuat dari kombinasi kakao, susu bubuk, dan gula pasir. Rasionya biasanya berkisar pada 20-30% kakao asli, dengan keseimbangan terdiri dari gula dan susu bubuk. Kandungan gula yang lebih tinggi yang terkandung dalam coklat susu dapat menyebabkan gigi berlubang dan dapat menimbulkan kerusakan gigi lebih banyak daripada coklat hitam, mentah, atau organik.